Home Hitfood Macam Rempah Dapur dan Manfaatnya untuk Daya Tahan Tubuh

Macam Rempah Dapur dan Manfaatnya untuk Daya Tahan Tubuh

macam rempah dapur
Ilustrasi gambar macam rempah dapur dan manfaatnya untuk daya tahan tubuh. Foto: Pexels.com

Hitput.com – Imunitas atau daya tahan tubuh merupakan salah satu hal terpenting untuk melindungi diri dari serangan berbagai penyakit, semakin kuat imun tubuh maka semakin kecil kemungkinan virus atau kuman menyerang tubuh. Apalagi sekarang ini sedang hangat-hangatnya virus covid-19 yang terkenal dengan sebutan “Corona”.

Berkaitan dengan meningkatkan imun tubuh sebenarnya gampang-gampang susah ya, karena rempah dapur pun bisa ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, tinggal seberapa besar keinginan kamu untuk melakukan itu. Paling utamanya memang harus menerapkan pola hidup sehat seperti yang sudah dibahas dalam artikel cara menjaga imun tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa macam rempah dapur dan manfaatnya untuk daya tahan tubuh. Simak pembahasannya dibawah ini.

Kayu Manis

Ilustrasi gambar kayu manis dan manfaatnya. Foto: Pexels.com

Kayu manis ini memiliki sebuah zat yang dipercaya dapat membantu melawan banyak jenis infeksi yang disebabkan oleh jamur atupun bakteri jahat, zat ini bernama cinnamaldehyde. Selain itu ada zat polifenol yang mana memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, zat ini bisa memberikan khasiat bagi tubuh karena melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang berada di lingkungan sekitar.

(Baca juga: Cara Menjaga Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit)

Kunyit

Ilustrasi gambar kunyit dan kegunaannya. Foto: Pexels.com

Kunyit ini mengandung sebuah zat aktif kurkumin berupa antioksidan yang tinggi, zat ini dipercaya dapat mengatasi peradangan (inflamasi) pada tubuh. Dalam satu sendok kunyit bubuk sendiri mengandung zat aktif kurkumin sebanyak 200 miligram. Selain itu, kurkumin ini bisa memberikan pengobatan serta pelindungan terhadap luka lambung.

Bawang Putih

Ilustrasi gambar bawang putih dan segudang manfaatnya bagi tubuh. Foto: Pexels.com

Bumbu satu ini paling mudah ditemukan dalam setiap resep masakan, selain untuk penyedap hidangan rempah dapur ini ternyata ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa bawang putih ini mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Nutrisi seperti asam amino, allicin, sulfur, dan oligosakarida bisa memberikan banyak manfaat untuk ketahanan tubuh.

Khasiat lainnya yang bisa didapat dari bawang putih yaitu antibiotik alami, kandungan zat antijamur dan antimikroba yang cukup tinggi inilah yang menjadi penyebabnya. Selain itu, rempah dapur satu ini juga dipercaya bisa menambah sel-sel darah putih dalam tubuh, ya seperti yang diketahui bahwa sel darah putih ini berpengaruh bagi peningkatan imunitas tubuh.

(Baca juga: Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Penting Untuk Diabetes!)

Jahe

Ilustrasi gambar jahe dan manfaatnya bagi kesehatan. Foto: Pexels.com

Kalau rempah dapur satu ini bukan hanya untuk bumbu dapur saja, tetapi sangat nikmat juga apabila dijadikan sebagai minuman hangat (wedang jahe). Rempah ini sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, misalnya dengan mengeluarkan gas yang berlebih didalam tubuh.

Manfaat jahe lainnya jika dibuat menjadi minuman jahe hangat tentu bisa memancing keringat keluar dari tubuh, hal ini sangat berguna apabila sedang mengalami sakit flu ataupun demam. Keringat yang keluar juga memiliki khasiat pelindung kulit dari mikroorganisme yang bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi.

(Baca juga: 3 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Menangkal Virus Corona)

Cengkeh

Ilustrasi gambar cengkeh sebagai rempah atau bumbu dapur dan manfaatnya. Foto: Pexels.com

Rempah ini memang sudah dari jaman dahulu dimanfaatkan menjadi obat herbal, rempah ini juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan senyawa yang ada didalam kuncup bunga cengkeh kering dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, alasannya karena senyawa itu dapat meningkatkan sel-sel darah putih dalam tubuh.

Kemudian khasiat lainnya adalah membersihkan mikroba atau racun-racun berbahaya pada tubuh. Mengkonsumsi cengkeh dengan teratur tentu sangat bermanfaat bagi tubuh, silahkan bisa mengolah menjadi bumbu masakan atau dijadikan minuman.

Demikian ulasan singkat mengenai rempah dapur yang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mari lakukan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh menjadi kuat dan bisa meminimalisir datangnya penyakit.

Buy now

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.