Home fresh Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi
Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi. image: pexels.com

Hitput.comTips Hidup Sehat di masa Pandemi Covid-19. Pandemi virus corona (Covid-19) masih menghantui khususnya di Indonesia. Pada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Sejak pemerintah mengumumkan adanya Covid-19 yang masuk ke Indonesia maka masyarakat diminta untuk tetap di rumah dan melakukan segala kegiatan dari rumah. Mulai dari bekerja dari rumah, ibadah dari rumah, belajar dari rumah, olahraga dari rumah, dan kegiatan lainnya harus dilakukan dari rumah.

Selama di rumah aja, banyak yang akhirnya sulit menjaga kesehatan. Bahkan bagi sebagian orang semenjak semua kegiatan dilakukan dari rumah justru merasa sering bermalas-malasan.

Kasus Positif Covid Masih Tinggi

Semakin hari semakin banyak kasus yang tercatat karena Covid-19 ini. Penyebaran yang sangat cepat membuat kita harus menjaga imunitas kita agar tidak terkena virus tersebut.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang harus dilakukan terutama di masa pandemic seperti sekarang ini. Menerapkan pola hidup sehat menjadi langkah awal yang bisa kamu tempuh agar tidak gampang terkena penyakit serta menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi

Di bawah ini, saya akan memberikan beberapa tips hidup sehat di masa Pandemi Covid-19 yang efektif untuk terhindar dari Covid-19:

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan hal yang wajib dilakukan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Di saat seperti ini, menerapkan hidup bersih dapat menghindarkan kita dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit, termasuk virus corona.

Cara paling sederhana dalam menjaga kebersihan di tengah pandemi ini yaitu dengan cara rajin mencuci tangan dan menyemprot barang-barang yang sering disentuh menggunakan disenfektan.

Mencuci tangan merupakan salah satu cara pencegahan virus corona. Pastikan selalu mencuci tangan setelah dari toilet, setelah batuk dan bersin, serta sebelum makan. Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau cairan pembersih yang mengandung alkohol dapat membantu menyingkirkan dan membunuh virus yang mungkin terdapat pada tangan.

Baca Juga: 6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Terbukti Ampuh!

Mengonsumsi makanan sehat

Ketika kamu menerapkan pola makan sehat, maka sistem imun tubuh kita akan tetap terjaga. Dengan demikian, tubuh pun akan terlindungi dari berbagai macam penyakit yang menyerang. Selain itu, dengan menjaga pola hidup yang sehat maka bisa terhindar dari virus corona.

Oleh karena itu kamu perlu untuk memperhatikan asupan makanan yang dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Ketika metabolisme terjaga, maka organ tubuh pun akan bekerja secara maksimal. Sehingga, kamu pun akan lebih sehat dan terhidar dari penyakit khususnya virus corona ini.

Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh.

Aktivitas fisik dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang rutin berolahraga lebih jarang terserang penyakit dibandingkan dengan orang yang jarang olahraga.

Hal ini disebabkan karena ketika kamu berolahraga, kinerja sel darah putih akan terangsang. Sel darah putih ini yang berfungsi sebagai antibody untuk melawan berbagai jenis kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, dengan aktif berolahraga juga dapat mengurangi hormon stress di tubuh dan memperbanyak hormon endorfin yang berguna sebagai obat penghilang sakit alami dan penyenang suasana hati.

Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat Olahraga Di Luar Rumah atau Alam Sekitar

Memakai masker

Di tengah pandemi Covid-19, menggunakan masker merupakan hal yang wajib dilakukan ketika bepergian keluar rumah demi mencegah penyebaran covid. Masker menjadi hal yang essensial karena mampu menangkal virus atau bakteri yang akan masuk ke dalam mulut atau hidung.

Dalam menggunakan masker pun harus memperhatikan kebersihan dan kelayakan masker yang kita pakai. Sebelum memakai masker pastikan tangan kita bersih, dan harus memperhatikan kondisi masker masih layak pakai atau sudah rusak.

Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di pasar, stasiun, terminal, dan tempat umum lainnya. Memakai masker terbukti menjadi cara paling efektif dalam mencegah penularan virus corona, yang utamanya menyebar lewat transmisi udara.

Jaga Jarak

Jaga jarak di tengah pandemi Covid-19 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi jumlah penyebaran virus. Kesadaran menjaga jarak fisik antar manusia menjadi faktor yang sangat menentukan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Jaga jarak sangatlah penting karena perpindahan virus dari hidung dan mulut sangatlah cepat, maka dari itu dianjurkan untuk menjaga jarak antara manusia.

Sesuai aturan WHO, jaga jarak antara manusia minimal 1 meter dari orang batuk atau bersin. Karena jika terlalu dekat, maka percikan virus tersebut bisa terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Jadi ketika kita menjaga jarak 1-2 meter maka aman dari penyebaran droplet. Droplet ini bersifat jatuh, artinya bisa menempel di mana saja. Baik itu pada telapak tangan, gagang pintu, laptop, tombol lift, tangga, bahkan juga menempel pada sisi luar masker.

Oleh karena itu Setiap orang perlu menerapkan jaga jarak dengan mengurangi pergi ke luar rumah dan menghindari kerumunan.

Penulis: Fia Afifah Oktafiani

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.