PHOTO: freepik.com
PHOTO: freepik.com

Hi Kawan, jika kamu punya komitmen untuk hidup bahagia dan ingin mendapatkan kesuksesan, lakukan rutinitas ini dalam kehidupan kamu sehari-hari.

Kita adalah makhluk yang mempunyai kebiasaan. Segala sesuatu yang kita pikirkan, katakan dan lakukan adalah hasil dari kebiasaan yang mendalam dan terukir dalam pikiran yang kita jalani sehari-hari. Kebiasaan yang sama baik membantu untuk mendorong kita untuk maju atau menghambat kemajuan kita dalam hidup. Bahkan, negara dan kualitas hidup kita sekarang adalah refleksi langsung dari kebiasaan kita sehari-hari. Kebiasaan merupakan bagian tak dapat disangkal yang sangat kuat dalam kehidupan. Mereka merupakan bagian integral dari psikologi perilaku yang mendasari yang membentuk arah kehidupan kita. Berdasarkan studi, itu semua ditentukan sekitar 45 persen dari segala sesuatu yang kita lakukan setiap hari didorong oleh kebiasaan kita.

Kebiasaan seperti apa yang harus kamu lakukan dalam kehidupan?

Sementara setiap daftar kebiasaan mungkin tampak subjektif, karena pada kenyataannya 24 kebiasaan tertentu yang tidak hanya akan membantu Anda untuk sukses, Seperti sukses dalam financial, tetapi juga akan membuat Anda sehat, bahagia dan puas dalam kehidupan. Fokus pada 24 kebiasaan ini, secara konsisten dilakukan upaya untuk menanamkan hql tersebut ke dalam rutinitas harian Anda, kemajuan  dan momentum menuju tujuan akan berhasil dilakukan dan bahkan bisa meningkatkan kebahagiaan kamu.

Berikut 24 kebiasaan yang patut kamu coba lakukan seperti dikutip via entrepreneur.com , untuk dilakukan dalam rutinitas harian kamu.

Bangun Lebih Awal

PHOTO: freepik.com
PHOTO: freepik.com

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk refleksi dan akan menghasilkan produktivitas yang cukup, memungkinkan Anda untuk fokus sepenuh hati pada tujuan jangka panjang Anda. Siapapun yang serius tentang keberhasilan dalam ukuran apapun tahu bahwa itu adalah hal penting yaitu untuk bangun pagi. . Mulailah dengan menetapkan jam alarm Anda kembali dengan 15 menit pada minggu pertama, 15 menit minggu depan dan seterusnya. Lakukan ini sampai Anda bisa bangun setidaknya dua jam lebih awal dari yang Anda lakukan sekarang. Terutama bagi kamu umat Muslim, bangun pagi di waktu Subuh itu diwajibkan untuk melakukan ibadah Sholat Subuh. Setelah itu kamu bisa melakukan olahraga kecil untuk meregangkan tubuh dan otot kamu.

(Baca juga: Biasakan Untuk Bangun Pagi Yuk!)

Berterima Kasih

Kita menghabiskan banyak waktu dan tenggelam dalam masalah kita. Tapi masalah juga merupakan tanda-tanda kehidupan. Jika Anda ingin mengalihkan fokus Anda dari masalah, Anda harus bersyukur atas apa yang Anda miliki. Ya, bahkan untuk masalah Anda. Syukur adalah jalan yang paling pasti untuk membantu kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesan. Ini menggeser perhatian kita terhadap apa yang kita miliki daripada apa yang tidak kita miliki. Ini kelimpahan kesenangan yang sederhana dan peluang yang kita telah diberikan oleh Tuhan karena sebelumnya sering kita anggap remeh, salah satunya berterima kasih.

