Home YourStories Wisata Pulau Bawean Gresik, Destinasi Indah Bak Surga Dunia

Wisata Pulau Bawean Gresik, Destinasi Indah Bak Surga Dunia

pulau bawean gresik
Wisata Pulau Bawean Gresik, destinasi wisata yang indah seperti surga dunia. Foto: travelspromo.com

Hitput.com – Sedang mencari destinasi wisata yang indah? Bosan liburan ke tempat yang itu-itu saja? Bagimana kalau liburan di sebuah pulau di tengah laut? Mungkin ini bisa menjadi pengalaman berlibur yang paling berkesan untuk kamu. Sebagai negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia tentu saja banyak pulau-pulau yang indah dan menawan yang harus dikunjungi, kalau kamu sudah pernah berkunjung ke pulau mana saja?

Di provinsi Jawa Timur tepatnya di kota Gresik sana ada pulau yang sangat indah dan sebagai traveler sejati tentu saja kamu harus berlibur kesana, pulau apa sih? Pulau ini bernama Pulau Bawean! Kalau kamu sangat menyukai wisata alam khususnya wisata bahari dijamin tidak akan menyesal datang kesini.

Wisata Pulau Bawean ini menjadi salah satu ikon kota Gresik, begitu banyak destinasi wisata yang ditawarkan yang bisa kamu kunjungi, penasaran apa saja wisata yang bisa kamu nikmati di pulau ini dan seperti apa rute perjalanan menu kesana? yuk simak ulasannya dibawah ini.

(Baca juga: 5 Tips Liburan Terbaik yang Bisa Dilakukan di Kota Malang, Travelers!)

Berenang di Danau Kastoba

Danau Kastoba di Pulau Bawean Gresik, wisata alam untuk liburan di akhir pekan. Foto: @baweantourism

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Danau Kastoba, letaknya berada di tengah-tengah Pulau Bawean itu sendiri. Kamu akan menikamati keindahan danau yang suasananya masih sangat alami, air yang jernih serta pepohonan yang rimbun disekeliling danau akan membuat kamu merasa tentram dan damai berada disana. Untuk sampai ke danau ini kamu harus jalan kaki kurang lebih 500 meter dari lokasi pertama kamu sampai, tapi tenang saja! Untuk jalurnya tidak sulit karena sudah dibuat jalur menuju kesana.

Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah sebuah kepercayaan yang berkembang disana bahwa wanita yang sedang datang bulan (haid) tidak diperbolehkan berkunjung ke Danau Kastoba ini, meskipun kamu menganggap hal ini sebagai mitos tapi sebaiknya kamu menghormati hal itu. Tenang saja, masih banyak tempat wisata lainnya yang tentu tak kalah indah.

(Baca juga: Mitos Cinta Tempat Wisata Yang Ada di Indonesia, Apa Saja? Simak di Sini!)

Pasir Putih di Pulau Gili

Keindahan Pulau Gili di dalam Pulau Bawean, wisata yang sedang hits. Foto: tempatwisataindonesia.id

Didalam pulau kok ada pulau? Ya begitulah faktanya, terdapat pulau-pulau kecil yang ada di Pulau Bawean Gresik ini, salah satunya adalah Pulau Gili. Pulau ini merupakan pulau paling besar diantara pulau-pulau lain yang ada di Bawean, dengan air laut berwarna biru muda serta pantai dengan pasir putih menjadi daya tarik tersendiri dari pulau Gili ini.

Di pulau Gili ini juga dihuni oleh penduduk, mata pencaharian utama tentu saja menjadi nelayan, maka dari itu kamu bisa berinteraksi juga dengan para nelayan. Selain itu, dipulau ini kamu akan lebih mudah menemukan fasilitas-fasilitas umum seperti kamar mandi atau tempat makan, kamu bisa menikmati menu sea food dengan bahan yang masih fresh tentunya.

Diving di Pulau Nako

Keindahan Pulau Nako di Bawean Gresik. Foto: @andrikilua

Pulau lain yang berada di area wisata Pulau Bawean Gresik yang saya rekomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Pulau Nako, lokasinya persis di seberang Pulau Gili. Karena masih tetanggaan jadi tidak terlalu berbeda dengan apa yang ada di Pulau Gili, namun di Pulau Nako ini memiliki spot menyelam yang sangat indah, hanya saja belum ada fasilitas yang memadai, jadi kalau kamu ingin diving atau snorkling harus membawa peralatan sendiri.

(Baca juga: Tempat Wisata di Indonesia Yang Bagus dan Murah)

Air Terjun Lacaar

Wisata air terjun Lacaar di Pulau Bawean. Foto: @tourbawean.id

Tak hanya wisata laut saja yang tersedia di Pulau Bawean Gresik ini, wisata alam seperti air terjun pun bisa kamu temukan disini, meskipun air terjun Lacaar ini tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 20 meteran namun akan memberikan suasana tersendiri.

Diantara bukit bebatuan yang tinggi menjulang terdapat air terjun tentu akan terlihat begitu indah, kalau kamu berkunjung kesini pastikan kamu memakai sepatu bukan sandal apalagi tidak memakai alas kaki, kenapa demikian? Karena jalur tempuhnya cukup jauh yaitu sekitar 1 kilometer dan tracking nya pun cukup berat.

Oke, itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu nikmati di Pulau Bawean Gresik, tentunya masih banyak lagi tempat-tempat lainnya yang belum saya ulas diartikel ini, tetapi tempat-tempat diatas merupakan tempat yang tidak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke sana.

Buy now

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.