Resep Nastar Keju. Image: Vemale
Resep Nastar Keju. Image: Vemale

Hitput.com – Selain opor ayam dan ketupat, kue kering yang mengisi toples-toples tidak pernah ketinggalan disiapkan untuk menyambut Lebaran. Salah satu kue kering favorit keluarga adalah nastar. Adonan yang gurih dan lumer berpadu dengan selai nanas yang lembut, manis, dan harum bikin siapa saja yang merasakan jadi ketagihan.

Mumpung punya waktu luang yang cukup panjang, tidak ada salahnya kali ini mencoba membuat nastar sendiri. selain lebih hemat, tentunya juga lebih higienis, ya. Yuk simak beberapa resep variasi nastar yang bakal ikut menyemarakkan Lebaran.

Nastar Ekonomis
Berbagai bentuk kue nastar. Image: inovasee
Berbagai bentuk kue nastar. Image: inovasee

Tahu sendiri dong, menjelang Lebaran biasanya bahan-bahan untuk membuat kue harganya melambung tinggi. untuk konsumsi pribadi, bisa mencoba resep nastar ekonomis yang rasanya tetap lezat walau dengan bahan-bahan yang lebih terjangkau. Siapkan 150g margarin, 50g gula halus, 1 kuning telur, 150g tepung terigu protein rendah, sedikit vanili bubuk, 20g susu bubuk, 20g tepung maizena, selai nanas untuk isian dan 2 kuning telur untuk olesan.

Pertama, kocok gula, vanili, dan margarin selama 1 menit, lalu masukkan kuning telur dan kocok hingga rata. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk yang sudah diayak, aduk perlahan menggunakan spatula.

Bentuk sesuai selera misalnya bulat, gulung, daun, atau bunga lalu isi dengan selai nanas. Letakkan di loyang yang sudah diolesi margarin tipis-tipis lalu oven 15 menit pada suhu 160 derajat Celcius. Keluarkan lalu olesi dengan kuning telur lalu oven kembali hingga matang.

(Baca juga: Membuat Cinnamon Sugar Cheesecake Bars)
Nastar Kenari Keju
Nastar keju kenari. Image: Grid - Sajian sedap
Nastar kenari keju. Image: Grid – Sajian sedap

Selain menambahkan keju ke dalam adonannya, bisa juga menambahkan cacahan kacang kenari untuk memberikan citarasa yang lebih kaya dan renyah. Tapi jika kesulitan menemukan kacang kenari, bisa juga menggantinya dengan kacang almond atau mete.

Nastar Kelapa Durian
Nastar kelapa durian. Image: Grid - Sajian sedap
Nastar kelapa durian. Image: Grid – Sajian sedap

Buat pecinta durian, nastar pun bisa divariasikan dengan mengganti selai nanas dengan selai durian yang dicampur kelapa kering. Selain mendapatkan rasa manis dari selai durian, ada juga rasa gurih dari kelapa kering dan adonan kulitnya.

(Baca juga: Resep Biskuit Wortel)
(Baca juga: Yuk Bikin Red Velvet Cake Anti Bantet!)

 

 

 

 

Nastar Cokelat Kacang
Choco orange nastar. Image: lafempat wordpress
Choco orange nastar. Image: lafempat wordpress

Nastar isi cokelat sudah biasa, tapi variasi yang satu ini dijamin jadi favorit anak-anak. tambahkan bubuk cokelat ke dalam adonan nastar, sedangkan untuk isiannya ganti dengan selai kacang yang bercitarasa gurih-manis.

Ada berbagai varian resep kue kering nastar yang cocok dijadikan pengisi toples saat Ramadan atau sebagai kudapan sehari-hari. Selamat mencoba!

Leave your vote

7 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here