Home Hitspiratif Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

menjaga imun tubuh
Ilustrasi gambar cara menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat. Foto: Pexels.com

Hitput.com – Sistem daya tahan tubuh atau yang dikenal dengan istilah imunitas merupakan salah satu hal terpenting berkaitan dengan kesehatan seseorang. Tentu saja perlu tugas ekstra untuk menjaga imun tubuh tetap baik agar kamu tidak mudah sakit nantinya. Selain itu sistem imun pada masing-masing individu berbeda-beda daya tahannya, ada yang sangat baik dan ada pula yang cukup lemah, hal ini bisa dari lahir atau karena faktor penyakit yang diderita sehingga imun tubuh semakin melemah.

Ada banyak cara menjaga imun tubuh agar tetap kuat, yang paling utama sebenarnya kembali ke pola hidup yang kamu jalani. Pola hidup yang tidak baik tentu saja dapat mengganggu sistem daya tahan yang kamu miliki. Maka dari itu disini saya akan sedikit mengulas mengenai cara menjaga imun tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, pola hidup yang seperti apa aja sih yang harus kamu lakukan? Berikut penjelasannya.

Mengkonsumsi sayur dan buah

Ilustrasi gambar sayuran dan buah untuk menjaga kekebalan tubuh. Foto: Pexels.com

Dari segi kesehatan rasanya kedua jenis makanan ini memang paling banyak khasiatnya, sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan vitamin, mineral serta nutrisi yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi sayur dan buah dengan rutin akan mengurangi resiko mudah terkena penyakit.

Ya, vitamin dan mineral serta nutrisi yang terkandung didalamnya tentu akan menguatkan sistem imunitas tubuh kamu, hal tersebut tentunya membantu dalam menghadapi virus atau bakteri yang menyerang. Selain untuk imun masih banyak juga manfaat lain dari buah dan sayur ini, maka dari itu jangan malas mengkonsumsi makanan yang bahannya sayur atau buah.

(Baca juga: Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran Dapat Meningkatkan Kebahagiaan)

Olahraga Secara Teratur

Ilustrasi gambar berolahraga dapat menjaga imunitas tubuh kita. Foto: Pexels.com

Selain mengkonsumsi makanan sehat, salah satu pola hidup sehat untuk menjaga imunitas tubuh adalah berolahraga secara teratur. Idealnya kamu melakukan olahraga setiap hari kurang lebih 30 menit, ya ngga perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan saja misalnya jalan kaki dan sebagainya. Jika tidak ada waktu olahraga setiap hari ya minimal 3 kali dalam seminggu meluangkan waktunya untuk olahraga.

Banyak sekali manfaat dari olahraga ini terutama untuk kehidupan masa tuamu nanti, saya pernah mendengar cerita dari seorang perempuan berusia 55 tahun yang masih terlihat seperti usia 20-an. Beliau bercerita kuncinya ya rutin olahraga saja ngga perlu pakai hal-hal aneh untuk merawat tubuhnya.

(Baca juga: Ini Dia 6 Manfaat Olahraga Di Luar Rumah atau Alam Sekitar)

Istirahat yang cukup

Ilustrasi gambar beristirahat yang cukup untuk menjaga imunitas tubuh. Foto: Pexels.com

Kamu pasti sudah tahu kan waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa itu sekitar 7-8 jam, sementara bagi para remaja butuh lebih banyak lagi sekitar 9-10 jam. Nah, waktu tidur yang tidak mencukupi ini bisa menyebabkan turunnya imunitas tubuh kamu.

Berkaitan dengan waktu tidur ini sebenarnya banyak perdebatan, dalam artian waktu tidur itu tergantung kualitas tidurnya. Jika tidur 8 jam tetapi tidak nyenyak ya sama saja tidak baik, tetapi kurang dari 8 jam namun kamu tidur dengan nyenyak dan begitu bangun badan terasa fresh itu bukan masalah.

Maka salah satu tips agar kamu bisa tidur dengan nyenyak adalah mendengarkan instrumen musik klasik yang menenangkan, bagi kamu yang muslim bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an atau sholawat. Istirahat yang cukup ini tentunya sangat membantu dalam menjaga imun tubuh kamu tetap baik.

Berdamai dengan Stres

Ilustrasi gambar dengan bersantai dapat menghilangkan stres dan mental kita menjadi sehat. Foto: Pexels.com

Tak bisa dipungkiri bahwa stres ini sudah menjadi bagian hidup setiap orang, kamu pasti sering mengalami stres begitupun dengan saya, hehehe. Kuncinya terpenting dari stres ini adalah bagaimana respon yang kamu lakukan, jika kamu mencoba menghindar atau mengabaikan seakan-akan itu tidak pernah terjadi justru akan menambah parah. Kesehatan mental itu sangat penting dan jangan diabaikan!

Berdamailah dengan stressor (sumber stres), jika dirasa belum bisa kamu bisa melakukan emotional focused coping dengan menenangkan diri terlebih dahulu misalnya mendengarkan atau bermain musik, tidur, jalan-jalan, nonton film, ataupun melakukan aktifitas di dalam rumah seperti mendekorasi kamar, dan lainnya.

Tetapi jangan lupa untuk kembali ke sumber masalahnya, banyak orang yang melakukan pengalihan tetapi jatuhnya justru mengabaikan. Banyak cara agar hidup kamu bahagia terhindar dari stres kalau kamu serius menjalankannya.

Stres yang kamu derita apalagi dalam waktu yang relaif lama, tentunya hal tersebut akan meningkatkan hormon kortisol yang mana bisa mengakibatkan penurunan sistem imunitas tubuh kamu. Jadi, jangan pernah lari dari masalah, dari masalah kamu akan tahu rasanya berjuang, dan tahu bahwa masalah datang untuk diselesaikan bukan diabaikan. Yuk tingkatkan awareness pada diri kita sekarang juga.

Itulah beberapa tips untuk menjaga imun tubuh kamu agar tidak mudah sakit. Jagalah kesehatan diri kita masing-masing karena hanya diri kitalah yang tau batasan dari tubuh itu sendiri. Tetap hidup sehat, karena penyakit ataupun virus seperti virus Corona yang sedang merebak di beberapa negara ini semakin mengkhawatirkan. Semoga kita terhindar dari segala penyakit dengan selalu menjaga kesehatan ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.