Senyuman

PHOTO: freepik.com
PHOTO: freepik.com

Studi telah menegaskan bahwa orang yang tersenyum dengan senyuman yang asli akan lebih bahagia dalam kehidupan. Ini adalah salah satu kebiasaan terbaik untuk memungkinkan Anda untuk menemukan emosional, mental dan spiritual perdamaian pikiran dari waktu ke waktu, hanya dengan menempatkan senyuman di wajah Anda. Fisiologi tubuh kita menentukan psikologi pikiran kita. Ketika kita mengerutkan kening atau bungkuk atau melakukan sejumlah hal lain yang menyampaikan rasa depresi dan ketidakbahagiaan, pikiran kita membutuhkan isyarat dari mereka dan berjalan dengan mereka. Namun, setelah menggeser penampilan luar kita dengan sadar untuk menyesuaikan diri, perasaan batin kita akan mengikuti.

Sarapan Makanan Yang Sehat

PHOTO: freepik.com
PHOTO: freepik.com

Sarapan adalah bagian penting dari kehidupan. Namun, 31 juta orang Amerika melewatkan sarapan setiap hari. Ada pepatah mungkin yang pernah kamu dengar bahwa sarapan menjadi makan yang paling penting dalam kehidupan? Ini 100 persen benar. Jika Anda serius tentang kesuksesan, makanlah sarapan yang sehat setiap pagi! Kebiasaan ini tidak akan mengambil waktu kamu yang banyak kok.. Beberapa perencanaan tentu diperlukan, dan jika kamu sedang bergegas keluar pintu setiap pagi dengan hampir setiap waktu pagi kamu, mungkin ingin mempertimbangkan bangun lebih awal untuk memastikan bahwa Anda menggunakan kebiasaan ini dalam kehidupan sehari-hari.

(Baca juga: Resep Hari Ini: Yuk, Coba Kita Buat Salad Kamut Dengan Kembang Kol Panggang)

Olahraga

PHOTO: freepik.com
PHOTO: freepik.com

Salah satu kebiasaan terbaik untuk dimiliki dalam kehidupan adalah berolahraga setiap pagi dengan rutin. Ini bukan tentang angkat besi atau lari maraton. Ini adalah tentang melakukan aktivitas ringan untuk mengoksidasi darah Anda dan meningkatkan endorfin dalam tubuh Anda. Tidak hanya Anda rasakan secara fisik lebih baik ketika Anda mulai kebiasaan ini, tetapi Anda juga akan merasa lebih termotivasi, memiliki mental yang lebih baik dan suara yang lebih emosional. Lakukan dengan rutin berolahraga pagi untuk menunjang kebahagiaan dan kesuksesan Anda.

(Baca juga: Ini Dia 6 Manfaat Olahraga Di Luar Rumah atau Alam Sekitar)

Minum Air Lemon

Photo by valeria_aksakova / freepik.com
Photo by valeria_aksakova / freepik.com

Salah satu kebiasaan yang harus dimiliki manfaatnya untuk kesehatan adalah minum segelas air dengan lemon setiap hari. Lemon adalah sumber alami vitamin C, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti membantu pencernaan Anda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, bersamaan dengan pembersihan dan dehidrasi dari tubuh Anda. Air itu sendiri juga merupakan cara penting untuk membilas racun apapun dari sistem anda di awal pagi hari. Pada akhirnya, dari waktu ke waktu, ini juga akan membantu dengan hal-hal seperti penurunan berat badan, penurunan setiap radang dan dorongan keseluruhan energi.

Berjalan 1.000 Langkah

Photo: freepik
Photo: freepik

Kebanyakan orang telah mendengar tentang manfaat berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah dalam sehari. Namun, sebagai masyarakat, kita cenderung untuk menjauhkan dari tujuan itu. Satu studi, yang memberikan hasil mengejutkan betapa banyak langkah kita ambil, dibandingkan negara-negara dari seluruh dunia dengan mempelajarinya dari negara AS, Swiss, Australia dan Jepang.

