Home Hitspiratif Mengenal Tanaman Eucalyptus dan Berbagai Manfaatnya

Mengenal Tanaman Eucalyptus dan Berbagai Manfaatnya

Mengenal Tanaman Eucalyptus dan Berbagai Manfaatnya
Ilustrasi Tanaman Eukaliptus. image: pexels.com

Hitput.com – Berbicara soal eucalyptus, nampaknya akhir-akhir ini sedang menjadi perbincangan hangat terutama di Indonesia ini. Ya, pasalnya kemaren sempat heboh berita soal kalung anti corona yang akan di produksi oleh pemerintah. Tapi sepertinya tidak jadi ya! Ya karena bagaimana-pun belum ada penelitian juga berkaitan dengan kebenaran tanaman eucalyptus yang dapat menangkal virus corona itu.

Nah, pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas soal kalung itu ya, hehehe. Akan tetapi membahas mengenai manfaat-manfaat dari eucalyptus ini. Sebelum membahas itu, mungkin masih agak asing juga ya dengan nama eucalyptus ini.

Tanaman eucalyptus sendiri merupakan tanaman yang mana daun atau minyaknya bisa dimanfaatkan menjadi obat-obatan. Salah satu produk yang sudah familiar di kalangan masyarakat adalah minyak kayu putih. Meskipun penelitian soal tanaman ini belum banyak namun sampai saat ini diketahui cukup banyak manfaatnya berkaitan dengan kesehatan.

Oke, kira-kira apa saja sih manfaatnya? Berikut ini saya sajikan beragam manfaat eucalyptus untuk kesehatan. Saya merangkum dari dua sumber yaitu alodokter dan ngovee.com, tentunya artikel tersebut sudah ditinjau oleh dokter yang ahli di bidangnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Terbukti Ampuh!

Mengurangi Nyeri Pada Sendi

Ilustrasi Orang Mengoleskan Minyak Eucalyptus Untuk Menghilangkan Nyeri Sendi. image: pexels.com

Untuk manfaat dari tanaman eucalyptus yang pertama yakni dapat mengurangi nyeri sendi. Ya, karena minyak eucalyptus atau minyak kayu putih ini jika dioleskan di kulit akan menimbulkan rasa hangat. Kamu juga pasti tau lah gimana rasanya pakai minyak kayu putih, hehehe.

Nah, rasa hangat ini bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi. Selain dalam bentuk oil yang cair, produk lainnya bisa berupa salep atau krim yang tidak terlalu cair.

Baca Juga: Mengenal Kina, Tanaman Herbal Dengan Segudang Manfaatnya!

Meredakan Batuk dan Pilek

Kamu pasti tau kan salah satu produk minyak kayu putih yang penggunaannya bisa dioles atau menghirup aromanya. Kalo ngga salah dulu bintang iklannya Agnez Mo deh! Nah, ternyata dengan menghirup aroma minyak eucalyptus ini dapat meredakan batuk loh.

Ilustrasi Orang Sedang Sakit Flu/Pilek. image: pexels.com

Aromanya yang segar dapat membuat tenggorokan menjadi lebih lega. Bukan hanya batuk aja sih, biasanya kalau lagi pilek juga pake ini ya, jadi hidung yang lagi mampet terasa lebih lega gitu, dan karena aromanya cukup kuat bisa tercium juga meskipun sedang pilek.

Baca Juga: Jangan Dibuang, ini Manfaat Kulit Apel Bagi Kesehatan!

Meringankan Keluhan Sakit Kepala

Ini juga salah satu yang sering saya lakukan, yaitu mengoleskan minyak eucalyptus atau minyak kayu putih kalau lagi sakit kepala atau pusing, biasanya sih di area dahi. Kalau kamu gimana? Sering juga melakukannya?

Ilustrasi Orang Sedang Sakit Kepala atau Pusing. image: pexels.com

Ya, kalau dibilang bisa menghilangkan rasa sakit kepala sih memang ngga ya! Tapi rasa hangat yang ditimbulkan dari minyak eucalyptus ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Tapi kalau pakai minyak ini di area dahi hati-hati ya, jangan sampai mengenai mata karena akan menimbulkan rasa perih dan tentunya membahayakan mata.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan, Buktikan Sendiri!

Mengatasi Masalah Bau Mulut

Manfaat tanaman eucalyptus selanjutnya adalah bisa mengatasi permasalahan bau mulut. Tentu sangat meresahkan ya kalau memiliki masalah ini, bisa membuat rasa percaya diri turun saat sedang ngobrol sama orang lain, apalagi ngobrol sama gebetan, hmmmm 🙁

Nah, ternyata minyak eucalyptus ini mengandung antibakteri yang mana dapat mengatasi permasalahan bau mulut yang disebabkan oleh kuman itu.

Ilustrasi Pasta Gigi Memiliki Kandungan Ekstrak Eucalyptus. image: pexels.com

Kamu tinggal cari aja produk-produk seperti obat kumur, atau pasta gigi yang ada kandungan ekstrak eucalyptus-nya. Bahkan sekarang juga ada tuh permen karet yang mengandung eucalyptus, jadi bisa dibawa kemana-mana dan bisa digunakan kapan aja ya.

Oke, itulah sedikit pengenalan mengenai tamanam eucalyptus dan berbagai manfaat dari tanaman eucalyptus khususnya bagi kesehatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.