Home fresh Wisata Religi di Jakarta, Berkunjung ke Masjid Ikonik di Jakarta

Wisata Religi di Jakarta, Berkunjung ke Masjid Ikonik di Jakarta

Wisata Religi di Jakarta
Wisata Religi di Jakarta, Masjid Ikonik. image: instagram @endruw_art

Hitput.com – Wisata religi di Jakarta. Jika kamu ingin berwisata yang bernuansa islami di Jakarta, harus banget nih mengunjungi masjid-masjid ikonik di bawah ini.

Masjid sebagai bangunan tempat ibadah umat islam memang menjadikan bangunan ini begitu sering dikunjungi, utamanya untuk ibadah sholat lima waktu. Selain itu, masih ada fungsi lainnya seperti kajian, dakwah, dan lainnya. Tak terkecuali juga menjadi destinasi wisata religi.

Mungkin buat kamu yang tinggal di Jakarta sudah sering sekali mengunjungi masjid-masjid ini. Tapi, jika belum bisa baca-baca dulu nih ulasan singkatnya, ya, biar nanti tahu gambaran soal masjid-masjid tersebut.

Masjid Istiqlal

View Masjid Istiqlal dari atas. image: instagram @alivikry

Wisata religi di Jakarta pertama adalah Istiqlal. Dengan bangunan yang sangat megah dan besar membuat masjid Istiqlal menjadi masjid yang ikonik bukan hanya untuk Jakarta tapi Indonesia. Ya, kata Istiqlal sendiri memiliki arti kemerdekaan. Jadi masjid ini dibangun sebagai rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Bangunan masjid seluas 2,5 hektar dan luas keseluruhan wilayah masjid Istiqlal yang hampir mencapai 10 hektar. Tak heran, jika masjid ini pun termasuk ke dalam masjid terbesar di Asia Tenggara. Daya tampung dari masjid Istiqlal sendiri bisa memuat sekitar 5.000 orang.

Bagian dalam Masjid Istiqlal. image: instagram @khusumanusa

Di bagian dalam masjid terdapat 12 pilar atau tiang penyangga, sebagai simbol tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Terdiri dari 5 lantai, simbol dari rukun islam dan juga pancasila. Terdapat kubah dengan diameter 45 meter, simbol dari tahun kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Wisata Religi di Indonesia, Masjid dengan Bangunan Unik dan Megah

Masjid Cut Meutia

Bangunan Masjid Cut Meutia Tampak dari Luar. image: instagram @antoni.united

Yang kedua ada masjid Cut Meutia. Ini merupakan salah satu masjid tertua di kota Jakarta. Terlihat dari gaya arsitekturnya yang bernuansa era jaman Belanda. Buat kamu yang ingin berwisata religi di Jakarta terutama yang bernuansa islami. Harus memasukkan masjid Cut Meutia ke dalam list kunjungan nih.

Ya, barangkali penasaran seperti apa sih masjid dengan gaya arsitektur era Belanda. Karena bukan hanya bangunan luarnya saja, tapi bagian dalamnya pun kental sekali nuansa jaman Belandanya.

Arsitektur Bagian dalam Masjid Cut Meutia. image: instagram @isac_paris

Dari segi daya tampung mungkin tidak terlalu besar ya. Tapi buat kamu yang ingin singgah apabila dalam perjalanan sudah memasuki waktu sholat bisa banget. Nanti sembari beristirahat sebentar melihat-lihat juga bangunan masjid Cut Meutia ini.

Baca Juga: Destinasi Wisata Religi Pasca Pandemi yang Bisa Kamu Coba

Masjid Agung Al-Azhar

Masjid Agung Al-Azhar. image: instagram @hasymi_hamid

Selanjutnya ada masjid Agung Al-Azhar yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bangunan masjid ini cukup besar untuk menampung banyak orang. Lokasi masjidnya pun terbilang strategis karena dekat dengan kampus dan Senayan. Jadi, orang yang habis jalan-jalan atau belanja ke mall bisa mampir ke masjid Al-Azhar untuk beribadah.

Di masjid inipun sering sekali diadakan sebuah kajian-kajian. Namun, di masa pandemi covid-19 kegiatan tersebut ditiadakan terlebih dulu.

Oke, itulah ulasan mengenai tempat wisata religi di Jakarta, masjid ikonik yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Jika kamu mempunyai misi berkunjung ke masjid-masjid ikonik di Indonesia, maka tiga masjid tersebut harus dimasukkan juga ke dalam list tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.