Di Amerika, rata-rata mengambil 5.117 langkah per hari. Dibandingkan dengan Australia, yang mengambil 9.695 langkah per hari, dan warga Swiss, yang mengambil 9.650 langkah per hari, dan orang-orang Jepang, yang mengambil 7.168 langkah per hari. Mungkin kita bisa melakukannya dengan cara singkat. Berjalan di taman atau berjalan untuk naik tangga di kantor, bisa membantu meningkatkan langkah-langkah tersebut.

Vitamin dan Mineral

Kita mungkin kekurangan vitamin dan mineral yang diperlukan melalui asupan makanan kita. Diproses dari gula halus, karbohidrat dan makanan pokok yang lain, bantuan dari diet dapat memperburuk masalah ini. Kita tidak mendapatkan nutrisi yang tepat yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Sangat mudah untuk mengabaikan kebiasaan sehat ini, tapi bila kita lakukan tiap minggu dan bulan untuk melakukan hal ini secara teratur, adalah hal yang luar biasa. Dampak yang dapat membantu kita untuk meningkatkan area lain dari kehidupan kita dengan memberikan kejelasan mental, emosional dan fisik.

 Manajemen Waktu Yang Efektif

Photo: d3images / Freepik
Photo: d3images / Freepik

Sebuah kebiasaan penting untuk berhasil di dalam kehidupan adalah manajemen waktu yang efektif. Seberapa baik Anda mengelola sedikit waktu berharga yang Anda miliki dan yang dapat Anda capai. Dan mengingat bahwa kita semua memiliki jumlah waktu yang sama di dunia ini, bagaimana Anda memanfaatkan sumber daya ini akan menentukan potensi Anda untuk sukses.

Cari sistem yang baik untuk mengelola waktu Anda dan menerapkannya. Hal ini tidak rumit untuk dilakukan, tetapi membutuhkan usaha secara sadar dan konsisten. Namun, setelah kebiasaan ini telah dipadatkan dalam rutinitas harian Anda, hampir segala sesuatu mungkin terjadi, dan tidak ada tujuan akan yang terasa berat untuk dicapai.

Tetapkan Tujuan Harian Anda

Kebanyakan orang pasti memiliki tujuan. Apakah itu sesuatu untuk mencapainya dalam bisnis atau dalam kehidupan, kita semua bergerak dalam satu arah yang dituju atau yang lain. Namun, melakukan tujuan jangka panjang itu memberikan kita arah, itu adalah tujuan sehari-hari yang kita tetapkan yang memungkinkan kita untuk membuat tonggak jangka pendek yang merupakan bagian dari kesuksesan.

Tujuan jangka panjang bisa tampak luar biasa bahkan di saat yang terbaik. Tapi dengan menerapkan strategi penetapan tujuan secara harian, Anda dapat mengatasi beberapa besarnya terkait dengan pencapaian hal-hal besar dalam hidup dengan berfokus pada skenario tujuan harian yang berdampak pada hal jangka pendek.

Menginspirasi Diri Sendiri

Ini adalah hal yang sulit untuk tetap termotivasi dari waktu yang kita punya. Tapi salah satu cara Anda dapat tetap termotivasi dalam kehidupan adalah untuk menginspirasi diri sendiri setiap hari.

Membaca, menonton video inspirasional dan terinspirasi oleh cerita dari orang lain yang impiannya telah tercapai bisa mulai kamu lakukan. Anthony Robbins menyebutnya “jam kekuasaan,” tetapi Anda dapat menghabiskan waktu sebanyak atau sedikit untuk ini yang kamu butuhkan. Inspirasi adalah salah satu jalur prestasi untuk mengubah pola pikiran Anda kedepannya.

