Home Health 4 Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Lambung

4 Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Penyakit Lambung

Ilustrasi Orang yang Sedang Mengalami Sakit Lambung. image: pexels.com

Hitput.com – Gangguan pada organ dalam tubuh seperti lambung seringkali menjadi masalah yang dialami seseorang. Asam lambung dan Maag adalah dua gangguan pada lambung yang banyak penderitanya. Saat penyakit lambung kambuh, tentunya rasa sakit atau tidak nyaman akan dirasakan sangat mengganggu baik dalam menjalankan aktivitas berat atau yang ringan sekalipun.

Adapun penyebab gangguan pada lambung yang saya kutip dari hellosehat.com adalah pola makan yang tidak teratur. Kemudian pada gangguan maag bisa juga disebabkan oleh makanan berlemak, makanan pedas, makanan berminyak, dan makanan yang bersifat asam. Selain pola makan dan konsumsi makanan kurang sehat, ternyata stres yang berat pun bisa memicu gangguan lambung ini.

Nah, berbicara mengenai salah satu gangguan pada lambung yaitu maag, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi obat herbal. Tanaman herbal untuk penyakit lambung ini terbilang cukup banyak terutama di negara Indonesia yang kaya akan rempah-rempah.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa bahan alami atau tradisional. Setidaknya ada 4 tanaman herbal untuk penyakit lambung yang akan saya ulas.

Baca Juga: Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Daun Mint

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Lambung – Daun Mint. image: pexels.com

Tanaman herbal pertama ada daun mint, memang sudah dari dulu tanaman ini digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi gangguan pada pencernaan. Nah, sampai saat inipun khasiat dari daun mint masih dipercaya ampuh untuk meredakan gangguan pada lambung seperti sakit maag, mual, atau perut kembung.

Tapi perlu kamu perhatikan ya, apabila kamu menderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) maka obat herbal satu ini tidak dianjurkan ya!

Kunyit

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Lambung – Kunyit. image: pexels.com

Tanaman herbal untuk penyakit lambung berikutnya ada kunyit, ini sangat mudah dijumpai karena termasuk bumbu dapur yang pokok. Nah, kalau daun mint tidak disarankan bagi penderita GERD, maka kunyit ini yang lebih direkomendasikan buat kamu yang menderita gangguan lambung berupa GERD.

Bukan tanpa alasan, karena beberapa hasil penelitian sudah menyebutkan bahwa kunyit ini bisa membantu dalam mencegah peradangan pada lambung. Dalam penelitian itu menyatakan bahwa gejala gangguan lambung ini dapat diminimalisir menggunakan obat yang mengandung antiperadangan dan antioksidan. Dua kandungan tersebut ternyata bisa kamu dapatkan dari kunyit.

Ya, pada dasarnya kunyit ini mengandung polifenol senyawa antioksidan yang mana sifatnya sebagai anti peradangan. Senyawa tersebut jika dijadikan obat herbal maka dapat membantu meredakan gejala asam lambung.

Baca Juga: 6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Terbukti Ampuh!

Akar Manis

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Lambung – Akar Manis. image: pexels.com

Selanjutnya ada licorice atau dalam bahasa Indonesia-nya disebut akar manis. Ternyata tanaman herbal ini dapat mengatasi penyakit lambung. Pasalnya si licorice ini akan bekerja sebagai pelapis dinding pada lambung, dengan begitu lambung dapat terhindar dari iritasi yang diakibatkan oleh asam lambung.

Dengan mengkonsumsi secara teratur obat alami yang memiliki khasiat akar manis ini efektif dalam meredakan gejala radang lambung ataupun penyakit maag. Selain berkhasiat mengobati lambung, akar manis juga bisa mengatasi gangguan lainnya seperti sembelit, kemudian dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik dan menjaga tubuh agar tetap bugar.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan, Buktikan Sendiri!

Buah Nanas

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Lambung – Buah Nanas. image: pexels.com

Obat alami keempat ada buah nanas, kok bisa nanas? Kan nanas rasanya asam! Nah, meskipun nanas ini memiliki sifat asam namun nanas mengandung serat dan bromelain yang mana dapat memabantu perut tenang. Jadi, gejala seperti asam lambung atau perut kembung bisa diatasi dengan buah nanas.

Selain dalam bentuk obat dengan ekstrak buah nanas, kamu juga bisa mengkonsumsi jus nanas untuk mengatasi penyakit lambung ini.

Oke, itu saja dulu pembahasan mengenai tanaman herbal untuk penyakit lambung. Perlu kamu perhatikan, meskipun ada tanaman herbal atau apapun yang dipercaya dapat mengobati sakit lambung, namun konsultasi ke ahlinya tetap harus kamu lakukan. Karena bukan tidak mungkin obat herbal ini baik untuk gangguan organ A tapi tidak baik untuk gangguan organ B.

*Jadi, Konsultasi ke Dokter tetap harus dilakukan ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.