Home Hitfood Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh, Catat ya!

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh, Catat ya!

Manfaat buah pepaya
Berbagai Manfaat dari Buah Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh. image: pexels.com

Hitput.com – Buah pepaya merupakan buah yang sering dan mudah ditemui di Indonesia ini. Pepaya mempunyai warna hijau pada daunnya, kulitnya hijau dan kekuning-kuningan. Daging buah pepaya yang menarik dengan warna merahnya diselimuti dengan rasa yang lezat, menjadikan buah ini banyak digemari orang banyak.

Namun bukan hanya itu saja, ada banyak manfaat buah pepaya yang perlu kamu tahu, berikut ini manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang kami lansir dari viverepiusani.it

1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Pepaya merupakan salah satu buah yang paling cocok bagi kita yang ingin meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kinerja enzim yang dikenal sebagai papain, yang dapat mengurangi beberapa gangguan umum, seperti: gangguan pencernaan, susah buang angin, distensi perut, sakit perut.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan, Buktikan Sendiri!

2. Mengatasi Sembelit

Papain dan kandungan seratnya yang tinggi, menjadikan pepaya salah satu solusi alami yang terbaik untuk mengatasi sembelit.

Dengan asumsi tersebut dalam keadaan secara alami, buah pepaya berfungsi melancarkan  pergerakan usus dan memfasilitasi penghapusan residu yang menumpuk di usus besar.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah pepaya mempunyai kandungan sumber vitamin C yang sangat baik, nutrisi penting untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri yang memicu berbagai penyakit.

Bahan aktifnya membantu mencegah flu dan pilek, serta berbagai jenis penyakit virus.

4. Menghilangkan Parasit Usus

Bukan hanya buahnya saja, biji pepaya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, mereka mengandung sejumlah besar enzim proteolitik dan alkaloid yang dikenal sebagai carpaina, dan telah terbukti efektif dalam memerangi parasit usus dan amoeba.

Baca juga : Inilah 5 Manfaat Air Kelapa yang Perlu Anda Tahu, Disimak ya!

5. Mengurangi Nyeri Haid

Wanita yang menderita kolik yang mengganggu selama siklus menstruasi perlu menambahkan lebih banyak pepaya ke dalam makanan mereka. Senyawa aktifnya, papain, meningkatkan aliran normal selama siklus dan memberikan sensasi untuk menenangkan dari rasa sakit yang hebat.

Meskipun bukan obat ampuh untuk penyakit ini, tapi ketika mengonsumsi lebih banyak buah pepaya dapat membantu mengendalikan gejala tersebut.

6. Menjaga kulit tetap sehat dan awet muda

Penuaan merupakan proses alami kulit yang dapat ditunda dengan mengadopsi beberapa kebiasaan hidup sehat.

Buah tropis ini mempunyai kandungan sumber yang kaya akan vitamin E, vitamin C dan beta-karoten yang berkat efek antioksidannya dapat mengurangi kerusakan sel pada kulit dan mencegah munculnya keriput secara dini.

Dengan sering menambahkan pepaya ke dalam daftar makanan, Anda akan dapat menghentikan efek radikal bebas, molekul-molekul yang memicu sebagian besar masalah pada kulit.

Baca Juga: 6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Terbukti Ampuh!

7. Bagus untuk menurukan berat badan

Mengkonsumsi buah pepaya sangat bermanfaat bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan. Meskipun ini bukan makanan ajaib, tapi buah ini menawarkan diet sehat dengan dibarengi berolahraga untuk mendapatkan hasil dalam waktu yang lebih singkat.

Buah pepaya adalah makanan yang rendah kalori dan merupakan sumber nutrisi seperti serat, dan sangat penting untuk menghilangkan residu yang menumpuk di tubuh dan untuk merasa kenyang.

8. Melindungi penglihatan

Buah pepaya juga mengandung zat yang dikenal sebagai lutein karotenoid, zat tersebut mampu menyerap sinar UV matahari, sehingga mencegahnya kerusakan pada retina. Buah ini juga merupakan sumber zeaxanthin, zat yang melindungi lemak yang ditemukan di mata, dan dapat rusak oleh radikal bebas.

Secara umum, mengkonsumi pepaya dapat melindungi mata dari katarak dan penyakit mata lainnya.

Itulah manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat!

Buy now

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.