Action Blur Car. Image: pexels.com
Action Blur Car. Image: pexels.com

Hitput.com – Mudik merupakan kebiasaan orang-orang Indonesia yang tinggal di perantauan untuk pulang ke kampung halaman menjelang Lebaran. Tidak heran jika persiapan pun dilakukan jauh-jauh hari, salah satunya pemilihan cara transportasi.

Ada yang lebih nyaman menggunakan transportasi publik seperti pesawat terbang, kereta api, atau kapal, tapi tidak sedikit juga yang memilih bepergian menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Agar tetap merasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan lakukan beberapa tips berikut ini.

Periksa Kondisi Kendaraan
Ilustrasi: Orang memeriksa kendaraannya. Image: pexels.com
Ilustrasi: Orang memeriksa kendaraannya. Image: pexels.com

Sebelum memacu kendaraan di jalanan, pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan dengan melakukan pengecekan ke bengkel terdekat. Buat daftar hal-hal yang perlu dicek seperti mesin, rem, oli, air bag, hingga ban. Jangan menganggap remeh, lho, karena keamananan dan keselamatan penumpang dapat ditentukan, salah satunya dari kondisi kendaraan yang layak pakai untuk mudik.

Siapkan Uang Tunai yang Cukup
Ilustrasi: Selalu sedia uang cash. Image: unsplash.com
Ilustrasi: Selalu sedia uang cash. Image: unsplash.com

Walau sudah memiliki kartu debit atau kredit, siapkan uang tunai dalam jumlah cukup untuk berjaga-jaga selama dalam perjalanan mudik. Biar tidak bingung, hitung kisaran biaya dengan teliti. Mulailah dari pengeluaran yang besar hingga yang terkecil, misalnya mengisi bensin, uang makan, biaya parkir, hingga biaya ke toilet.

Optimalkan Penggunaan Smartphone
Smartphone on hand. Image: pexels.com
Smartphone on hand. Image: pexels.com

Jangan hanya menggunakan ponsel pintar untuk mengunggah foto saat berada di dalam mobil dalam perjalanan mudik atau sekadar mengusir bosan. Gunakan dengan optimal seperti mengunduh aplikasi-aplikasi yang diperlukan untuk memperlancar perjalananmu. Aktifkan GPS atau aplikasi peta yang menjauhkanmu dari risiko tersesat atau terjebak kemacetan.

Selain itu, simpan juga nomor-nomor penting dalam daftar kontak, seperti ambulan, rumah sakit terdekat, polisi, dan pemadam kebakaran. Gunakan smartphone seperlunya dan pertahankan daya baterainya dengan membawa charger atau powerbank.

Siapkan Obat-Obatan
Selalu sedia obat-obatan. Image: pixabay.com
Selalu sedia obat-obatan. Image: pixabay.com

Perjalanan mudik yang cukup jauh memang menuntu kondisi stamina yang prima. Namun tidak sedikit juga yang mengalami gangguan kesehatan, seperti pusing, flu, hingga mabuk perjalanan. Sebelum berangkat, persiapkan kotak P3K yag cukup ringkas untuk diletakkan di dalam mobil. Isi dengan obat-obatan yang diperlukan, anti mabuk perjalanan, koyo, minyak kayu putih, hingga plester.

Pakaian yang Nyaman
Buat senyaman mungkin di kendaraan. Image: unsplash.com
Buat senyaman mungkin di kendaraan. Image: unsplash.com

Menghabiskan waktu berjam-jam di dalam mobil terkadang membuatmu merasa kurang nyaman dan berakhir dengan bad mood. Hindari dengan memilih pakaian yang nyaman, menyerap keringat, dan bebas gerah seperti kaus dan celana yang terbuat dari bahan katun. Jangan lupa siapkan sweater atau cardigan yang dapat dipakai di malam hari untuk melindungi tubuh dari paparan AC.

(Baca juga: Tips Sederhana Ketika Traveling Agar Semakin Menyenangkan)
Bekal Makanan dan Minuman yang Cukup
Sedia bekal di jalan. Image: pexels.com
Sedia bekal di jalan. Image: pexels.com

Kondisi lapar dan haus bisa mempengaruhi emosi, bahkan konsentrasi saat berkendara. Siapkan bekal makanan yang dapat mengganjal perut seperti roti, biskuit, atau buah potong. Selain itu, jangan lupa membawa air minum yang cukup untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi akibat kurang minum dan faktor lingkungan, seperti penggunaan AC dalam waktu lama atau cuaca yang sedang panas-panasnya.

Mudik aman dan nyaman dengan mobil pribadi bisa diwujudkan asal menggunakan tips-tips jitu ini. Selamat mudik!

Leave your vote

7 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here