Ilustrasi Foto makanan full di atas meja makan
Ilustrasi Foto makanan full di atas meja makan (Image: Freepik)

hitput.com – Pasti semua orang membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Pasti juga mereka sangat ketergantungan dengan makanan tersebut. Berbagai macam makanan pasti hampir semuanya sudah kita coba, baik makanan cepat saji, makanan sehat sekedar untuk diet dan menjaga tubuh, dan makanan lainnya. Lain halnya jika kita mempunyai nafsu makan yang berlebihan, mungkin disitu kamu mempunyai kesulitan dalam cara mengatasi makan berlebihan.

Ingat, makan berlebih tidak hanya mempengaruhi tubuh, melainkan pikiran juga. Makan berlebih hanya memberi kenyamanan sesaat. Namun, emosi berkata lain dan merasa kalau Anda tidak bisa mengontrol diri.

Baca juga: Atung, Bakmi Yamin dan Surga yang Tersembunyi

Perasaan seperti ini membawa perubahan negatif dalam hidup juga. Hal ini karena makan berlebihan mempengaruhi Anda secara mental dan mengurangi harga diri kamu, oleh karena itu kamu perlu menemukan cara untuk mengendalikan makan.

Efek fisik dari makan berlebihan yang langsung dirasakan ialah mental. Makan berlebihan adalah cara tercepat untuk merusak diet apapun dan meningkatkan berat badan kamu. Hal ini juga dapat membuat kamu merasa seperti selalu gagal menurunkan berat badan.

Baca juga: Jenis-jenis Fobia Pada Makanan, Kamu Termasuk yang Mana?

Maka, hasil yang didapatkan adalah mengalami stres karena kondisi tubuh, pencernaan yang terganggu dan lain sebagainya.

Berikut beberapa tips untuk mengontrol makan berlebihan yang bisa kamu lakukan.

1. Setiap ingin memulai makan, perhatikan isi piring kamu. Pastikan apa yang kamu makan itu makanan yang sehat.

Ilustrasi makanan sehat udang roasted dengan jeruk lemon
Ilustrasi makanan sehat udang roasted dengan jeruk lemon (Image: Freepik)

2. Hindari berbelanja dengan perut kosong. Kenapa? Karena hal tersebut bisa menyebabkan kamu membeli dan memakan makanan yang tidak sehat saat berbelanja.

3. Gunakan piring berwarna biru. Penelitian menyebutkan, warna makanan yang senada dengan warna piring akan meningkatkan nafsu makan kamu. Jadi, gunakan piring yang berwarna kontras dari warna makanan.

4. Gunakan mangkuk kecil atau piring kecil. Wadah makanan juga berpengaruh. Semakin besar piring yang kamu gunakan, semakin banyak makanan yang bisa ditampung. Jadi, gunakan mangkuk kecil seperti warga Jepang.

5. Jauhkan semua makanan ringan dari pandangan. Makanan ringan tidak akan membuatmu kenyang. Malah sebaliknya, kamu akan selalu merasa lapar.

Sebenarnya masih banyak tips lain yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi makan berlebihan seperti berolahraga, minum banyak air putih, kurangi konsumsi kafein dan lain sebagainya. Semoga tips diatas bisa membantu kamu dalam mengatur pola makan yang selama ini masih belum teratur. Ingat hal yang berlebihan itu tidak bagus, maka makanlah seecukupnya saja agar tubuh kita tetap terjaga kebugarannya.

Leave your vote

7 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%