Home YourStories Salamander Axolotl, Hewan Unik yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah

Salamander Axolotl, Hewan Unik yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah

Memeilihara Hewan Unik Salamander Axolotl di rumah
Hewan Unik Salamander atau Kadal Air yakni Axolotl. image: pexels.com

Hitput.com – Selama work from home atau berdiam di rumah saja di masa pandemi ini tentunya waktu luang lebih banyak kita miliki. Oleh karenanya kita mencari hal-hal untuk mengisi kekososang waktu tersebut, salah satunya sih memelihara hewan terutamanya yang menjadi favorit itu yang hidup di air sih (aquarium).

Ya, banyak orang mendadak terjun ke dunia aquascape dan berlomba-lomba mempercantik aquarium-nya. Tapi memang kalau liat ikan berenang di dalam air itu bisa memberikan rasa tentram gitu ya, apalagi kalau aquarium didesain sedemikian rupa misal dengan tanaman-tanaman, batu-batuan, pasir, dan lainnya akan tambah cantik lagi.

Nah, selain bisa kamu isi dengan ikan, bisa juga nih di isi dengan Axolotl. Apaan tuh Axolotl? Ini sejenis salamander atau kadal yang hidup di dalam air. Kan bosen juga ya kalau liat ikan terus-terusan, jadi biar ada variasi ya bisa memelihara Salamander Axolotl ini.

Tapi perlu kamu perhatikan nih, sebelum memelihara Salamander Axolotl ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mencoba memelihara, karena kalau ngga tau cara perawatannya bisa-bisa baru beberapa hari udah mati nih. Kan sayang, soalnya harga Salamander Axolotl lumayan mahal, saya cek si kisaran 200 ribuan lah satu ekornya.

Baca Juga: Suka Dengan Burung Lovebird? Ini Dia Tips Untuk Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula

Salamander Axolotl Memiliki Sifat Kanibal

Salamander Axolotl ini Merupakan Hewan yang Memiliki Sifat Kanibalisme. image: www.treehugger.com

Nah, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah Salamander Axolotl ini memiliki sifat kanibalisme. Jadi, kalau mau pelihara cukup satu saja disatu aquarium, kalau mau pelihara banyak berarti kamu harus menyiapkan tempat lagi.

Tapi kalau jenis kelaminnya beda lebih aman sih meski ditempatkan di aquarium sama. Yang rentan itu jika jenis kelamin sama terutama sama-sama jantan, mereka cenderung akan bertarung untuk saling melukai satu sama lainnya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Burung Love Bird

Membutuhkan Aquarium dengan Ukuran Cukup Besar

Ilustrasi Aquarium Untuk Memelihara Salamander Axolotl. image: instagram @oo_aquascape

Jika kamu ingin memelihara hewan unik yakni Salamander Axolotl maka harus menyediakan aquarium yang ukurannya cukup besar. Ya, setidaknya aquarium yang dapat menampung air sekitar 60 – 80 liter air. Usahakan juga aquarium ini ukurannya tinggi atau dalam, tidak terlalu lebar tidak apa-apa.

Selanjutnya letakkan aquarium di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Ya kalau direkomendasikannya sih suhu yang baik untuk memelihara Axolotl ini sekitar 15 – 20 derajat celcius.

Baca Juga: Burung Lovebird Termahal, Memiliki Bulu yang Sangat Cantik

Beri Ornamen Tambahan di dalam Aquarium

Tambahkan Krikil Ukuran Sedang di bagian Aquarium Axolotl. image: pexels.com

Di bagian bawah kamu bisa memberikan batu atau krikil dengan ukuran sedang, jangan terlalu kecil karena kalau ukurannya terlalu kecil bisa-bisa ikut tertelan oleh si Salamander Axolotl nanti. Kalau sampe ketelen bisa menyumbat sistem pencernaan nantinya.

Ornamen lain seperti kayu-kayu atau tanaman bisa kamu tambahkan juga untuk mempercantik aquarium kamu. Ya, selain itu si Salamander Axolotl jadi ngga bosen juga karena banyak ornamen. Jangan lupa pasang filter juga untuk menyaring kotoran di dalam air.

Baca Juga: Hewan Quokka Australia yang Lucu dan Murah Senyum

Beri Makanan yang Tepat

Di atas udah disinggung kalau Salamander air ini memiliki sifat kanibal. Artinya hewan ini bukan hewan vegetarian, heheheh. Ya, untuk pakannya kamu bisa memberikan potongan daging, pelet atau bisa juga memberikan cacing.

Makanan Salamander Axolotl di Habitat Asli adalah Siput, Ikan Kecil, dan Cacing. image: pexels.com

Kalau di habitat aslinya yakni di alam maka Salamander Axolotl ini memakan cacing atau siput, atau sejenis ikan yang ukurannya kecil.

Pada dasarnya hewan unik Salamader Axolotl ini bisa kamu peliharan di rumah. Tetapi harus bijak juga kalau mau memelihara, karena sekarang ini Axolotl sudah termasuk hewan yang hampir punah di alam liarnya. Nah, kalau kamu mau pelihara maka belilah dari para penangkar yang memang sudah berhasil mengembangbiakan hewan itu.

Jadi jangan ambil di alam langsung ya! Bukan cuma salamander saja tapi hewan apapun yang memang dari alam sebaiknya di alam, terutama hewan yang sudah langka.

Oke, itulah ulasan mengenai hewan unik si Salamander Axolotl yang bisa kamu pelihara di rumah menghiasi aquarium kamu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.