Home YourStories Wisata Kuliner Bakso Enak dan Unik di Jogja, Udah Nyobain?

Wisata Kuliner Bakso Enak dan Unik di Jogja, Udah Nyobain?

Ilustrasi gambar wisata kuliner bakso unik di Jogja. Foto: Instagram @baksotumpengjogja

Hitput.com – Jika berbicara mengenai kuliner khas Indonesia tentu tidak akan ada habisnya, bahkan banyak juga makanan Indonesia yang populer di mancanegara. Salah satu makanan yang terkenal dan sangat cocok dinikmati sangat panas atau anget adalah “Bakso”, apalagi sekarang sedang berada di musim penghujan pasti nikmat banget jika makan bakso. Jadi Jogja tidak hanya terkenal akan wisata pantainya, wisata kulinernya pun bisa dibilang favorit para wisatawan yang datang kesana.

Hampir di semua daerah di Indonesia ini bisa kamu temui makanan yang identik dengan bentuk bulat satu ini, tak terkecuali di Daerah Istimewa Jogjakarta. Jika kamu ingin melakukan wisata kuliner di Jogja dan ingin mencicipi bakso khas disana, berikut ini beberapa tempat bakso enak dan unik di Jogja yang harus kamu kunjungi.

(Baca juga: Cafe Brick Jogja, Wisata Kuliner Ala Eropa Kekinian, Wajib Kesini!)

Bakso Klenger

Ilustrasi gambar bakso klenger Jogja. Foto: Instagram @baksoklenger

Dari namanya saja sudah unik banget kan? Warung makan bakso yang bernama “Ratusari” dan terletak di jalan Wahid Hasyim no. 296 Yogyakarta ini memang berbeda dengan warung bakso pada umumnya, hal ini bermula dari ide sang penjual yang merasa membutuhkan sebuah inovasi baru sehingga minat pembeli semakin tinggi.

Ya, bakso dengan ukuran super besar menjadi solusi yang didapatkan oleh sang penjual. Ia membuat bakso mulai dari ukuran standar seberat 250 gram sampai yang paling berat berukuran 5 kilogram, fantastis bukan? Apakah kamu sanggup jika disuruh makan bakso yang berukuran 5 kilo? hehehe, bisa-bisa kamu malah dibuat nggak beranjak dari tempat duduk karena terlalu kenyang.

Yang jelas tempat ini sangat cocok buat wisata kuliner rame-rame bareng keluarga atau teman, karena dengan memesan bakso yang ukuran 1 kilogram saja bisa untuk porsi 4 sampai 5 orang. Bukan cuma soal ukuran saja, soal rasa pun tidak kalah enaknya! Dan harga yang dibanderol pun cukup murah mulai dari 12 ribu rupiah sampai 600 ribu rupiah yang tentunya disesuaikan dengan ukuran bakso.

Bakso Gepeng

Ilustrasi gambar bakso unik di Jogja, bakso gepeng. Foto: Instagram @jktfooddestination

Sudah lazim memang bahwa bentuk dari bakso itu bulat, sampai-sampai ada di lirik lagunya “Bakso bulat seperti bola pimpong, …….” ya lanjutkan sendiri lirik berikutnya, hehehe. Tetapi bagi warung bakso yang berlokasi di – Depok sport center, jalan Seturan Raya, Jogjakarta – memiliki menu bakso yang out of the box, ya mereka menyajikan bakso dengan bentuk gepeng.

Tak cuma bentuk yang berbeda namun cara penyajiannya pun terbilang unik, jika pada umumnya bakso disajikan dengan bihun dan mie, bakso gepeng ini justru disajikan dengan kwetiau. Jadi kalau kamu berkunjung ke Jogja harus banget mampir kesini, harganya pun cukup bersahabat kisaran 15 ribuan saja.

(Baca juga: Bakmi Jawa Mbah Mo Khas Jogja yang Melegenda, Udah Cobain Belum?)

Bakso Tumpeng

Ilustrasi gambar wisata kuliner bakso unik di Jogja. Foto: Instagram @baksotumpengjogja

Warung bakso bernama “Lesehan Banyumili” ini berlokasi di Jalan Kebon Raya No 8 Kota Yogyakarta. Bakso khas yang ditawarkan adalah bakso tumpeng, ya sesuai dengan namanya bentuk bakso ini seperti nasi tumpeng, dengan berbagai ukuran mulai dari ukuran S sampai dengan yang paling besar ukuran XL (ini bakso apa baju, hehehe).

Selain ukuran yang berbeda, menu pendampingnya pun beragam misalnya topping mie goreng atau bakso tumpeng original.

Bakso Degan

Ilustrasi gambar bakso degan di Jogja. Foto: Instagram @wilmardody

Masih ada lagi sajian bakso yang unik lainnya, kali ini ada sajian “Bakso Degan”, memang sesuai dengan namanya karena bakso ini disajikan dalam batok kelapa kemudian dicampur dengan daging kelapa, bakal seperti apa tuh rasanya? Makanya kunjungi warung bakso “Bakso Ikan Degan” yang lokasinya di jalan Sugeng Jeroni 62 Bugisan, Jogjakarta.

Ya meskipun dicampur dengan kelapa tidak membuat cita rasanya menjadi aneh juga, hanya dengan uang 15 ribuan saja kamu bisa menikmati kuliner unik yang satu ini.

Jadi menu mana yang menurut kalian paling unik? Menurut saya semuanya unik, hehehe. Maka dari itu kalau kamu berkunjung ke Jogja harus merasakan wisata kuliner bakso unik di Jogja, dan bisa nilai sendiri seberapa enak dan seperti apa sensasinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.