Home fresh Tips Bersepeda Aman dimasa Pandemi Covid-19

Tips Bersepeda Aman dimasa Pandemi Covid-19

Ilustrasi Olahraga Bersepeda. image: pexels.com

Hitput.com – Kurang lebih selama 3 bulan lamanya kita tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, penyebaran virus covid-19 menjadi alasan mengapa semua orang dihimbau untuk dirumah saja. Tapi meskipun diam dirumah, kegiatan-kegiatan seperti olahraga tetap harus dilakukan ya! bagaimanapun juga olahraga ini bisa membuat tubuh lebih sehat dan meningkatkan imunitas yang berguna untuk menangkal virus masuk ketubuh.

Nah, sekarang-sekarang ini olahraga yang sedang ramai adalah bersepeda, karena bersepeda bisa dilakukan sendirian sehingga potensi penyebaran virus dapat diminimalisir juga, jadi olahraga bersepeda cukup aman dimasa pandemi ini. Tapi adakalanya kamu merasa gabut juga kalo bersepeda sendirian, akhirnya ngajak temen buat sepedaan bareng.

Tentu tidak apa-apa asal kamu tetap mengikuti protokol yang telah ditentukan, meskipun sekarang sudah memasuki masa new normal namun memakai masker, handsanitaizer, dan lainnya tetap harus kamu terapkan.

Kira-kira apalagi tips bersepeda aman dimasa pandemi covid-19 ini? Ya karena tujuan sepedaan kan biar sehat, jangan sampai karena sepedaan kamu malah sakit 🙂

Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat Olahraga Di Luar Rumah atau Alam Sekitar

Bersepeda Sendirian atau Berkelompok dalam Jumlah Kecil

Ilustrasi Bersepeda Posisi Zig Zag dan Jaga Jarak: image: pexels.com

Paling baik sih tentunya bersepeda sendirian, kamu bisa sambil dengerin lagu buat nemenin biar ga bosen (tapi volume-nya jangan keras-keras ya dan liat situasi jalurnya juga). Kalau sepedaan di jalan raya yang ramai ya nggak usah dengerin musik lah, karena bisa membahayakan keselamatan diri sendiri atau orang lain.

Kalau kamu ingin bersepeda bareng temen boleh-boleh aja kok, tapi jumlahnya jangan banyak-banyak ya! Ya ajak 1 atau 2 teman juga cukup buat sepedaan mah. Oh iya, untuk formasi bersepedanya nanti gowes zig-zag ya, jadi jangan baris lurus.

Kenapa sih jangan lurus? Ya seperti yang kamu ketahui bahwa penyebaran virus covid-19 inikan melalui droplet atau cairan seperti saat bersin atau batuk. Nah, apabila didepan kamu ada yang terinfeksi kemudian droplet terbawa angin ke arah belakang dan nempel ke kamu. Maka dari itu harus tetap jaga jarak juga karena virus ini bisa bertahan selama beberapa jam jika menempel di benda, sementara di udara bisa bertahan dalam jarak sekitar 2 meteran.

Timbul pertanyaan kira-kira bagaimana kalau jalanannya sempit sehingga tidak memungkinkan gowes zig-zag. Kamu bisa bersepeda dengan formasi lurus dengan catatan berjarak minimal 2 meter satu sama lainnya jika kecepatan dibawah 20 kilometer per jam, kemudian jarak 10 meter jika kecepatannya diatas 20 kilometer per jam.

Baca Juga: 4 Tips Cara Hidup Sehat, Mudah dan Tidak Membuatmu Tertekan

Pakai Atribut Lengkap

Ilustrasi Bersepeda Memakai Atribut Pengaman. image: pexels.com

Memakai masker, kacamata, sarung tangan dan pakaian panjang merupakan salah satu tips aman bersepeda dimasa pandemi covid-19. Masker untuk melindungi hidung dan mulut, kacamata melindungi mata, sarung tangan dan pakaian melindungi bagian tubuh lainnya.

Bagian mulut, hidung dan mata memang diketahui sebagai jalan masuk virus kedalam tubuh, maka dari itu harus tetap safety ya. Kalau sudah sampai rumah langsung mandi dan cuci pakaian yang dipakai sepedaan tadi.

Baca Juga: Liburan Staycation Setelah Pandemi di Hotel Tengah Hutan Bandung

Rute dan Waktu

Ilustrasi Bersepeda Melewati Rute yang Sepi. image: pexels.com

Tips bersepeda aman dimasa pandemi covid-19 yang terakhir adalah rute dan waktu. Nah, rute dan waktu ini sangat penting, pilihlah rute yang sekiranya sepi. Kalau kamu tinggal di pedesaan si gampang banget nyari rute sepi, tinggal melipir ke sawah beres ya, hehehe! Udah gitu dapet bonus pemandangan sawah hijau membentang dengan udaranya yang segar.

Kalau kamu tinggal di perkotaan sehingga terpaksa harus melalui rute jalan raya maka pilihlah waktu yang tepat untuk bersepeda. Kemarin-kemarin mungkin enak ya karena jalanan sepi, tapi sekarang sudah memasuki masa new normal dan beberapa perkantoran sudah menerapkan work from office bukan work from home lagi.

Ya idealnya sih sepedaan ini enak di pagi hari ya! Udara yang masih segar akan menambah nikmat suasana sepedaan. Bisa juga sih kamu memilih sepedaan di malam hari, tapi harus ekstra hati-hati ya kalo sepdedaan malam-malam.

Ok, itulah beberapa tips berseda aman dimasa pandemi covid-19 ini, keluar untuk bersepeda tidak apa-apa asal mengikuti protokol yang ada. Kalo sendirian bisa yaudah nggak perlu bawa-bawa gerombolan ya, hehehe.

Baca Juga: Apakah Cek Resiko Terkena Virus Corona Harus di Rumah Sakit?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.