Home YourStories Model Kebaya Hijab Modern Untuk Acara Pernikahan, Simpel dan Stylish

Model Kebaya Hijab Modern Untuk Acara Pernikahan, Simpel dan Stylish

Ilustrasi gambar kebaya hijab modern yang cocok untuk acara pernikahan. Foto: @citraciki

Hitput.com – Sebagai negara yang kaya akan suku, budaya dan bahasa, negara Indonesia memiliki banyak sekali ragam pakaian khas yang berbeda-beda dan tentunya mempunyai keunikan di setiap daerah, namun terdapat salah satu pakaian khusus yang menjadi ciri khas untuk perempuan Indonesia yaitu kebaya.

Pakaian tradisional ini sudah ada sejak jaman kerajaan dulu, dengan penampilan yang sederhana namun tetap memberikan kesan menawan membuat pakaian ini masih digemari sampai sekarang. Oleh karena masih tingginya minat terhadap pakaian kebaya maka sudah banyak bermunculan juga berbagai model kebaya modern yang tentunya akan membuat penampilan seorang perempuan lebih cantik lagi.

Ilustrasi gambar model kebaya hijab modern. Foto: @citraciki

Selain desain modern, saat ini juga sudah banyak desain kebaya yang dikombinasikan dengan hijab. Trend pakaian kebaya sendiri sekarang ini sangat identik dengan acara pernikahan, baik itu mempelai wanita ataupun para tamu perempuan yang menghadiri acara pernikahan tersebut kebanyakan memakai busana kebaya dengan model yang beragam.

(Baca juga: INI DIA 3 JENIS KAIN KEBAYA YANG COCOK UNTUK ACARA LAMARANMU!)

Kebaya ini menjadi busana favorit para pengantin wanita karena tampilan sederhana namun tetap memberikan kesan yang anggun, bahkan saat ini bisa dikatakan jika kebaya menjadi pakaian wajib untuk mempelai wanita dalam sebuah pernikahan. Entah itu masyaratkat biasa, artis, ataupun anak pejabat akan mengenakan kebaya sebagai busana acara pernikahan.

Di tahun 2020 nanti tentu akan bermunculan model kebaya termasuk model kebaya hijab modern, dengan memadukan beberapa unsur seperti tradisonal, islami, dan modern. Dengan desain yang lebih modern dan dapat dikombinasikan dengan hijab membuat kebaya menjadi salah satu pakaian yang sering sekali digunakan oleh perempuan muslimah baik itu untuk menghadiri acara yang formal ataupun non formal.

Ilustrasi gambar model kebaya hijab modern simpel dan stylish. Foto: @citraciki

Yang menjadi ciri khas kebaya hijab ini adalah motif kebaya yang lebih sederhana serta tidak terlalu banyak kombinasi warna. Selain itu, model kebaya hijab memiliki ukuran yang lebih besar (longgar) jika dibandingkan dengan kebaya pada umumnya.

Tentu hal ini dimaksudkan agar pakaian kebaya tidak membuat seorang wanita muslimah menampakkan bentuk dan lekuk tubuhnya. Tambahan lainnya adalah kain yang dijahit sebagai pelapis kebaya untuk mengantisipasi kain kebaya yang tidak terlalu tebal sehingga tidak transparan.

Nah, jika kamu ingin melaksanakan pernikahan dengan memakai kebaya hijab, dibawah ini saya berikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar desain kebaya hijab menjadi busana yang sempurna di hari istimewa kamu.

(Baca juga: 3 REKOMENDASI RESTORAN UNIK DI JAKARTA UNTUK TEMPAT PERNIKAHANMU!)

Kebaya berbahan tebal dan Tidak Terlalu Ketat

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran kebaya tersebut tidak ketat dan bahannya tidak terlalu tipis. Maka lebih baik jika kamu mendatangi butik khusus yang membuat atau menyewakan kebaya hijab, dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi kebayanya transparan dan akan membentuk lekuk tubuh.

Sesuaikan model dan warna kebaya dengan tema dan dekorasi

Desain kebaya hijab seperti apa yang akan kamu pakai alangkah lebih baiknya jika disesuaikan dengan konsep/tema pernikahan kamu, jangan lupa juga untuk mencocokkan warna kebaya dengan dekorasi. Hal tersebut dimaksudkan agar penampilan kamu menjadi lebih artistik dan menambah kesan elegan saat duduk di pelaminan nanti, hehehe.

Sementara untuk bawahannya kamu bisa menggunakan kain bahan satin atau lainnya yang memiliki tekstur halus. Namun jika kamu ingin menonjolkan segi tradisionalnya maka kamu bisa menggunakan rok dengan kain bermotif batik, kain songket, kain tenun, dan lainnya.

Kemudian untuk warna hijabnya kamu bisa mengenakan hijab dengan warna netral seperti putih atau hitam, tapi jika ingin penampilannya lebih serasi maka pilih warna yang sesuai dengan kebaya yang dikenakan.

Model Kebaya yang Menutup Sempurna

Dalam memilih model kebaya untuk pernikahan usahakan kamu memilih model kebaya yang tertutup sempurna misalkan kebaya yang memiliki kancing dibagian depan atau memiliki resleting dibagian belakang. Memang desain satu ini merupakan ciri khas dari kreasi kebaya modern.

