Home HitJogja Taman Wisata Sungai Mudal Kulon Progo, Menyejukkan!

Taman Wisata Sungai Mudal Kulon Progo, Menyejukkan!

taman wisata sungai mudal kulon progo
Wisata Sungai Mudal Kulon Progo. image: instagram @masidar9_

Hitput.com – Jika berbicara mengenai kota Jogjakarta memang tidak ada habisnya, tak heran pula kalau disebut dengan daerah istimewa. Soal pendidikan, kuliner, budaya dan tempat bersejarah, bahkan tempat-tempat wisata kerenpun sangat identik dengan Jogja ini.

Nah, di salah satu kabupaten bagian barat kota Jogja yaitu Kulon Progo terdapat taman wisata sungai mudal yang sedang menjadi trend beberapa waktu lalu (Ya sebelum negara api alias Corona menyerang). Pada awalnya tempat ini hanya berupa wisata air terjun biasa, dan volume air terjun itu tidak terlalu deras sehingga saat musim kemarau seakan-akan air terjun itu menghilang.

Disisi lain air terjun tersebut terhubung dengan sebuah sungai yang tidak terawat, banyak semak-belukar yang berada di pinggiran sungai. Hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat masyarakat sekitar tergerak untuk membersihkan area sungai, hasilnya bisa dilihat sekarang dimana taman wisata sungai mudal ini banyak pengunjungnya.

Jika kamu penasaran mengenai ulasan singkatnya mulai dari lokasi, harga tiket masuk, fasilitas, dan sebagainya. Simak penjelasan dibawah ini mengenai taman wisata sungai mudal Kulon Progo Jogjakarta yang begitu indah.

Baca Juga: Wisata Langlang Buana Jogja, Ada yang Mirip Santorini

Lokasi dan rute perjalanan

Wisata Sungai Mudal Kulon Progo Jogja. image: instgram: @gregor_andisusilo

Letak taman wisata ini berada di dusun Banyuganti, Jatimulyo, Grimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta. Ya, kamu bisa menggunakan maps untuk memudahkan pencarian lokasinya.

Sementara rute perjalanannya kamu bisa mengambil jalur menuju Tugu Jogjakarta, dari situ langsung menuju arah barat ke jalan Godean dan melewati jembatan sungai Progo, kemudian menuju ke arah gua Kiskendo, lalu di pertigaan hutan pinus silahkan ambil jalur kiri dan ikuti papan penunjuk jalan menuju taman wisata sungai mudal Kulon Progo.

Kalau melihat track-nya, makan kendaraan yang ideal sebenarnya kendaraan roda dua, karena jalurnya banyak naik-turun. Tetapi kalau kamu naik mobil pribadi pun masih memungkinkan.

Baca Juga: Cafe Brick Jogja, Wisata Kuliner Ala Eropa Kekinian, Wajib Kesini!

Aneka Wisata yang Bisa di Nikmati

Keindahan Air Terjun di Area Wisata Sungai Mudal. instagram @wonderfuljogja

Seperti yang sudah saya ulas di atas bahwa dulunya yang terkenal dari tempat ini adalah air terjunnya, tetapi debit airnya baru deras saat musim penghujan.

Jika airnya deras kamu bisa melakukan rappeling atau canyoning mengikuti arus air terjun, tetapi untuk melakukan ini tentu saja kamu harus memiliki keberanian yang besar.

RIver Tubing di Tempat Wisata Sungai Mudal. image: instagram @pesonabukitmenoreh

Wahana berikutnya yang bisa kamu coba adalah river tubing, tidak perlu khawatir juga jika kamu tidak terlalu jago berenang, karena kamu akan memakai ban serta pelampung dan didampingi pula oleh pemandu yang sudah berpengalaman. Jadi tingkat keamanannya sudah terjamin ya!

Nah, kalau kamu sudah bosan bermain di air bisa juga mencoba wahana di udara karena disini tersedia wahana flying fox juga. Ini cukup menantang adrenalin karena kamu akan berseluncur diatas air terjun dan kolam-kolam yang ada dibawah. Kalau kamu takut ketinggian jangan nekat ya, nanti bisa-bisa ngompol karena saking takutnya, hehehe.

Sedari tadi wahananya ekstrim-ekstrim semua ya! Memangnya di taman wisata sungai mudal ini tidak ada yang santai-santai gitu? Tenang, kalau kamu mau santai menikmati suasana alam yang masih asri bisa ke wahana watu wayang, kamu bisa menikmati keindahan tebing kapur dan bisa melihat kerumunan monyet ekor panjang yang termasuk hewan dilindungi di negara ini.

Baca Juga: Pizza Tunqu Nangkring Jogja, Angkringan dengan Menu Khas Italia

Istirahan di Camping Ground

Bagi kamu ingin merasakan bermalam di alam terbuka maka bisa mendirikan tenda disini, tetapi kamu harus membawa sendiri tendanya ya, pengelola hanya mengizinkan tetapi belum menyediakan peralatannya.

Meskipun secara terbuka sudah ada izin, pastikan kamu melakukan konfirmasi ulang ya kalau mau camping di taman wisata sungai mudal Kulon Progo. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak alam juga.

Waktu Buka dan Harga Tiket Masuk

Taman wisata sungai mudal ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Sementara harga tiket masuknya kisaran 10 ribu rupiah per orang, dan tarif parkir sepeda motor 2 ribu rupiah sementara mobil 5 ribu rupiah.

HTM tersebut belum termasuk penyewaan pelampung atau wahana lain seperti river tubing, atau flying fox.

*Harga tiket masuk pun sewaktu-waktu dapat berubah

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.