Home Health Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dengan Latihan-latihan Ini!

Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat Dengan Latihan-latihan Ini!

berlatih yoga di rumah
Ilustrasi gambar cara menjaga jantung agar tetap sehat dengan berlatih yoga. Image: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Hitput.com – Di masa pandemi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita khususnya kesehatan jantung. Latihan berolahraga adalah hal penting untuk mempertahankan keseluruhan kebugaran tubuh kita terutama menjaga jantung tetap sehat. Hal ini untuk mencegah dan mengurangi resiko berbagai penyakit.

Olahraga yang teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa latihan yang  menurut para ahli dipercaya dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh kita. 

Baca juga: Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Latihan Fisik (Olahraga)

Latihan fisik berolahraga seperti aerobik yang teratur dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Contoh latihan aerobik meliputi berjalan, jogging, bersepeda, berenang, ataupun sekedar naik turun tangga. Lakukan rutin 20 – 30 menit setiap hari. 

Peregangan

Latihan peregangan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Hamstring stretch, stretch paha depan, tarik lutut, pangkal paha peregangan adalah beberapa contoh latihan peregangan. Peregangan juga membantu meningkatkan fleksibilitas. Tapi, pastikan bahwa gerakan Anda dikendalikan dan perlambat saat melakukan ini untuk menghindari terluka.

Baca juga: 5 Cara Berhenti Merokok yang Ampuh, Mudah dan Cepat!

Yoga

Tampaknya latihan yoga yang teratur dapat menawarkan lebih dari sekedar mengencangkan lengan ataupun meditasi semata. Yoga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk jantung. Hal ini mampu meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan fungsi pernapasan dan denyut jantung. Misalnya, pose seperti Ashtanga dan Bikram yang mampu meningkatkan denyut jantung Anda. Yoga juga dapat membuat tekanan darah turun, membuat pembuluh darah lebih elastis. Lakukan rutin melakukan yoga dua kali seminggu untuk menurunkan kadar kolesterol dan lingkar perut dada.

Angkat Beban

Aktivitas angkat beban ini bisa memperkuat otot Anda. Menggunakan beban yang berat akan meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek. Tapi untuk kamu yang masih  pemula, bisa mulai melakukan angkat beban yang ringan dan melakukan repetisi sebanyak mungkin.

Fokuslah pada olahraga lengan dan melakukan olahraga beban dengan memakai badan secara mandiri seperti push up secara perlahan. Namun, Anda harus berusaha rileks selama workout supaya tak terlalu tertekan atau stres.

Yuk, mulai hidup sehat agar pikiran dan tubuh kamu tetap sehat dan terus positif. Selamat mencoba! Jangan lupa follow Facebook dan Instagram kami untuk update mengenai konten inspiratif lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.