Minum kopi dengan porsi tiga sampai empat cangkir sehari baik untuk kesehatan menurut studi British Medical Journal.
Minum kopi dengan porsi tiga sampai empat cangkir sehari baik untuk kesehatan menurut studi British Medical Journal.

Hitput.com – Kabar baik untuk kamu pecinta kopi! Kopi sebenarnya bisa bagus untuk kesehatan lho, menurut ulasan terbaru dari British Medical Journal.

Kajian tersebut telah diamati kurang lebih 201 penelitian, dan menemukan bahwa meminum tiga sampai empat cangkir kopi sehari mungkin benar-benar aman untuk diminum.
“Konsumsi kopi lebih sering dikaitkan dengan manfaatnya daripada bahayanya dari berbagai hasil penelitian kesehatan,” studi tersebut menjelaskan.

Efek konsumsi kopi bagi kesehatan

Ini menemukan risiko penyakit hati yang lebih rendah dan beberapa jenis kanker pada peminum kopi, dan risiko kematian yang lebih rendah akibat stroke – namun para periset tidak dapat membuktikan bahwa kopi adalah penyebabnya.

Konsumsi kopi yang tinggi dikaitkan dengan risiko kanker spesifik yang lebih rendah, termasuk: “Kanker prostat, kanker endometrium, melanoma, kanker mulut, leukemia, kanker kulit non-melanoma, dan kanker hati.”
Sementara itu, peminum kopi yang minum tiga cangkir sehari memiliki risiko terendah terkena penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner dan stroke.
Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan risiko penyakit neurologis yang lebih rendah, termasuk penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer dan depresi.

(Baca juga: Sarapan Pagi Dengan Secangkir Kopi)
Konsumsi kopi tidak disarankan untuk wanita hamil

Terlalu banyak kopi selama kehamilan bisa berbahaya, menurut penelitiannya.

Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi kopi dan kehamilan dapat menyebabkan hasil kesehatan yang negatif.

“Konsumsi pada kehamilan tampaknya terkait dengan hasil yang berbahaya terkait dengan berat lahir yang rendah, kelahiran prematur, dan kehilangan janin pada masa kehamilan.”
Dan bagi wanita yang rentan terhadap patah tulang, kopi meningkatkan risiko patah tulang.

Para ahli mengatakan bahwa orang seharusnya tidak mulai minum kopi karena alasan kesehatan
Efek Kopi Bagi Kesehatan Bila di Konsumsi Setiap Hari
Efek Kopi Bagi Kesehatan Bila di Konsumsi Setiap Hari

Peneliti University of Southampton mengumpulkan data tentang dampak kopi pada semua aspek tubuh manusia, dengan mempertimbangkan lebih dari 200 penelitian – yang sebagian besar merupakan pengamatan.

Dibandingkan dengan peminum non kopi, mereka yang minum tiga cangkir kopi sehari ternyata mengurangi risiko terkena masalah jantung atau kematian akibatnya.

Manfaat terkuat dari konsumsi kopi terlihat pada penurunan risiko penyakit hati, termasuk kanker.

Namun Prof Paul Roderick, rekan penulis studi tersebut, dari fakultas kedokteran di University of Southampton, mengatakan bahwa peninjauan tersebut tidak dapat mengatakan apakah asupan kopi telah membuat perbedaan.

“Faktor-faktor seperti usia, apakah orang merokok atau tidak dan berapa banyak latihan berolahraga yang mereka lakukan bisa berpengaruh,” katanya.

Temuan ini kembali mengulas ulasan dan penelitian minum kopi lainnya, secara keseluruhan, pesannya tentang kopi semakin meyakinkan.
“Ada keseimbangan risiko dalam hidup, dan manfaat konsumsi kopi moderat tampaknya lebih besar daripada risikonya,” katanya.
NHS merekomendasikan agar ibu hamil tidak minum lebih dari 200mg kafein sehari – dua cangkir kopi instan – karena terlalu banyak dapat meningkatkan risiko keguguran.
Kajian ini menunjukkan bahwa wanita yang berisiko patah tulang juga harus mengurangi kopi.
Untuk orang dewasa lainnya, asupan kafein moderat setara dengan 400mg atau kurang per hari – atau tiga sampai empat cangkir kopi – tapi itu bukan minuman satu-satunya (atau makanan) yang perlu dicatat dan diingat. Disarankan juga dalam sehari konsumsi air mineral.

Berapa kafein dalam minuman saya?
Coffee beans and paper coffee cup - predragphoto77 / Freepik
(Coffee beans and paper coffee cup – predragphoto77 / Freepik)
  • satu cangkir kopi instan: 100mg
  • satu cangkir kopi saring: 140mg
  • satu cangkir teh: 75mg
  • satu kaleng cola: 40mg
  • satu 250 ml kaleng minuman energi: sampai 80mg
  • bar coklat polos: kurang dari 25mg
  • Bar coklat susu: kurang dari 10mg

Para periset mengatakan peminum kopi harus tetap berpegang pada “kopi sehat” – yang menghindari tambahan gula, susu atau krim, atau makanan ringan berlemak di sampingnya.
Dan mereka menyerukan uji klinis yang ketat mengenai asupan kopi untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat potensial bagi kesehatan.
Saat ini, para periset mengatakan bagaimana kopi memiliki dampak positif pada kesehatan adalah “sulit” namun bisa juga terjadi pada efek anti-oksidan dan anti-fibrotik, yang mencegah atau memperlambat kerusakan sel-sel di tubuh.
Mengomentari review dari BMJ, Eliseo Guallar, dari Sekolah Kesehatan Masyarakat John Hopkins Bloomberg, mengatakan masih ada ketidakpastian tentang efek tingkat asupan kopi yang lebih tinggi.
Tapi dia menambahkan: “Konsumsi kopi moderat tampaknya sangat aman, dan bisa dimasukkan sebagai bagian dari makanan sehat oleh sebagian besar populasi orang dewasa.”
Tom Sanders, profesor emeritus nutrisi dan dietetics di King’s College London, mengatakan bahwa peminum kopi mungkin orang yang lebih sehat untuk memulainya – dan itu bisa mengurangi temuan tersebut.
“Kopi diketahui menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang dan juga meningkatkan keinginan untuk pergi ke toilet – beberapa orang memilih untuk tidak minum kopi karena alasan ini.
“Penderita irama jantung yang tidak normal sering disarankan untuk minum kopi tanpa kafein. Kafein juga meningkatkan tekanan darah, meski secara sementara.”

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here