(Baca juga: Stress ? Yuk, Luangkan Waktu Untuk Bermain Musik)

Menabung dan Berinvestasi

Illustrasi Image by kues/ Freepik
Illustrasi Image by kues/ Freepik

Tidak ada daftar kebiasaan yang baik dan lengkap tanpa salah satu yang menyerukan kita untuk menabung dan berinvestasi. Kita sering mengabaikan kebutuhan untuk menabung untuk masa depan karena kita begitu sibuk dalam kehidupan pada saat ini. Yang benar adalah bahwa kebanyakan orang Amerika memiliki kurang dari $ 1.000 untuk menabung pada saat tertentu.

Tapi itu bukan hanya tentang menyimpan. Anda harus menginvestasikan uang yang Anda simpan, dan melakukannya dengan bijaksana. Semakin banyak perhatian Anda untuk ini sekarang, hidup Anda akan penuh dengan kesuksesan finansial di masa depan. Anda juga harus memastikan untuk memiliki setidaknya enam bulan senilai tabungan di rekening Anda untuk mencegah setiap bencana keuangan potensial di masa depan.

Belajar Hal Baru

Mendidik diri sendiri, dan belajar sesuatu yang baru setiap hari. Komitmen dan fokus untuk belajar dan meningkatkan kehidupan Anda, apakah itu dengan mengakuisisi keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah Anda miliki. Anda harus meluangkan waktu meskipun sedikit setiap hari untuk mendedikasikan kebiasaan ini.

Apakah Anda memutuskan untuk belajar sesuatu yang baru melalui kursus online, buku audio, posting blog, tutorial video di YouTube, atau cara lain, pentingnya menerapkan kebiasaan ini adalah yang terpenting. Menemukan sesuatu yang berharga untuk belajar dan melakukan setiap hari.

Mengatur Kehidupan Dengan Baik

Kekacauan fisik akan menyebabkan hilangnya fokus kamu. Ketika hidup kita tidak teratur dan dalam keadaan berantakan, sulit untuk tetap fokus pada tujuan kita. Luangkan waktu untuk mengatur rumah dan kantor, dan melakukan hanya sedikit setiap hari untuk melakukan kebiasaan ini. 

Pentingnya kebiasaan ini disorot oleh sebuah studi dalam Journal of Neuroscience berjudul, “Interactions of top down and bottom up mechanisms in human visual cortex,” yang mengatakan “Beberapa rangsangan hadir di bidang visual pada saat yang sama bersaing untuk representasi saraf dengan saling menekan aktivitas Evoked mereka di seluruh korteks visual.”

Berkontribusi Untuk Orang Lain

Dalam hal keberhasilan dalam hidup, kita sering melupakan orang lain. Ini bukan tentang menyumbangkan uang, ini adalah tentang kontribusi waktu Anda, yang jauh lebih berharga daripada uang. Hal ini juga membantu untuk mengalihkan fokus Anda dari keadaan kekurangan kepada keadaan yang berlimpah. 

Kita cenderung menghabiskan terlalu banyak waktu dalam mendalami kekhawatiran dan kecemasan. Tapi, ketika Anda meminta kebiasaan untuk memberikan kontribusi kepada orang lain, Anda dapat dengan mudah meringankan kekhawatiran pribadi Anda, dan bahkan masalah Anda, dengan menyadari perlunya membantu orang lain. Bahkan, orang-orang di dunia ini yang berkontribusi lebih kepada orang lain yang akhirnya mencapai keberhasilan terbesar dalam kehidupan Anda.

Networking

Jelas, itu bukan hanya tentang apa yang Anda ketahui di dunia ini. Agar berhasil, kita perlu menjangkau orang lain yang Anda tahu dan kenal adalah hal yang sangat penting. Tetapi jaringan tidak hanya sekedar kenal, itu semua tentang menemukan cara-cara yang dapat membantu dan menambah nilai bagi kehidupan orang lain.

Networkers terbaik di dunia juga adalah individu yang sukses. Tapi mereka tidak fokus sepenuhnya pada diri mereka sendiri pada awalnya. Mereka selalu mencari cara-cara yang mereka bisa untuk membantu orang lain tanpa berpikir tentang menerima sesuatu sebagai balasannya. Itulah cara terbaik networkers dunia!

