Home Health Penyebab Benjolan di Gusi dan Tips Cara Merawat Kesehatan Gusi

Penyebab Benjolan di Gusi dan Tips Cara Merawat Kesehatan Gusi

Penyebab Benjolan di Gusi
Penyebab Benjolan di Gusi. image: pexels.com

Benjolan di Gusi – Area mulut termasuk area yang dihuni banyak sekali bakteri, oleh karenanya kita harus selalu menjaga kebersihan mulut. Jika tidak maka jangan heran sering sakit. Sakit yang paling sering dialami adalah sakit gigi dan juga gusi. Ya, meskipun benjolan di gusi mungkin sering diabaikan jika dibandingkan dengan sakit gigi. Padahal keduanya sama-sama tidak boleh disepelekan.

Nah, kalau berbicara soal benjolan di gusi sebenarnya apa saja sih penyebabnya. Kan dengan mengetahui penyebabnya maka bisa dilakukan pencegahan nantinya. Seperti pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”, hehehe.

Gingivitis atau Radang Gusi

Umumnya benjolan pada gusi disebabkan oleh radang gusi atau gingivitis. Radang tersebut dapat menjadi penyebab iritasi pada gusi, kemudian area gusi akan berwarna kemerahan, dan akhirnya terjadilah pembengkakan serta muncul benjolan pada gusi.

Kalau kamu merasa ada yang aneh dengan bagian gusi segera periksa ke ahlinya (dokter gigi). Jangan menganggap remeh ya, karena nantinya bisa menyebabkan sakit gusi yang lebih parah lagi. Bahkan bisa saja kamu kehilangan gigi karenanya.

Baca Juga: 6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Terbukti Ampuh!

Abses Gusi

Penyebab selanjutnya ada abses gusi. Seperti yang sudah saya singgung di awal paragraf jika area mulut ini terdapat banyak bakteri. Abses gusi ini ya akibat infeksi dari bakteri yang kemudian memunculkan nanah-nanah pada gusi, gigi, atau bagian tulang yang menahan gigi.

Jika kamu berada pada kondisi seperti ini maka segeralah pergi ke dokter gigi agar mendapatkan pertolongan pertama. Mau bagaimanapun abses ini cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Karena bukan tidak mungkin akan menyebar ke bagian tubuh lain dan menimbulkan rasa sakit di bagian tubuh lainnya itu.

Itu adalah penyebab umum terjadinya benjolan di gusi. Apakah hanya itu saja? Tidak juga, masih ada penyebab lainnya seperti mukokel dan oral lichen planus.

Selanjutnya saya ingin berbagi tips merawat kebersihan area mulut agar terhindar dari sakit gigi atau gusi. Karena kalau sudah mengalami sakit gigi nanti makan akan susah, tidurpun tidak nyenyak, dengar suara agak keras juga bisa merasakan nyeri yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan, Buktikan Sendiri!

Tips Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi

  1. Pertama, gosok gigi minimal 2 kali sehari (di pagi hari dan malam hari sebelum tidur). Sangat dianjurkan juga untuk membersihkan gigi menggunakan benang gigi.
  2. Kedua, berkumur-kumur menggunakan obat kumur setelah kamu menggosok gigi. Hal ini diharapkan dapat mencegah radang gusi dan menghilangkan plak pada gigi.
  3. Ketiga, lakukan pola hidup sehat dengan berhenti merokok. Ya, selain tidak baik bagi kesehatan organ dalam, merokok juga tidak baik bagi gigi kamu.
  4. Keempat, rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin c dan juga kalsium. Tujuannya tentu agar gusi lebih sehat. Konsumsi kalsium yang banyak juga karena bisa menguatkan gigi kamu tentunya.
  5. Kelima, jangan lupa untuk minum air putih sesuai kebutuhan tubuh terutama jika kamu habis makan. Karena setelah makan sisa-sisanya bisa menempel bahkan bisa nyangkut di sela-sela gigi. Jika hal itu terjadi nantinya bisa menjadi plak pada gigi. Oleh karenanya minumlah air putih setelah makan karena bisa membantu membersihkan sisa makanan.
  6. Keenam, pergilah ke doktor gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi. Lakukan pemeriksaan secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Ya, itulah beberapa penyebab benjolan di gusi serta tips untuk merawat kesehatan gigi dan gusi. Jika kamu rutin menggosok gigi, merawatnya dengan baik, periksa ke doktor gigi maka sakit gigi atau gusi sangat bisa dicegah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.