Home Hitfoodtravel 4 Destinasi Wisata Populer di Lereng Gunung Sumbing

4 Destinasi Wisata Populer di Lereng Gunung Sumbing

Wisata Lereng Gunung Sumbing
Destinasi Wisata Populer di Lereng Gunung Sumbing. image: instagram @lattifaa

Hitput.com – Kalau ngomongin tentang wisata alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Kekayaan alam yang sangat lengkap baik keindahan pegunungan ataupun lautan. Ya, Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki gugus pegunungan dan gugus pulau terbanyak di dunia.

Nah, membahas soal pegunungan kamu sudah mencoba wisata lereng gunung sumbing Magelang? Jika belum harus cobain nih. Banyak banget destinasi wisata yang ada di sekitar lereng gunung sumbing, ya kalau berkunjung kesana pasti bikin nagih deh.

Kira-kira apa aja sih wisata yang ada disana? Terus seindah apa sih pemandangannya?. Tapi sebelum membahas itu saya ingatkan dulu kalau kita masih dalam suasana pandemi covid-19. Jadi, tetap patuhi protokol kesehatan apalagi kalau kamu mau bepergian. Stay safe ya!

Baca Juga: Dataran Tinggi Posong Temanggung, Wisata Alam Indah Kekinian

Nepal Van Java

Wisata Lereng Gunung Sumbing – Nepal Van Java. image: instagram @caionugroz

Ini salah satu icon wisata lereng gunung sumbing, Nepal Van Java alias Nepalnya pulau Jawa. Kenapa disebut dengan istilah itu? Karena Desa Butuh Kaliangkrik yang ada di lereng gunung sumbing ini memeiliki tatanan rumah yang sangat unik.

Ya karena kondisi geografi wilayah pegunungan maka tatanan rumahnya seperti tingkat gitu. Dengan tatanan desa seperti itu, dan ditambah udara yang sejuk seakan-akan sedang berada di gunung Everest Nepal.

Bukit Asri Kertojoyo

Wisata Lereng Gunung Sumbing – Bukit Asri Kertojoyo. image: instagram @zlfani

Wisata selanjutnya ada bukit Kertojoyo. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto-foto karena sangat instagramable tempatnya. Ada hutan pinus, dilengkapi dengan gubuk-gubuk untuk bersantai jadi makin betah lama-lama di sana.

Lokasi bukit Kertojoyo ini berada di desa Pringombo, Kajoran, Kabupaten Magelang. Untuk akses jalur kesanapun bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jam operasionalnya sendiri dibuka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

Untuk tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah, tapi sewaktu-waktu bisa berubah ya. Kemudian biaya parkir roda empat sebesar 4.000 rupiah dan roda dua 2.000 rupiah.

Baca Juga: Taman Wisata Sungai Mudal Kulon Progo, Menyejukkan!

Curug Silawe

Wisata Lereng Gunung Sumbing – Curug Silawe. image: instagram @anindadjati

Kalau kamu bosan dengan wisata lereng gunung sumbing yang pemandangan hijau-hijau saja. Ada juga nih wisata air di Curug Silawe. Curug yang tingginya kurang lebih 60 meteran ini memiliki dua aliran dengan debit air berbeda.

Untuk lokasinya berada di Desa Sutopati, Kajoran, Kabupaten Magelang. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Harga tiketnya pun murah yakni 4 ribu saja, tapi ini sewaktu-waktu bisa berubah ya.

Gardu Pandang Mangli

Wisata Lereng Gunung Sumbing – Gardu Pandang Mangli. image: instagram @nanang_adisusilo

Yang terakhir ada area wisata Gardu Pandang Mangli. Tempat ini ketinggiannya mencapai 1.560 mdpl, maka tak heran jika kamu disajikan dengan pemandangan alam yang begitu indah dari atas sana. Ya, kemegahan gunung Sumbing, gunung Merbabu, gunung Merapi, gunung Telomoyo, dan gunung Andong menjadi salah satu view yang mempesona.

Lokasinya berada di Kebonlegi, Kaliangkrik, Magelang. Cukup membayar tiket masuk seharga 5.000 rupiah kamu bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Selain kemegahan gunung, pemandangan kota Magelang pun bisa kamu lihat dari Gardu pandang mangli ini.

Oke, itulah 4 destinasi wisata lereng gunung Sumbing Magelang yang bisa kamu kunjungi. Masih banyak lagi destinasi lainnya yang belum saya review, mungkin di lain kesempatan akan saya ulas lagi. Kalau mau wisata ke sana jangan lupa ikuti protokol kesehatan ya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.