Image by yanalya / Freepik
(Image by yanalya / Freepik)

Hitput.com – Kebanyakan orang berjuang dengan kesehatan mental mereka di beberapa titik dalam kehidupan mereka, dan beberapa lebih dari yang lainnya. Tapi ada sedikit hal yang kamu lakukan sekarang dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin tidak membantu kesehatanmu.

Di sisi lain, ada juga langkah kecil yang bisa kamu ambil dan kebiasaan baru yang bisa kamu buat yang telah terbukti membantumu tetap sehat dan bahagia secara mental.

Dan kabar baiknya adalah bahwa ini adalah perubahan yang dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kehidupan maupun kebiasaanmu sehari-hari Guys!

Berikut adalah 9 cara untuk meningkatkan kesehatan mental kamu dalam kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu lakukan dengan rutin.

(Baca juga: 6 Latihan Pernapasan Untuk Mengurangi Stres)
1. Berjalan tegak 

Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan mencoba berjalan tegak dengan kepala terangkat tinggi dan menegakkan bahumu, cenderung mengalami suasana hati yang baik. Jika kamu berjalan dengan bahu yang rendah, cenderung berfokus pada hal negatif daripada positif, seperti yang dilaporkan Time.

2. Berhenti menggambarkan semua hal

Kamu mungkin berpikir saat menggambarkan semua hal bisa membuatmu mungkin lebih mengingatnya, namun sebuah penelitian yang dilakukan di Psychological Science menunjukkan hal yang sebaliknya. Pastikan kamu memusatkan perhatian pada subjek atau suatu hal yang sudah di depan matamu terlebih dahulu.

3. Berolahraga

Dengan berolahraga tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko rasa tertekan mencapai 19 persen, menurut sebuah studi di University College London. Para peneliti tersebut menemukan bahwa orang yang aktif berolahraga cenderung tidak akan depresi.

4. Berhenti menunda-nunda

Semakin lama kamu menunda tugas karena takut atau cemas melakukannya, akan semakin menegangkan, dan berpotensi melemahkan mental kamu dan hal itu bisa terjadi. Hilangkan stres kamu dengan mendengarkan musik atau berolahraga, lalu kerjakan tugasnya secara langsung.

5. Benahi hubungan yang cenderung negatif

Berada dalam hubungan dengan seseorang yang terus-menerus membuat kamu kecewa dapat membuat harga dirimu semakin rendah, dan tanpa disadari akhirnya membuat kamu cemas dan berpotensi tertekan. Benahi hubungan tersebut jika pasanganmu memiliki tanda-tanda ke arah hubungan yang cenderung negatif dengan cara berkomunikasi yang intens dan saling menghargai.

6. Tidur lebih banyak

Tubuh kamu tidak bisa berfungsi dengan baik jika tidak cukup tidur. Jika kamu sedang berjuang untuk tidur, cobalah terus dan biasakan tidur lebih awal di malam hari. Jika tidak bisa, cari tahu permasalahannya dan cari pertolongan jika memang memungkinkan.

7. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Antara teman, keluarga dan pekerjaan, dan membuat semua orang bahagia bisa berarti kamu mengabaikan dirimu sendiri dan tidak pernah memiliki waktu untuk dirimu. Luangkan waktu untuk menyendiri dan melakukan sesuatu yang kamu sukai, karena ini dapat membantu menjaga kecemasan dan depresi.

8. Luangkan waktu untuk tidak menggunakan gadget

Smartphone, tablet dan laptop bisa mengalahkan otak kita, dan jika kamu tidak pernah mencari dan meluangkan waktu dari itu semua, kamu tidak akan bisa melakukan perawatan kesehatan mental kamu. Luangkan waktu 1 – 2 jam dalam sehari untuk menghindari gadget, bisa dengan melakukan hobi kamu atau melakukan hal yang tidak berhubungan dengan gadgetmu.

9. Berhenti melakukan multitasking

Melakukan hal semuanya mungkin terlihat hebat dan sepertinya tidak terlalu berbahaya, namun multitasking sebenarnya terbukti membuat kita lebih stres. Sebagai gantinya, fokuskan pada satu hal yang sedang kamu lakukan dan apa yang terjadi di sekitar kamu.

Semoga cara-cara diatas bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari stres dan kesehatan mental kamu dapat terjaga. Selamat mencoba kawan!

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here