Home stories Mengenal Kura-Kura Espanola yang Dulu Hampir Punah

Mengenal Kura-Kura Espanola yang Dulu Hampir Punah

Mengenal Kura-Kura Espanola Yang Hampir Punah
Gambar Ilustrasi Mengenal Kura-Kura Espanola Yang Dulu Hampir Punah. image: pexels.com

Hitput.com – Kura-kura merupakan salah satu hewan yang banyak digemari untuk dipelihara di rumah, hewan yang terkenal memiliki umur sangat panjang sampai seratus tahun ini memang tidak terlalu susah dalam merawatnya. Kemudian gerakaknya yang lambat akan lebih mudah juga dalam mengontrol mereka. Ya, mungkin beberapa alasan banyak orang yang memilih pelihara kura-kura.

Berbicara soal kura-kura, jenis mereka sendiri sangat banyak sekali ya, setiap jenis ini tentu memiliki keunikan masing-masing dan pada akhirnya menentukan juga harga kura-kura. Memang berapa sih harga kura-kura dari yang termurah sampai termahal? Silahkan bisa cari informasi sendiri karena pada kesempatan kali ini saya ingin memfokuskan pembahasan untuk mengenal kura-kura espanola yang hampir punah.

Ya, sesuai dengan namanya memang! Kura-kura Espanola ini hewan endemik dari Pulau Espanola. Sebenarnya nama ilmiah kura-kura ini adalah chelonoidis hoodensis, tapi lebih dikenal dengan kura-kura espanola, mungkin karena lebih mudah juga untuk mengingatnya ya, hehehe.

Kura-kura ini hampir saja mengalami kepunahan karena di tahun 1960-an spesias ini hanya tersisa belasan ekor saja, tercatat hanya ada 12 spesies betina dan 2 spesies jantan. Pulau Espanola yang luas membuat habitat kura-kura ini terlalu menyebar, hal tersebut yang pada akhirnya menyulitkan kura-kura jenis ini bereproduksi di alam asalnya itu.

Baca Juga: Salamander Axolotl, Hewan Unik yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah

Ya, ada penyebab lain sih mereka diambang kepunahan! pasti kamu bisa menebak lah apa penyebabnya? Ya apalagi kalau bukan manusia. Waktu itu banyak perburuan terhadap kura-kura Espanola ini.

Hal di atas itulah yang mendasari dilakukannya program konservasi spesies kura-kura ini. Nah, ternyata di salah satu kebun binatang yang ada di San Diego California terdapat satu spesies kura-kura Espanola jantan bernama Diego. Kura-kura tersebut diambil beberapa waktu sebelumnya oleh para eksepedisi ilmiah.

Mengetahui spesiesnya diambang kepunahan maka Diego dibawa ke tempat koservasi, Diego dikirim ke Pulau Santa Cruz, Galapagos. Bersama 14 spesies kura-kura Espanola lainnya Diego tinggal di area konservasi tersebut.

Baca Juga: Burung Lovebird Termahal, Memiliki Bulu yang Sangat Cantik
Gambar Ilustrasi Mengenal Kura-Kura Espanola Yang Hampir Punah. image: pexels.com

Hasilnya seperti apa? Berhasilkah program itu? Ya, program konservasi tersebut berjalan lancar! Spesies kura-kura espanola yang hampir punah dulu, di mana jumlahnya hanya tersisa 15 ekor saja kini terhitung ada sekitar 2.000 kura-kura espanola yang tinggal di habitat asalnya. Wow, luar biasa! Dan yang lebih luar biasa lagi apa? Sekitar 40 persen spesies ini merupakan keturunan dari Diego.

Ya, tercatat sekitar 800 kura-kura espanola ini adalah anak dari Diego. Bertahun-tahun ia tinggal di kebun binatang dan kembali berkumpul bersama spesiesnya sekaligus menjadi pahlawan yang menyelamatkan spesies ini dari kepunahan.

Baca Juga: Hewan Quokka Australia yang Lucu dan Murah Senyum

Kita harus memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada mereka yang terlibat dalam program konservasi ini. Semoga di Indonesia pun program-program konservasi seperti badak bercula satu, harimau sumatera, dan lainnya dapat berjalan lancar juga.

Kini kura-kura espanola yang hampir punah sudah kembali ke habitat asal yakni di Pulau Espanola, dan sampai saat ini masih dilakukan pemantauan di alam aslinya. Salah satu orang yang ikut dalam proses konservasi mengatakan bahwa kura-kura ini jumlahnya semakin bertambah di alam liar. Artinya mereka bisa berkembang biak dengan baik di sana.

Nah, menyusul para kerabatnya yang sudah terlebih dahulu dikembalikan ke habitat asal yakni Pulau Espanola. Pada bulan maret kemarin Diego yang usianya sudah mencapai 100 tahun akhirnya kembali ke habitat aslinya juga. Ia akan menikamti masa-masa tua (ya masa pensiun lah kalau orang mah) bersama anak-anak, cucu dan cicitnya, hehehe 😀

Oke, itulah pembahasan singkat untuk mengenal kura-kura Espanola yang hapir punah. Semoga habitatnya tetap terjaga sehingga populasi kura-kura ini terus bertambah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.