Melawan Ketakutan

Kita menghabiskan banyak waktu dengan tenggelam dalam ketakutan. Kitapun sangat khawatir dan gugup tentang masa depan yang kita lupa untuk bisa menikmatinya dari sekarang. Hal ini begitu mendarah daging dalam pikiran kita dengan takut akan hal-hal yang menghambat kemajuan kita.

Melawan ketakutan adalah hal yang sangat mungkin bisa menjadi salah satu kebiasaan yang paling penting yang dapat Anda kembangkan. Biasakan untuk melakukan satu hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman setiap hari. Berbicara dengan orang asing, memberi seseorang pujian, atau memberitahu seseorang kebenaran tentang sesuatu yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

(Baca juga: Patut Dicoba, 11 Pengalaman Ini Sebelum Kamu Berumur 30 Tahun)

Mengambil Tindakan

Mengambil tindakan. Ini hal klise bahwa kita semua telah mendengarnya berulang kali, namun itu adalah sesuatu yang banyak dari kita karena gagal untuk melakukannya. Bahkan, kita melakukan hal yang sebaliknya, yaitu menunda-nunda. Kita gagal untuk mengambil tindakan apa pun dengan sejumlah alasan, menghambat kemajuan dan kemampuan kita untuk mencapai salah satu tujuan monumental yang ditetapkan untuk diri kita sendiri.

Cara terbaik untuk mengatasi penundaan ini adalah dengan menggunakan 15 menit aturan. Mengambil apa pun yang membuat Anda telah menunda-nunda untuk mengatur timer pada ponsel Anda selama 15 menit, dan hanya berkomitmen untuk melakukannya selama itu. Mengapa hanya 15 menit? Pertama, memutus siklus kelambanan. Kedua, setelah 15 menit, Anda sudah membangun beberapa momentum, sehingga Anda mungkin bisa terus berjalan melakukannya.

Ikuti Sesuai Rencana

Memiliki rencana merupakan bagian integral dari setiap pengusaha dan orang sukses sepanjang sejarah. Apa pun yang Anda inginkan dari kehidupan, tidak hanya perlu mempunyai tujuan jangka panjang dan tujuan setiap hari, tapi Anda harus mengikuti rencana yang rumit dan terperinci yang dibuat di sepanjang jalan kehidupan.

Tanpa rencana, kita sering gagal untuk menyadari tujuan kita. Tanpa memahami bagaimana kita akan pergi dari titik A ke titik B. Tetapi ketika Anda tetap pada rencana dan melacak kemajuan Anda, itu bisa membuat perubahan di sepanjang jalan Anda dan akhirnya dapat mencapai tujuan selama Anda tidak menyerah.

(Baca juga: 20 Cara Sederhana Untuk Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia)

Nikmati Waktu Sendiri (Me Time)

PHOTO: Jessica Sample
PHOTO: Jessica Sample

Salah satu kebiasaan yang kebanyakan dari kita dan gagal untuk diterapkan dalam hidup kita adalah untuk menikmati beberapa waktu kesendirian atau “Me” Time. Melakukan satu hal kecil yang Anda suka untuk melakukannya setiap hari. Ini tidak selalu tentang prestasi dan kesuksesan. Dengan melakukan satu hal kecil yang Anda cintai, Anda benar-benar menanamkan ketenangan pikiran dan kembali pada pusat fokus Anda.

Apakah Anda mendengarkan musik favorit melalui headphone, berjalan-jalan di taman, pergi berkendara sepanjang jalan favorit Anda, menonton film, atau apa pun itu, pastikan bahwa Anda selalu mengukir beberapa waktu untuk diri sendiri setiap hari atau di hari tertentu.

