Image 6
Agregasi boykepedia.com

Latihan tubuh merupakan hal yang menyenangkan. Tentu saja hal itu juga memberikan banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa teknik untuk latihan tubuh bisa kamu lakukan dimanapun, ada yang biasa melatih tubuhnya dengan beban di gym, atau latihan senam dan yoga, bahkan dirumah. Apakah kamu tahu bahwa melatih tubuh juga bisa kalian lakukan di luar rumah atau di alam sekitar, dan manfaatnya sangat luar biasa.

Nah berikut 6 Manfaat dikutip dari boykepedia.com yang bisa kamu dapatkan dari berlatih di alam (di luar rumah).

 

Udara yang segar dan oksigen

image 1

Berolahraga di luar ruangan / alam tentunya memiliki manfaat untuk bisa mendapatkan udara yang lebih segar serta asupan oksigen yang lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan udara di luar ruangan sangat banyak dan tentunya dengan kadar oksigen yang lebih tinggi dihasilkan oleh tumbuhan di sekitar. Tetapi ingat olahraga di luar untuk mendapatkan oksigen dan udara segar harus kamu lakukan di pagi hari sebelum banyak kendaraan yang lalu-lalang. Alternatif nya kamu bisa mencari tempat yang masih banyak ditumbuhin oleh pepohonan seperti taman atau kebun.

(Baca juga: Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat Dengan Latihan-latihan Ini)

 

Membantu meningkatkan kadar serotin

image 2

Olahraga di luar ruangan juga memiliki manfaat yaitu dapat memperlancarkan kegiatan penyalur saraf (brain neurotransmitter) di dalam otak. Beberapa penelitian menyampaikan dengan berolahraga terutama di alam dapat meningkatkan kadar serotionin di dalam otak yang dapat membuat orang tersebut lebih bahagia. Neurotransmitter ini melakukan banyak fungsi termasuk pengatur suasana hati, nafsu makan dan juga siklus tidur atau bangun. Sekitar 75 persen dari senyawa kimia ini terletak di sel-sel usus dan sisanya di dalam neuron otak. Jika kadar serotonin ini meningkat, maka suasana hati akan menjadi lebih baik dan risiko mengalami depresi serta stres jadi lebih kecil.

 

Membantu meningkatkan fungsi otak dan fisik

Image 3

Olahraga tentunya juga akan menyehatakan otak orang tersebut. Olahraga di alam yang rutin dilakukan bisa meningkatkan kreativitas dan kesehatan mental. Hal tersebut dikarenakan tubuh memompa lebih banyak darah saat berolahraga sehingga kadar oksigen mingkat dan tentunya akan mempercepat pemasukan darah ke otak.

 

Melatih stimulasi sensor tubuh

Image 4

Nah masih menyambung pada manfaat sebelumnya di dalam olahraga di alam bisa lebih melancarakan peredaran darah ke otak. Peredaran darah ke otak membantu otak kamu untuk selalu siap, siaga dan fokus ketika melakukan sesuatu. Hal tersebut juga meningkatkan stimulasi sensorik pada tubuh. Sensorik meningkat karena dengan berolaharaga di alam, kamu akan memperhatikan lingkungan sekitar, lebih memperhatikan gerak tubuhmu dan juga dengan asupan suasana yang masih asri dan segar. Sensorik juga membantu untuk meningkatkan otak dalam menerima, mengolah, menyimpan dan mengingat memori.

 

Meningkatkan relaksasi dalam tubuh dan menurunkan depresi

Image 5

Banyak orang yang terkena depresi atau sakit hatinya memakai obat penenang sebagai jalan keluar. Sekarang jalan menuju kebahagian secara alami dapat diraih dengan menggerakkan tubuh secara rutin. Olahraga terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak kita, seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang merupakan pembunuh nomor satu penyakit hati.

Sebuah survey di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktifitas olahraga dalam memperbaiki perasaan hati dan mengurangi kecemasan. Berolahraga selama 16 minggu secara rutin pada orang yang memiliki kadar depresi yang sedang mendapatkan efek bahagia.

 

Sinar matahari untuk meningkatkan asupan vitamin D

Image 6

Pada waktu berolahraga berkas sinar matahari akan disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit pada saat olahraga sama dengan memberkan asupan 400 unit vitamin D untuk tubuh kamu. Selain itu sinar matahari juga merupakan insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses inilah sebagai turunnya kadar gula darah. Tetapi perlu diingat kawan, berolahraga ketika mataharinya memang sedang sejuk yaitu sekitar pukul 06.00 – 09.00.

 

Ayo biasakan untuk hidup sehat dan secara teratur, dan jangan lupa diimbangi dengan makanan yang sehat juga ya.. Selamat mencoba kawan..

 

 

Agregasi dengan boykepedia.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 COMMENTS

  1. I see your page needs some fresh & unique articles.

    Writing manually is time consuming, but there is tool for this task.
    Just search in gooogle for: Avurker’s essential tools

  2. I see a lot of interesting articles here. Your blog can go viral
    easily, you need some initial traffic only. How
    to get initial traffic?? Search for: masitsu’s viral method

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here