iamdjaheed-1511709834073

Hitput.com – Hampir semua orang tahu di mana Monumen Nasional atau Monas berada. Tapi, tahukah kamu fakta dan hal apa saja yang ada di balik ikon Ibu Kota Jakarta ini?

1. Lidah Api Monas : Emas dan Misteri.

Pucuk Monas dengan bentuk lidah api berdiameter 6 meter dan tinggi 17 meter ini terdiri atas emas murni. Namun, terdapat anggapan bahwa bentuk lidah api ini konon katanya merupakan bentuk siluet Ratu Nyai Roro Kidul yang sedang duduk, benarkah misteri tersebut?

2. Aceh Penyumbang 28 Kg Emas.

Tapi, tahukah kamu siapa yang menyumbangkan 28 Kg emas itu? Dia adalah Teuku Markam, yakni seorang saudagar asal Tanah Rencong Nangro Aceh Darusallam yang semasa hidupnya terus berjuang membela tanah air, namun hak-haknya justru dirampas..

(Baca juga: 6 Fakta dan Keunikan Tentang Kota Jakarta)
3. Lima Kali Ganti Nama.

Sebelum disahkan sebagai Tugu Monas, wilayah ini juga mengalami lima kali pergantian nama. Dari mulai Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas..

4. Gunung Salak dan Pulau Seribu.

Selain bisa melihat berbagai gedung yang menjulang tinggi di Jakarta, kamu juga bisa melihat indahnya Gunung Salak Jawa Barat dan eksotisnya pantai di Kepulauan Seribu dari pelataran puncak Tugu Monas..

5. Monas dan Lingga Yoni.

Bangunan setinggi 132 meter yang diarsiteki oleh R.M. Soedarsono dan Friedrich Silaban (arsitek Mesjid Istiqlal) ini ternyata memiliki filosofi tersendiri. Hal tersebut terlihat dari bentuknya yang serupa dengan “Lingga Yoni”, yakni lambang kearifan lokal laki-laki dan perempuan..

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here