Home fresh Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Jalankan Bisnis Kopi Arabika Saja!

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Jalankan Bisnis Kopi Arabika Saja!

Ilustrasi Gambar Kopi Arabika, Peluang Bisnis Kopi Arabika (Image: cawenekopi)

Hitput.com – Potensi bisnis kopi dalam beberapa tahun mengalami peningkatan secara drastis. Hal ini diperlihatkan dengan begitu banyaknya coffee shop yang mulai bermunculan. Kondisi ini pun secara khusus memberi peluang besar bagi para pelaku bisnis kopi arabika. Apalagi, kopi arabika merupakan jenis kopi yang banyak disukai oleh para pecinta kopi.

Potensi kesuksesan bisnis kopi ini didasarkan pada peningkatan konsumsi kopi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), konsumsi kopi orang Indonesia pada zaman dulu hanya berada di angka 0,8 kg per kapita. Pada 2017, angka tersebut meningkat menjadi 1,2 kg per kapita. Pada 2018, diperkirakan terjadi peningkatan ke angka 1,4-1,5 kg per kapita.

Baca juga: Kamu Penikmat Kopi? Sudah Coba 3 Varian Kopi Luwak Berikut Ini, Belum?

Kopi arabika dan robusta merupakan jenis kopi yang familier di telinga masyarakat umum. Dari kedua jenis tersebut, menjalankan bisnis kopi arabika bakal lebih menjanjikan. Kopi arabika punya rasa yang lebih mild dibandingkan robusta. Kandungan kafein di dalamnya juga lebih rendah dibandingkan robusta. Sebagai buktinya, 70% komoditas kopi dunia adalah kopi arabika.

Tak cukup sampai di situ saja, jenis kopi arabika yang bisa dijumpai di pasaran pun jumlahnya sangat banyak. Bahkan, di Indonesia, masing-masing tempat punya jenis kopi arabika dengan cita rasa tersendiri, sebagai contoh, kopi arabika Gayo, kopi Kintamani, kopi arabika Java Ijen-Raung, dan lain-lain. Varietas tersebut memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis kopi arabika biasa, karena keunikan rasa yang dimilikinya.

Baca juga: Minum Tiga Cangkir Kopi Dalam Sehari Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Ini Studinya!

Peluang Bisnis Kopi Arabika

Setelah melihat begitu tingginya potensi kesuksesan dalam menjalankan bisnis kopi arabika, Anda tinggal memilih jenis usaha yang dijalankan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut 3 jenis usaha yang bisa Anda jalankan:

  1. Penyuplai biji kopi

    Opsi bisnis kopi arabika pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah menjadi penyuplai. Caranya cukup sederhana, Anda tinggal memasarkan kopi dalam bentuk biji ataupun bubuk. Biar keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar, usahakan untuk memberi secara langsung dari petani.

  2. Menjual kopi cold brew

    Kopi seduh dingin atau cold brew bisa jadi opsi bisnis kopi arabika yang menjanjikan selanjutnya. Kopi ini dibuat tanpa menggunakan air panas. Sebagai gantinya, teknik cold brew dilakukan dengan alat khusus. Keunggulan dari penggunaan teknik ini adalah, kopi dengan rasa yang kuat dan tak terlalu asam.

    https://www.homegrounds.co/guide-to-cold-brew-coffee

  3. Kedai kopi

    Opsi yang ketiga, Anda bisa memilih menjalankan bisnis kedai kopi yang secara khusus menyajikan kopi arabika dengan berbagai varietas. Bisnis kopi arabika yang satu ini memang memerlukan modal lebih banyak dibandingkan dengan 2 jenis usaha sebelumnya. Namun, potensi keuntungan yang bisa didapatkan juga tak kalah besar.

     

     

    Itulah 3 peluang bisnis kopi arabika yang bisa Anda jadikan langkah awal menjadi seorang pengusaha sukses. Dari ketiga opsi tersebut, mana yang menjadi pilihan Anda?

NO COMMENTS

Leave a Reply

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy