Home Health Penyebab Mata Panda Bukan Hanya Kurang Tidur! Apa Saja?

Penyebab Mata Panda Bukan Hanya Kurang Tidur! Apa Saja?

Penyebab Mata Panda
Inilah Beberapa Penyebab Mata Panda. image: pexels.com

Hitput.com – Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah “mata panda” ini. Ya, lingkaran hitam di area bawah mata seperti panda itu selelu diidentikan dengan orang yang sering begadang atau jam tidurnya kurang. Apa iya penyebab mata panda hanya karena kurang tidur saja?

Sebenarnya bukan hanya itu ya penyebabnya, ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya mata panda. Di bawah ini akan diulas beberapa penyebabnya, jadi simak baik-baik ya.

Kurang Tidur atau Begadang

Seperti yang sudah disinggung di atas, mata panda sangat identik dengan waktu tidur yang kurang. Apa sih alasannya? Karena ketika seseorang waktu tidurnya kurang, maka aliran darahpun tidak bekerja dengan optimal.

Hal tersebut pada akhirnya membuat darah yang menumpuk di area bawah mata terlihat. Karena area tersebut memiliki tekstur kulit yang tipis. Jadi, tumpukan darah tersebut akan membuat kulit terlihat lebih gelap dibanding area wajah lainnya.

Baca Juga: Referensi Desain Kasur Tingkat Buat Kamar, Minimalis dan Aesthetic!

Terlalu Sering Menatap Layar

Kebiasaan menatap layar handphone, laptop, komputer, atau televisi dengan intensitas yang lama juga bisa menjadi penyebab mata panda. Kenapa? Karena bisa menyebabkan mata menjadi tegang, dan akhirnya pembuluh darah di area mata akan membesar. Hasilnya kulit di bagian bawah mata menjadi gelap deh.

Fenomena yang sering terjadi sekarang kan begadang sambil mainan handphone. Kalau begitu ya wajar banget pas bangun tidur dalam mode mata panda, hehehe.

Minum Alkohol atau Merokok

Nah, gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol atau merokok juga bisa menjadi penyebab mata panda. Efek yang ditimbulkan kurang lebih sama seperti tidur yang tidak cukup, yakni aliran darah menjadi kurang optimal. Akibatnya darah yang menumpuk membuat area bawah mata terlihat gelap.

Baca Juga: 5 Cara Berhenti Merokok yang Ampuh, Mudah dan Cepat!

Usia

Usia yang semakin bertambah tentu berpengaruh juga terhadap kondisi fisik seseorang. Salah satunya berkaitan dengan kulit, elastisitas kulit akan mulai berkurang (menyebabkan keriput). Tak hanya itu, kulitpun akan semakin menipis dan pembuluh darah pada area mata akan semakin terlihat.

Maka kulit terlihat lebih gelap dan terjadilah fenomena mata panda itu.

Dehidrasi

Ketika seseorang mengalami dehidrasi artinya tubuh kekurangan cairan atau air. Hal tersebut menyebabkan kulit di bagian bawah mata akan terlihat cekung dan nampak sayu-sayu.

Paparan Cahaya Matahari

Ternyata paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab mata panda. Karena saat kulit terpapar sinar matahari maka tubuh akan memproduksi pigmen penggelap kulit lebih banyak. Nah, cahaya matahari yang mengenai area mata bisa menjadi penyebab terjadinya pigmentasi pada kulit area mata. Akibatnya ya kulit terlihat lebih gelap.

Baca Juga: Ladies, Ini Pentingnya Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Agar Tetap Cerah dan Indah

Genetik

Penyebab mata panda berikutnya adalah faktor genetik. Mungkin kamu punya teman yang matanya terlihat sayu-sayu seperti kurang tidur gitu. Padahal waktu tidur dia selalu cukup. Nah, bisa jadi hal itu memang bawaan dari genetik, ya lihat aja orangtua atau kakek-neneknya memiliki mata sayu seperti itu atau tidak.

Oke itulah beberapa penyebab mata panda. Jadi, bukan hanya waktu tidur yang tidak cukup aja ya penyebabnya. Masih ada faktor-faktor lain seperti munum alkohol atau merokok, usia, genetik, dehidrasi, dan lainnya.

Jadi, kalau kamu mengalami mata panda bisa dilihat dulu hal apa yang menjadi pemicunya. Kalau pola tidur yang buruk maka perbaiki pola tidurnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.