Home Hitfood 3 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Menangkal Virus Corona

3 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Menangkal Virus Corona

manfaat jahe
Ilustrasi gambar manfaat jahe untuk kesehatan. Foto: Pexels.com

Hitput.com – Bagi kamu yang hobi dengan dunia masak-memasak tentu sangat familiar dengan rempah jahe, tetapi orang awam sering salah dalam membedakan antara jahe, kencur, lengkuas dan kunyit. Kalau laki-laki sih masih agak maklum ya, tetapi kalau perempuan tidak bisa membedakan bisa-bisa dicoret dari daftar mantu idaman, hehehe.

Identiknya jahe ini memang digunakan sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma khas, tetapi nyatanya banyak manfaat dari jahe untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, sejak jaman dulu sudah banyak jamu atau minuman tradisional yang memanfaatkan jahe ini. Faktanya memang banyak khasiat yang bisa kamu dapatkan dari jahe, tentunya kamu harus mengkonsumsi secara rutin agar bisa mendapatkan khasiatnya.

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat jahe untuk kesehatan yang sudah terbukti karena telah dilakukan penelitian mengenai hal itu. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi olahan jahe, simak ulasannya dibawah ini ya!

(Baca juga: 5 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyakit Kronis)

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi gambar manfaat konsumsi minuman jahe untuk kekebalan tubuh. Foto: Pexels.com

Jika kamu mengkonsumsi jahe secara teratur bisa memperkuat sistem imunitas tubuh loh, hal ini dikarenakan jahe mengandung zat magnesium serta vitamin C yang cukup banyak. Kamu bisa membuat wedang jahe madu hangat sehingga bisa dinikmati setiap hari, sangat cocok jika dikonsumsi setelah pulang kerja saat sedang lelah, tubuh akan terasa hangat dan segar.

Selain itu, masih ada zat lain yang terkandung dalam jahe. Zat seperti zingerones, gingerols, dan shogaols ini memberikan manfaat sebagai antioksidan yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menangkal Infeksi Virus dan Bakteri

Manfaat jahe untuk kesehatan berikutnya adalah melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri. Pada dasarnya jika sistem kekebalan tubuh kamu kuat maka akan semakin bagus pula dalam menghalau berbagai bakteri ataupun virus. Pada jahe sendiri terdapat pula zat gingerol yang dipercaya ampuh dalam menghambat infeksi dari bakteri, misalnya bakteri E. coli, bakteri shigela, dan lainnya.

Minum jahe secara rutin dipercaya juga dapat mengurangi stres dan mencegah kerusakan DNA. Selain itu, bisa memulihkan tubuh dari serangan flu atau pilek, luar biasa bukan manfaatnya?

(Baca juga: Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun Untuk Tubuh, Wajib Tau!)

Mengatasi Masalah Pencernaan

Ilustrasi gambar khasiat jahe untuk masalah perncernaan tubuh. Foto: Pexels.com

Memiliki kandungan zat phenolic dapat membantu meredakan gejala iritasi gastrointestinal, memperlancar pergerakan makanan serta minuman dalam organ pencernaan, dapat menstimulasi air liur, dan dapat memberikan pencegahan agar tidak terjadi konstraksi pada perut. Dengan demikian jahe memberikan manfaat besar bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh kamu.

Jika kamu kesulitan mengeluarkan gas berlebih pada tubuh maka dengan mengkonsumsi jahe ini bisa menjadi solusi.

Meredakan Nyeri Saat Sedang Haid

Ilustrasi gambar wanita sedang mengalami nyeri ketika haid dan manfaat jahe untuk mengatasinya. Foto: Pexels.com

Ya, seringkali seorang wanita yang sedang mengalami haid/menstruasi akan merasakan nyeri yang cukup sakit dirasakan. Hal ini pula yang menjadi salah satu pemicu wanita mudah marah saat sedang datang bulan. Nah, buat kalian para wanita bisa mencoba mengkonsumsi minuman jahe yang dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri tersebut.

Sudah banyak juga penelitian yang dilakukan berkaitan dengan hal itu, jadi tidak perlu khawatir atas kebenarannya. Minumlah air jahe minimal 4 gelas dalam sehari di hari-hari pertama menstruasi, langkah tersebut dipercaya ampuh untuk meminimalisir efek nyeri yang dirasakan.

Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan, masih banyak manfaat lainnya yang belum tersampaikan pada artikel diatas. Tetapi jika kamu ingin mengkonsumsi jahe secara rutin untuk kepentingan kesehatan maka lebih baik melakukan konsultasi kepada ahlinya (dokter) terlebih dahulu, ya meskipun sudah banyak penelitian namun perlu juga bertanya pada dokter.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.