(Diabetes Medical Insulin - Illustration Image by Karen Barefoot)
(Diabetes Medical Insulin – Illustration Image by Karen Barefoot)

Hitput.com – Resolusi apa apa yang paling kamu ingin lakukan di tahun 2018 ini? Hidup sehat adalah hal yang harus dilakukan di tahun 2018 ini selain resolusi lainnya yang sudah dirancang. Seperti wawancara yang dikutip dari goodhousekeeping , adalah dua orang yang berhasil mengelola diabetes selama bertahun-tahun yaitu pemenang penghargaan R&B dan Soul Queen, Patti LaBelle dan Direktur Pusat Penelitian Penerjemahan Diabetes David Marrero, PhD, dari Indiana University School of Medicine, meminta mereka untuk memberikan tips terbaik untuk tetap sehat di tahun ini. Disimak ya!

1. Kenali Tingkatan Kadar Glukosa Darah Anda

Mungkin ini kedengarannya hal yang mendasar, tapi ketika harus hidup sehat dengan diabetes, mengetahui dan mengendalikan kadar glukosa darah Anda sangat penting. Dr. Marrero merekomendasikan penggunaan monitor glukosa di rumah secara rutin atau memakai perangkat yang melacak kadar glukosa dan menjamin jumlah insulin yang benar dan digunakan pada waktu yang tepat.

“Sangat penting untuk mengetahui di mana Anda berada dan ke mana tujuan Anda,” katanya. “Dan jika tingkatan kadar tersebut tidak berada di tempat yang seharusnya, lakukan tindakan korektif untuk mengembalikan glukosa Anda ke tempat yang seharusnya.”

2. Siapkan Makanan Anda Sendiri
(Healthy food salad - Illustration Image by Freepik)
(Healthy food salad – Illustration Image by Freepik)

Hindari lemak dan gula tambahan dan kurangi untuk makan di luar dan siapkan dengan masakan dari rumah. Anda bisa memasak cukup banyak dimana saja, tanyakan saja pada LaBelle! Dia adalah entertainer yang sibuk, tapi LaBelle selalu bepergian dengan wajan listrik, panci, dan berbagai bumbu supaya dia bisa memasak di kamar hotelnya.

“Saya akan menemukan berbagai bahan makanan di lingkungan sekitar dan mendapatkan ikan segar atau kangkung dan menyiapkannya dengan benar di kamarku,” katanya. “Saya menemukan bahwa setiap kali saya melakukan itu dan sudah dilakukan sejak lama, saya dapat mengendalikan gula darah saya dengan lebih baik.”

(Baca juga: Rasanya Pahit, Pare ini Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes)

Dan masakan rumah tentu tidak berarti Anda harus puas dengan hidangan hambar dan tanpa variasi. LaBelle merekomendasikan untuk selalu kreatif dan mengganti minyak nabati dan canola konvensional dengan minyak biji anggur, makan salad berwarna-warni, dan menumis unggas dan daging sapi.

3. Kontrol Porsi Makan dan Jangan Berlebihan

Kontrol porsi dan makan cukup adalah kunci untuk setiap program perawatan diabetes. “Kebanyakan orang mengatakan untuk menghindari semua permen. Nah itu hidup yang sulit bagiku,” kata Marrero. “Saya adalah penggemar makan makanan apa saja, tapi memakannya dengan cara yang masuk akal. Saya pikir lebih baik jika Anda membiarkan diri Anda melakukan apa saja yang diinginkan, tapi tetap untuk bisa mengendalikannya. Pikirkan bagian Anda dan seberapa sering Anda makan.”

4. Gerakkan Tubuh Anda dengan Berolahraga
(Sporty Woman doing exercise - Illustration Image by nensuria / Freepik)
(Sporty Woman doing exercise – Illustration Image by nensuria / Freepik)

Olahraga adalah bagian penting untuk menjaga diabetes Anda. Marrero menyarankan untuk menggabungkan latihan aerobik yang meningkatkan detak jantung Anda dan LaBelle melakukan ini agar tetap bugar dengan berjalan kaki, bersepeda, dan melakukan aerobik air, misalnya. Dengan pelatihan ketahanan, yang menurutnya tidak hanya membangun kekuatan tetapi juga memiliki manfaat tambahan untuk membantu metabolisme glukosa dalam jaringan otot.

5. Selalu Berkonsultasi

Ingat bahwa Anda tidak harus melakukan ini sendirian. Dapatkan dukungan dari keluarga, teman, dokter, atau komunitas online agar tetap fokus dan sehat. “Manfaatkan semua informasi yang ada di luar sana,” kata Marrero. “Bicarakan dengan mereka yang bisa mendidik Anda dan membantu untuk memperbaiki gaya hidup Anda.”

Semoga bermanfaat tips dari mereka agar kamu tetap hidup sehat di tahun 2018 ini terutama bagi kamu yang memiliki diabetes. Selamat mencoba kawan!

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

1 COMMENT

  1. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn additional bucks every month
    because you’ve got high quality content. If
    you want to know how to make extra $$$, search for:
    Mertiso’s tips best adsense alternative

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here