Home fresh Pilihan Susu Ibu Menyusui dan Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi

Pilihan Susu Ibu Menyusui dan Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi

Pilihan Susu Ibu Menyusui
Pilihan Susu Ibu Menyusui. image: pexels.com

Pilihan Susu Ibu Menyusui – Kata siapa seorang ibu setelah melahirkan bisa bebas makan apa saja. Justru makanan sehat untuk ibu menyusui sangat penting nih moms setelah melahirkan, hal ini sangat berpengaruh pada kualitas ASI.

Bukan hanya makanan tetapi pilihan susu ibu menyusi pun tak kalah pentingnya. Intinya perlu diingat, apa yang dikonsumsi sang ibu, itulah yang menjadi ASI atau makanan bagi si bayi.

Seperti diketahui, bayi yang berusia 6 bulan hanya boleh minum ASI saja. Setelah 6 bulan sampai 2 tahun, barulah bisa diberikan makanan pendamping ASI atau istilahnya MPASI.

Untuk membantu ibu mengonsumsi makanan sehat, berikut beberapa menu atau makanan yang baik untuk ibu menyusui, disimak ya Moms!

1. Susu Rendah Lemak

Perlu dipahami jika susu dengan rendah lemak sangat penting dikonsumsi oleh ibu menyusui, hal ini dikarenakan susu banyak mengandung manfaat kalsium untuk ibu menyusui. Susu juga kaya akan protein, vitamin B dan juga vitamin D.

Ketika menyusui jangan lupa untuk mengonsumsi susu setiap harinya, hal ini akan membantu tumbuh dan kembang bayi. Pertumbuhan tulang bayi pun akan terpenuhi dengan mengonsumsi susu.

Beruntunglah saat ini sudah banyak produk pilihan susu ibu menyusui. Jadi buat para moms yang sedang menyusui anak tak perlu pusing-pusing mencari susu rendah lemak di mana. Di supermarket-supermarket pun sudah banyak dijual.

Baca Juga: Cara Tepat Membatasi Anak Bermain Gadget, Cek ya Mom’s

2. Ikan Salmon

Salah satu ikan yang jika dikonsumsi oleh ibu bisa menyehatkan dan dapat mencerdaskan anak adalah ikan salmon. Ikan salmon kaya akan DHA (docosahexanoic acid). DHA tersebut bermanfaat untuk tubuh bayi terutama dalam membantu perkembangan sistem syarafnya.

Memang selama ini ASI telah mengandung DHA, namun DHA yang ada di dalam ikan salmon lebih tinggi dibandingkan dengan ASI.

3. Keju Dipasteurisasi

Keju yang telah dipasteurisasi bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Alasannya adalah keju produk olahan susu kaya akan kalsium. Selama ini kalsium dipercaya dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi manusia.

Mengonsumsi 50 gram keju setiap harinya bisa bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

4. Yoghurt

Manfaat yoghurt untuk ibu menyusui telah banyak diketahui dalam dunia medis terutama untuk organ pencernaan. Yoghurt membantu usus dalam mencerna makanan dan melancarkan BAB sehingga racun yang ada di dalam usus akan terbuang bersama BAB tersebut.

Yoghurt jika dikonsumsi oleh ibu menyusui sangat bermanfaat sekali, selain rendah lemak yoghurt bermanfaat untuk tulang ibu dan juga tulang bayi. Hal itu dikarenakan produk olahan.

Baca Juga: Lucunya Nasi Tumpeng Karakter Untuk Acara Ulang Tahun Si Kecil, Moms!

5. Daging Sapi

Daging sapi juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal itu dikarenakan daging sapi kaya akan manfaatnya. Ibu menyusui dan memiliki bayi rentan untuk terkena anemia. Jika ibu terkena anemia, ibu akan mudah lelah dan mudah stres.

Saat stres produksi ASI ibu akan menurun sehingga bayi tidak mendapatkan cukup ASI. Mengonsumsi 100 gram daging sapi tanpa lemak setiap harinya bisa memperbaiki kandungan zat besi pada tubuh ibu.

6. Kacang Merah

Makanan yang penting untuk ibu menyusui lainnya adalah kacang merah. Kacang merah kaya akan protein dan juga kaya akan zat besi, karena dapat menghindarkan ibu dan bayi terkena anemia. Selain itu protein juga bermanfaat untuk pengganti sel bayi yang rusak.

7. Kacang Hijau

Selama ini kacang hijau telah dikenal sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Segenggam kacang hijau yang telah direbus dan dikonsumsi setiap harinya sangat berguna untuk ibu menyusui karena dapat melancarkan ASI. Usahakan untuk meminum air rebusan kacang hijau bersamaan dengan kacang hijaunya.

Baca juga: Bumil, Ini Dia Tips Mencegah Rasa Tidak Nyaman Ketika Hamil

8. Kuning Telur

Kuning telur merupakan makanan bergizi bagi ibu yang sedang menyusui. Pada kuning telur mengandung banyak gizi terutama vitamin D. Vitamin D pada telur bermanfaat dalam menjaga tulang ibu menjadi kuat dan menghindarkan dari pengeroposan tulang.

Kuning telur juga kaya akan protein. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kuning telur dalam kondisi setengah matang. Karena dalam kuning telur setengah matang, akan terdapat banyak bakteri salmonella.

9. Beras Merah

Ibu yang merasa dirinya terlalu gemuk sehabis melahirkan dan menyusui bisa mengganti beras putih dengan beras merah. Diet glukosa bisa digunakan untuk mengurangi berat badan ibu untuk menghindari bahaya obesitas bagi ibu menyusui.

Nasi putih selama ini dikenal mengandung glukosa yang tinggi, oleh sebab itulah ibu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Meski rendah glukosa kandungan karbohidrat pada nasi merah sangat tinggi sehingga cukup untuk memberikan energi pada ibu menyusui dan tidak membuat ibu bertambah gemuk.

10. Roti Gandum

Makanan bergizi yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah roti gandum. Roti ini kaya akan serat sehingga membuat kenyang lebih lama dan sehat juga loh. Serat pada roti ini bisa membuat bayi juga kenyang lebih lama dan menyehatkan pencernaan bayi. Mengonsumsi roti ini juga bisa menghindarkan bayi dari sembelit.

11. Bayam

Sayuran Bayam juga kaya akan asam folat. Mengonsumsi sayuran bayam setiap hari dapat mencerdaskan otak bayi. Di dalam bayam juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah ibu dari anemia. Anemia saat menyusui dapat mengurangi produksi ASI ibu dan bisa membuat ibu mudah kelelahan.

12. Air Putih

Air putih tergolong minuman yang wajib diminum setiap harinya. Bagi ibu menyusui, semua makanan yang baik dikonsumsi saat menyusui tidak akan bekerja secara maksimal jika tidak diimbangi dengan mengonsumsi cukup air putih.

Hal ini dikarenakan air putih bisa melancarkan oksigen di dalam tubuh manusia. Oksigen diperlukan dalam pemecahan zat makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Kekurangan oksigen membuat pemecahan zat makanan di dalam tubuh manusia menjadi lambat.

Semoga tips diatas bisa semakin diperhatikan ya Moms, karena bagaimanapun makanan sehat untuk ibu menyusui sangat penting untuk perkembangan bayi kedepannya. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.