Menerapkan Pola Pikir Positif

Ketika kita berpikir negatif, menyimpan pikiran negatif, kita menarik hal-hal negatif dalam kehidupan kita. Ketika kita berpikir positif, kita menarik hal-hal positif. Sulit untuk tetap positif sepanjang waktu, dan itu kecenderungan yang sering kita alami untuk berpikir tentang hal-hal yang negatif.

Namun, berpikir positif adalah salah satu jalur paling pasti untuk pencapaian tujuan Anda. Mengabaikan penentang dan orang-orang yang meragukan kemampuan Anda, dan mengejar hal-hal yang Anda cintai, sementara pikiran kamu semua tetap positif. Ini murni soal momentum. Cukup lama untuk berpikir positif dan hal-hal baik mulai akan terjadi.

Membaca

IMG-20160821-WA0002

Apakah Anda membaca koran, berita keuangan, novel, buku non-fiksi, atau apa pun, mencari waktu untuk membaca sesuatu. Membaca adalah kebiasaan penting untuk mengembangkan dalam hidup, dan Anda tidak harus bergantung pada buku audio atau film sepanjang waktu. 

Membaca dapat membantu Anda menemukan dunia baru, ide-ide atau cara melakukan hal-hal yang Anda mungkin tidak tahu tentang sebelum. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendidik diri sendiri atau menghibur diri sendiri pada saat tertentu.

Istirahat Yang Cukup

Illustration Photo by mrsiraphol / Freepik
Illustration Photo by mrsiraphol / Freepik

Meskipun penting untuk bangun pagi setiap hari, hal terpenting lainnya adalah untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Melakukan keseimbangan seperti itu mungkin sulit, terutama jika Anda memiliki anak-anak, dua pekerjaan dan kewajiban lainnya. Namun, jika Anda cukup peduli tentang kesejahteraan atau kesehatan fisik Anda, untuk kesuksesan masa depan, Anda akan fokus pada minimal tidur enam sampai delapan jam dan tidak terganggu apapun di setiap malam.

Jika Anda sulit tidur, berhati-hatilah untuk tidak minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur Anda. Juga, jika Anda merokok, makan terlalu banyak gula, atau menelan jenis lain dari racun sepanjang hari, Anda akan merasa sulit mendapatkan tidur yang layak. Hindari dan hentikan itu semua dari rutinitas Anda sehingga bisa mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari.

Jurnal Pengalaman Anda

Illustration Image by bedneyimages / Freepik
Illustration Image by bedneyimages / Freepik

Jurnal pikiran Anda adalah cara yang bagus untuk merenungkan siapa dan apa yang telah Anda lakukan dalam kehidupan. Waktu bisa pergi dengan begitu cepat sehingga kita sering lupa rincian dari apa yang kita lakukan bahkan beberapa bulan yang lalu. Rincian baru untuk mengingat dan menambahkan kejelasan dan tujuan hidup kita, mengingatkan kita pelajaran akan hidup dan sukacita.

Mulailah kebiasaan menulis jurnal dari pengalaman Anda setiap hari. Jalin dengan tujuan Anda, harapan dan impian untuk masa depan, menuliskan apa yang Anda bayangkan, hidup Anda akan terlihat seperti di dalam perjalanan dari kehidupan, kemudian kembali membacanya nanti untuk berjalan ke dalam pikiran Anda pada setiap titik tertentu dalam hidup Anda. Ini adalah metode yang kuat untuk refleksi diri, dan juga cara yang bagus untuk memotivasi dan menginspirasi diri untuk maju ke masa depan.

Mulailah lakukan dari sekarang kebiasaan ini bila Anda ingin mendapatkan kebahagiaan yang diinginkan.

Berapa banyak dari kebiasaan di atas yang sudah kamu lakukan dalam hidupmu? Kebiasaan di atas adalah beberapa kebiasaan terbaik untuk dimiliki dalam kehidupan. Yuk, mulai lakukan perubahan itu semua untuk ke arah yang lebih baik lagi dalam kehidupan kamu, tidak ada ruginya untuk mencoba…

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here