Home Ramadhan Resep Menu Sahur Anak Kos yang Sehat dan Praktis

Resep Menu Sahur Anak Kos yang Sehat dan Praktis

resep sahur anak kos
Ilustrasi gambar resep sahur anak kos. Foto: Pexels.com

Hitput.com – Kurang lebih selama dua tahun saya menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan dengan menjadi anak kos, harusnya Ramadhan ini pun demikian jika pandemi covid-19 tidak mewabah. Ya, karena saya sendiri sedang merantau untuk kuliah dan saat ini kegiatan perkuliahan sedang aktif-aktifnya! Tapi kondisi akhirnya memaksa kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah.

Kebanyakan mahasiswa akhirnya memutuskan untuk pulang kampung tetapi tak sedikit yang memilih tetap stay di kos, rata-rata si mereka yang tidak pulang asalnya dari daerah Jabodetabek khususnya kota Jakarta yang menjadi zona merah.

Tentunya tidak masalah juga mau menjalankan ibadah puasa di kos ataupun di rumah, hanya saja menu buka puasa atau sahur yang berbeda! Apa bedanya? Ya kalau dirumah kemungkinan banyak resep sahur dan buka yang bisa dipilih, selain itu yang masak juga ya ibu, kamu si paling bantu-bantu aja kan? Bantu do’a maksudnya, hehehe!

Nah, yang paling repot banget jadi anak kos adalah menentukan menu sahurnya, simpelnya sih memang beli di warung, tapi seringnya harus antri lama dan menu yang tersedia belum tentu disuka juga. Oleh karenanya resep menu sahur anak kos yang akan saya sajikan dibawah ini bisa kamu coba.

(Baca juga: 5 Resep Makanan Sahur Praktis yang Bisa Kalian Masak, Cepat dan Enak!)

Tips Memilih Menu Sahur Bagi Anak Kos

Sebelum ke resep sahur perlu diperhatikan terlebih dahulu makanan apa si yang cocok dikonsumsi saat sahur, saya paham kalau anak kos fokus utamanya pada makanan yang ekonomis, saya pun juga begitu, hehehe. Ya tidak salah namanya hidup merantau kan, tapi perlu diperhatikan juga makanan itu baik atau tidak untuk kesehatan tubuh.

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meminum air putih yang cukup ketika berbuka dan sahur, yang kedua usahakan mengkonsumsi buah dan sayur karena kandungan mineral dan vitaminnya penting bagi tubuh, ketiga tentunya harus tetap memenuhi asupan karbohidrat, protein, dan lemak baik juga.

Terakhir paling sering dilakukan anak kos adalah membuat aneka makanan dengan menggoreng, sebaiknya ini dihindari ya! Karena kandungan kalori dan lemak dari minyak goreng kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Resep Menu Sahur Anak Kos

Oke, sekarang pembahasan resepnya! Untuk resep sahur anak kos kali ini adalah “sayur sop jamur tahu”. Kenapa saya memilih menu itu? Alasannya adalah bahannya mudah di dapat dan masaknya bisa menggunakan rice cooker juga. Oke, langsung ke pembahasan bahan dan proses memasaknya ya.

Ilustrasi gambar resep sayur sop jamur tahu menu sahur anak kos. Image: Pexels.com

Bahan Bumbu:

  • Lada bubuk;
  • Penyedap rasa seperti (masako dan sasa);
  • Bumbu sop (kamu bisa cari yang sachet, ya sekarang kan semua serba praktis);
  • Garam secukupnya.

Bahan Sayur Sop:

  • Wortel;
  • Kentang;
  • Buncis;
  • Sawi putih;
  • Daun seledri;
  • Tahu;
  • Jamur (bisa diganti bakso);
  • Air secukupnya.

*Silahkan siapkan bahan sesuai kebutuhan, enaknya si kalo masak kaya gini patungan sama temen!

(Baca juga: Resep Tumis Buncis Telur Puyuh, Menu Sahur Praktis nan Sederhana)

Proses Memasak:

Ilustrasi gambar cara membuat sayur sop jamur tahu. Image: Pexels.com
  1. Siapkan semua bahan sayur sopnya, untuk sayurannya silahkan cuci terlebih dahulu ya! Setelah itu potong-potong ukurannya sesuai selera saja.
  2. Setelah itu silahkan rebus air terlebih dahulu, ini banyak atau sedikitnya air disesuaikan saja dengan porsi sayur sop yang ingin dibuat.
  3. Jika air sudah sedikit mendidih langsung masukkan buncis, sawi putih dan wortel. Tunggu beberapa saat -+ 2 menitaan lalu masukkan juga kentang dan sayur lain jika kamu ada.
  4. Tunggu sampai air benar-benar mendidih dan masukkan penyedap rasa, lada dan garam (secukupnya ya, nanti kamu bisa tes rasa biar pas),
  5. Kemudian masukkan tahu, jamur dan daun seledrinya ya!
  6. Tunggu -+ 5 menit dan tes rasa terlebih dahulu, jika sudah pas sayur sop jamur tahu pun siap disantap.

Ya, itulah resep menu sahur anak kos yang sehat dan praktis. Bahan-bahannya pun cukup mudah didapat dan harganya masih bersahabatlah ya. Silahkan buat kamu yang masih di kos bisa coba resep ini! Jangan lupa jaga kesehatan selalu ya 🙂

Buy now

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.