Ya, sampai disini dulu pembahasan mengenai model kebaya hijab modern untuk acara pernikahan. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa menentukan model busana kebaya yang cocok untuk resepsi pernikahan kamu nanti, untuk hari yang istimewa tentunya kamu mengharapkan penampilan kamu istimewa pula, hehehe.

Buy now

21 COMMENTS

  1. Saya jadi ingat jaman lamaran dan pernikahan saya beberapa tahun lalu, saya juga menggunakan hijab kebaya, dengan model kebaya yang simpel dan menggunakan bahan yang adem di kulit. Saya menggunakan warna putih untuk pernikahan dan warna merah untuk lamaran. Indonesia banget gak tuh.

  2. Seneng yaaa sekarang kebaya udah banyak model dan inspirasi dari hijaber berkebaya. Kalo dulu itu rasanya mikirin mau jahit kebaya itu susaaaah banget. Sekarang udah bertebaran model, warna, jenis kain, dan motifnya di Instagram. Seneng deh jahit kebaya.

  3. Ngeliat semua post ciki kemarin pas dia nikah emang bikin mupeng ya Mba. Mulai dari gaun dan juga inspirasi hijab dan kebayanya. Hihi bisa dicontek banget ini buat acara nikahan keluarga ya 😘

  4. Hahaha, bener banget mba, udah cantik pakai kebaya dengan desain modern makin plus-plus deh cantiknya. Pas juga kalo mau buat seragaman acara pernikahan, yang perempuan-perempuan pake kebaya yang laki-laki pakai batik, Indonesia banget kan 😍

  5. Kebaya bagi Muslimah modelnya sekarang banyak banget. Tetap Indonesia sih kataku. Model kutubaru pun bisalah disesuaikan. Biar perancang busana aja yang ngulik, trus kita pesan. Haha…Aku suka tuh warna-warna pastel gitu. Sayangnya, kalo aku bercermin dan difoto, aku tuh tampak besar pakai warna muda. Hiks…

  6. seneng deh kalau bisa punya kebaya yang memang dirancang untuk yang berhijab, model yang simpel dan tidak ribet. Apalagi kalau masih punya batita yang perlu digendong. Butuh banget pakaian yang simpel

  7. Semakin kreatif saja kebaya … apalagi kebaya perwakilan kebudayaan bangsa sendiri… semoga banyak aja yg make kaum hawa… dan semakin PD pakai kebaya.. kalau kami di bayak, kebaya sudah familiar digunakan

  8. Kebaya memang menjadi pakaian wajib bagi pengantin, namun kadang banyak yang beranggapan kalo kebaya itu kuno.

    Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi model kebaya pun ikut menyesuaikan. Banyak desain kebaya yang modern yang tetap anggun saat dipakai pada zaman modern saat ini

  9. Kebaya berhijab merupakan sebuah akulturasi budaya. Antara budaya Islam dengan budaya Jawa. Bersykur ya, para hijaber bisa mengenalan kebaya tanpa mencopot hijabnya.

  10. Sekarang sudah banyak varian kebaya yang dimodifikasi sesuai kebutuhan pemakainya ya. Intinya di kebaya dengan hijab, menurut hemat saya, adalah pakaian yang menutup dan longgar.

    Di kampus saya banyak yang pakai kebaya hijab ini, terutama ketika wisuda

  11. Meskipun ingin tampil cantik,tentu harus disesuaikan juga dong ya.
    Terlebih lagi saat menggunakan kebaya bagi yang sudah berhijab.
    Karena dari yang kebanyakan saya lihat,masih ada beberapa yang terlihat lekuk tubuhnya.
    Memang untuk kebaya itu sendiri tidak terlihat transparan tapi yang namanya lekuk tubuh terlihat rasanya kurang enak dilihat
    Seperti baru baru ini ditelevisi, memang berhijab tapi kebayanya press body.
    Tentu lekukan lekukan begitu sangat kontras terlihat

  12. Wah kenapa banyak komn gaun pengantin? wkwkwkwk jadi baper duh

    Apapun itu, OK saja sih kebaya hijab. Asal sesuai syariat. Bagi yang tak sesuai syariat ya gpp namanya mungkin berproses. Yang bahaya itu yang tahu dan yakin tapi melanggar, kalo karena masih ketidak tahuan dan belum meyakini ya semoga dapat berproses.

    Jadi nanti calon istriku pakk kebaya yang mana ya? hmmmm

    • Maafkan, aku blank ttg fashion ya Kak.

      Daku setuju ma pendapat mas Ridwan. Semoga kita dijauhkan dari sikap sebagian orang yang asal menjudge pakaian orang lain, padahal belum tahu perjalanan hidupnya.

  13. Dunia fashion terus berkembang ya, jadi pakaian yang syari semakin mudah di dapat. Termasuk model kebaya dengan perpaduan syari dan budaya. Semakin terlihat menawan nih.

  14. Ada satu hal yang ingin saya tanyakan terkait hijab. Terlebih untuk hijab dengan kain tebal. Kalau pakai hijab atau kerudung, pendengaran jadi berkurang gak ? Kan telinga tertutup kain ?

  15. Ya ngga sampe kaya orang budeg juga mas walaupun ketutupan kain, kalo ada cewe pake jilbab terus dipanggil diam aja maka kemungkinan terbesar dia lagi make headset (ini kasusnya banyak ditemui pada siswi atau mahasiswi yang lagi ngga mood dengerin materi dari guru, wkwkwk), jadi bukan ngga denger karena pake hijab ya, hahaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.