Latar Belakang

IMG-20160813-WA0019

Kopi Indonesia telah dikenal sebagai komoditi bermutu tinggi, kaya cita rasa dan unik, oleh berbagai penikmat di dunia. Indonesia memiliki banyak kawasan pegunungan dan dataran tinggi yang cocok digunakan sebagai area penanaman kopi di setiap pulaunya, sehingga menjanjikan cita rasa kopi khas dari masing-masing daerah penghasil kopi. Akan tetapi, pemanfaatan dalam negeri untuk komoditi bernilai tinggi ini belum maksimal, karena mayoritas kopi Indonesia disangrai (roasting) gelap dan diolah menjadi produk bubuk dalam kemasan. Olahan kopi bubuk dalam kemasan dapat menghilangkan cita rasa unik kopi. Hal tersebut pun menyebabkan cita rasa berkualitas dari kopi Indonesia belum tersampaikan dengan baik di pasar dalam negeri.

IMG-20160813-WA0015

Perkembangan terbaru memperlihatkan, bahwa mulai bermunculan pelaku usaha yang membuka kedai penyeduhan kopi, salah satunya di Kota Bogor. Kota Bogor sampai saat ini sudah memiliki hampir 50 kedai yang menyajikan seduhan kopi berkualitas dengan kekhasan cita rasa masing-masing. Persoalan lanjutan yang terjadi adalah seduhan kopi berkualitas tersebut baru bisa dinikmati sebagian kalangan masyarakat saja. Faktor kekurangan pemahaman masyarakat umum, bahwa kopi mempunyai beragam cita rasa selain pahit mungkin menjadi penyebab dominan persoalan ini.

(Baca juga: Malabar Mountain Coffee, Kopi Yang Diproses Dari Kebun Sendiri )

Berdasarkan permasalahan di atas, timbul kebutuhan agar pengalaman mengenai beragam keunikan rasa kopi untuk dibagikan kepada masyarakat luas di Kota Bogor.

IMG-20160813-WA0018

Kemudian, kebutuhan ini menjadi pemicu bagi pemrakarsa untuk membentuk satu acara edukasi sederhana tentang rasa kopi bagi masyarakat umum melalui media pembagian seduhan kopi bermutu gratis. Sebuah acara edukatif yang tidak hanya menjadi cita-cita dan filosofi dari para penggiat perkopian saja, melainkan juga berasal dari dalam kandungan kopi itu sendiri yang selalu berupaya menyajikan rasa serta kenikmatan khas Nusantara. Oleh karena itu, acara edukasi kopi ini diberi tema “1000 Cup Kopi untuk Bogor – Cita Kopi Rasa Nusantara” sebagai representasi dari keseluruhan latar belakang yang ada.

kopi

Acara 1000 Cup Kopi untuk Bogor ini merupakan acara yang baru pertama kali diselenggarakan di kota Bogor. Acara ini cukup mendapat sambutan yang luar biasa baik dari para pemilik dan pengelola Kedai Kopi, masyarakat kota Bogor juga Pemerintah Kota Bogor. Rencananya acara ini akan dihadiri oleh Walikota Bogor beserta jajarannya juga akan diliput oleh beberarapa Media Cetak dan Elektronik baik yang berasal dari Bogor maupun Media Nasional.

(Baca juga: Menikmati Kopi Fresh Berkualitas Dari Kebun Sendiri, Kita Ke MM Cafe Saja )

Tujuan Kegiatan

IMG-20160813-WA0022

Acara 1000 Cup Kopi untuk Bogor digagas dan dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Mengedukasi masyarakat Kota Bogor mengenai cita kopi rasa Nusantara;
  2. Meningkatkan minat masyarakat Kota Bogor terhadap kopi Nusantara;
  3. Memperkenalkan pelaku perkopian yang berada di Kota Bogor;
  4. Memotivasi petani dan produsen kopi di sekitar wilayah Bogor untuk dapat menghasilkan kopi berkualitas.

 IMG-20160813-WA0014

Ruang Lingkup Kegiatan

img-20160925-wa0001

1000 Cup Kopi untuk Bogor 2016 akan didisain menjadi sebuah acara yang dapat memberikan manfaat baik secara edukatif maupun secara ekonomi bagi masyarakat Kota Bogor. Untuk itu bentuk acara yang akan ditawarkan adalah sebagai berikut:

  •  Toss bersama seduhan Kopi yang akan dipimpin langsung oleh Walikota Bogor (Pembukaan Acara 1000 Cup Kopi untuk Bogor);
  •  Talk Show interaktif yang akan menghadirkan beberapa pembicara diantaranya adalah:
  •  Kepala Dinas Pariwisata Kota Bogor;
    o Ignatius Boy Kurniawan “Master Coffee Roaster, Barista Trainer, Q-Grader dan World Coffee Judge;

    o Mira Yudhawati “Master Coffee Roaster, Q-Grader, Barista Trainer, SCAA Star Cupper dan WBC Certified Judge

    o Slamet Prayogo Petani Kopi Malabar Mountain Coffee yang telah berhasil meraih beberapa penghargaan ditingkat Internasional seperti AVPA Coffee Award in Paris with Two Gold and Two Bronze Medal Winner, Melbourne International Coffee Expo Gold Medal Winner, Peringkat ke-4 Lelang Kopi Internasional SCAA di Atlanta;

    o Prawoto Indarto Penulis Buku The Road to Java Coffee, Independent Researcher, Tea and Coffee Advisory at JAVA akan bertindak sebagai Moderator Acara Talk Show.

    • Cupping (icip-icip kopi) 10 sample kopi yang berasal dari dataran Jawa Barat yang akan menjadi sarana edukasi untuk pengenalan citarasa kopi;
    • Demo Roasting (sangrai kopi) yang akan dilakukan oleh roaster kelahiran Kota Bogor;
    • Stand Coffee Shop atau kedai kopi yang ada di kota Bogor yang akan membagikan secara gratis kopi yang mereka seduh dan mereka sajikan di kedainya;
    • Display Photo akan menjadi ajang visual bagi pengunjung, dimana pengunjung bisa melihat semua aktifitas yang terkait dengan kopi mulai hulu (kebun) hingga hilir (penyeduhan/kedai kopi).

     

Waktu & Tempat Kegiatan

img-20160929-wa0004

Pelaksanaan 1000 Cup Kopi untuk Bogor 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2016 di Halaman Balai Kota Bogor yang akan dimulai pada pukul 07.00 – 12.00 WIB.

Pelaksana Kegiatan

Acara 1000 Cup Kopi untuk Bogor diprakarsai oleh beberapa pegiat kopi (pemilik dan pengelola) yang ada di Kota Bogor yang akan melibatkan pelaku bisnis kopi di lingkar luar dekat Kota Bogor untuk berpartisipasi dalam kegiatan edukasi kopi Nusantara.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here