Home Hitravel Dataran Tinggi Posong Temanggung, Wisata Alam Indah Kekinian

Dataran Tinggi Posong Temanggung, Wisata Alam Indah Kekinian

wisata posong temanggung
Wisata Dataran Tinggi Posong Temanggung, wisata alam kekinian yang layak dikunjungi. Foto: Instagram @arum_1922

Hitput.com – Jika berbicara mengenai keindahan alam di tanah air ini memang tidak akan ada habisnya, baik itu wisata bawah laut ataupun wisata pegunungan. Sebagai negara kepulauan terbesar dan memiliki kurang lebih sebanyak 17.000 pulau dan gugusan pegunungan yang membentang dari sabang sampai merauke, tentu saja keindahan-keindahan alam ini akan sangat mudah ditemukan, tinggal bagaimana kita bisa merawatnya dengan baik.

Salah satu wilayah pegunungan atau dataran tinggi yang terkenal di Indonesia adalah Dieng yang terletak di Wonosobo Provinsi Jawa Tengah, ya memang keindahan Dieng ini sudah diakui sampai mancanegara. Tetapi selain dataran tinggi Dieng kamu juga bisa mengunjungi dataran tinggi Posong Temanggung yang tak kalah indahnya dengan Dieng, tentu paket lengkap kalau kamu bisa mengunjungi keduanya.

Kalau soal Dieng rasanya tidak perlu lagi dibahas karena sudah sangat terkenal, tetapi untuk dataran tinggi Posong ini mungkin banyak yang baru mendengarnya, termasuk kalian juga kan? Hehehe. Maka dari itu, disini saya akan memberikan ulasan mengenai wisata alam ini mulai dari rute perjalanannya, destinasi wisata, fasilitas yang ada, harga tiket masuk dan hal-hal lainnya.

(Baca juga: Wisata Pulau Bawean Gresik, Destinasi Indah Bak Surga Dunia)

Lokasi dan Rute Dataran Tinggi Posong

Berada di desa Tlahap, Kecamatan Kledung, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Secara geografis letak dataran tinggi Posong ini tepat berada di kaki gunung Sindoro yang nampak terlihat sangat indah dan megah dari sana. Sementara untuk jarak dari pusat kota Temanggung lokasinya cukup jauh yaitu sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Rute menuju Posong jika kamu dari arah Semarang maka ikuti saja jalur pantura Semarang – Jogjakarta, kalau kamu arahnya dari Jogjakarta maka jalur yang ditempuh pun sama saja melewati jalan pantura namun dari arah sebaliknya yaitu Jogjakarta – Semarang kemudian menuju pusat kota. Jika sudah sampai di pusat kota Temanggung (alun-alun kota) silahkan ambil rute menuju Wonosobo, sampai akhirnya tiba di kecamatan Kledung.

Objek Wisata yang ada di Posong

Objek wisata alam Posong. Foto: Instagram @tamanwisata_posong

Tentu saja objek wisata utama yang ada di Posong ini adalah keindahan alam yang sangat menakjubkan, pegunungan hijau yang membentang sejauh mata memandang, apalagi suasananya sangat sejuk karena berada di dataran tinggi.

Bagi kamu yang hobi berfoto maka background gunung Sindoro yang gagah menjadi pilihan terbaik untuk menambah koleksi foto kamu di media sosial ataupun untuk di pajang di kamar.

Melihat matahari terbit atau sunrise di dataran Tinggi Posong. Foto: Instagram @nilmayahaha_

Nah, buat kamu yang sangat menyukai momen saat matahari terbit atau tenggelam maka Posong ini tempat yang tepat untuk melihat momen tersebut. Kalau kamu ingin melihat sunrise tentu saja kamu harus sudah datang di waktu Subuh, sementara untuk menikmati momen sunset waktunya lebih fleksibel. Namun tidak setiap hari momen ini bisa dilihat, jika cuaca kurang mendukung tentu saja momen tersebut akan terlewat, jadi usahakan datang di saat cuaca sedang cerah.

(Baca juga: Bukit Nirwana Malang: Menikmati Keindahan Destinasi Wisata Baru)

Fasilitas yang Tersedia di Posong

Fasilitas yang tersedia di dataran tinggi Posong. Foto: Instagram @tamanwisata_posong

Bagi kamu yang memiliki waktu liburan cukup panjang dan kurang puas berkunjung ke Posong hanya satu hari saja, maka bermalam di sana menjadi opsi terbaik. Sudah banyak tempat-tempat penginapan yang tersedia kok, jadi tidak perlu khawatir! kalau kamu ingin lebih menyatu dengan alam dan ingin merasakan suasana bermalam di alam bebas maka kamu bisa juga mendirikan tenda.

Fasilitas lainnya yang sudah disediakan adalah gubuk-gubuk kecil yang bisa digunakan untuk tempat bersantai bagi para pengunjung, jadi kalau kamu mau ngopi santuy sambil menikmati sejuknya udara pegunungan dan pemandangan alam serta perkebunan hijau yang membentang, maka dataran tinggi Posong ini bisa menjadi tempat yang ideal.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba wahana lain seperti flying fox, jadi kamu bisa terbang diatas sambil menikmati keindahan wisata alam Posong ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk tiketnya sangat murah sekali kok, dengan biaya kurang lebih 10 ribu rupiah maka kamu bisa masuk ke tempat wisata Posong ini, dan biaya tersebut sudah termasuk ongkos parkir juga. Sementara untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 04.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai wisata alam Posong Temanggung, jadi mau kapan berkunjung kesana? kalau bisa secepatnya biar kamu ngga penasaran dan jangan sampai temen kamu lebih dulu mengirim foto liburannya di Posong, hehehe.

Buy now

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.