Home Hitfood 4 Makanan Khas Lampung Unik dan Enak yang Wajib Kamu Coba, Penasaran?

4 Makanan Khas Lampung Unik dan Enak yang Wajib Kamu Coba, Penasaran?

4 Makanan Enak Khas Lampung Yang Wajib Kamu Coba, Gulai Taboh
4 Makanan Enak Khas Lampung Yang Wajib Kamu Coba (image: pesona.travel)

Hitput.com – Jika mendengar kata Lampung, apa yang ada dipikiranmu? Penangkaran gajah di Way Kambas, Teluk Kiluan atau Pantai Pahawang? Nah, selain banyak tempat wisata yang terkenal, ternyata Lampung memiliki beragam makanan unik yang perlu kamu coba saat berkunjung. Berikut ini empat makanan khas Lampung enak dan unik yang bisa kamu jadwalkan untuk mencicipinya.

Umbu

Makanan khas kota Lampung yang unik ini berbahan dasar rotan muda seperti rebung (bambu muda). Proses memasaknya pun sangat sederhana: cukup masak rotan sampai lunak.

Padahal, Umbu sudah menjadi makanan sehari-hari yang dikonsumsi oleh masyarakat di Lampung. Biasanya sebagai sayuran segar atau sebagai tambahan untuk memasak sayuran tumis. Namun, keberadaan rotan yang langka menjadikannya sebagai salah satu masakan dengan harga yang relatif tinggi atau hanya disajikan pada acara-acara besar.

Baca Juga: Atung, Bakmi Yamin dan Surga yang Tersembunyi

Seruit

Jika kawan Hitput adalah pecinta hidangan berbahan dasar ikan, camilan ini merupakan pilihan yang tepat. Biasanya, ikan yang berasal dari sungai yang diolah, seperti ikan Baung dan Balide. Ikan bakaran disajikan dengan berbagai jenis saus lampung seperti Tempoyak.

Seruit adalah makanan yang dikonsumsi setiap hari oleh penduduk Lampung, serta hidangan yang disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan, acara tradisional dan acara keagamaan.

Gulai Taboh

Hidangan ikan lain yang bisa kamu cicipi di Lampung adalah Gulai Taboh. Jika biasanya gulai ikan banyak menggunakan ikan sungai, Gulai Taboh umumnya menggunakan ikan laut.

Proses memasak dilakukan dengan mencampurkan ikan dengan santan, rebung, kacang panjang dan kacang lainnya. Kamu juga bisa menambahkan kentang, daun sirih atau terasi jika ingin mencicipi rasa yang berbeda dari Gulai Taboh. Hidangan terkenal di kota Lampung ini cocok untuk dimakan dengan nasi hangat.

Baca juga: Ini Dia 5 Cara Mengatasi Makan Berlebihan Agar Tubuh Kita Tetap Bugar

Gabing

Jika umbu terbuat dari rotan, Gabing ini menggunakan batang kelapa muda sebagai bahan utamanya. Tidak jauh berbeda dengan umbu, batang kelapa muda dipotong terlebih dahulu, dengan panjang rata-rata 3 sampai 4 cm, kemudian dimasak sampai lunak. Selain itu, santan kelapa yang sudah matang juga bisa dicampur dengan bumbu secukupnya.

Selain makanan unik di Lampung, ada juga berbagai makanan ringan yang bisa dijadikan oleh-oleh, seperti keripik pisang, kue pisang, kemplang, geguduh dan durian Lempok. Jangan lupa untuk mencoba salah satu makanan yang disebutkan di atas ketika Anda mengunjungi Lampung, ya kawan Hitput!

Itulah 4 makanan unik khas lampung yang siap mengisi perut kosong Anda. Semoga bermanfaat!

Buy now

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.