Home Hitspiratif 6 Tips Sukses Menjadi Digital Nomad, Kerja Sambil Keliling Dunia

6 Tips Sukses Menjadi Digital Nomad, Kerja Sambil Keliling Dunia

digital nomad
Ilustrasi Gambar Tips Sukses Menjadi Digital Nomad. Image: pexels.com

Hitput.com – Ada yang ingin terus hidup dengan mengelilingi dunia tapi mereka takut melepas pekerjaannya karena belum siap menjadi pengangguran. Tenang saja, kalian tetap bisa memiliki penghasilan, bekerja di mana saja kapan saja dengan digital nomad.

Cari pekerjaan sesuai skill di internet, kerjakan dan terima gaji Anda. Sistemnya mirip seperti freelancer, jenis-jenis pekerjaan yang disediakan pun banyak, kalian dapat memilih mau menggeluti bidang apa, lalu jual skill tersebut dan jadikan uang.

Agar memiliki sedikit pegangan saat bekerja sebagai digital nomad, terlebih bagi para pemula, kami memiliki beragam tips yang dapat diikuti.

Baca juga: Pengertian Digital Nomad, Jenis Pekerjaan dan Kelebihannya

6 Tips Sukses Menjadi Digital Nomad

1. Ketahui Skill Anda Dulu

Ketahui pula ragam pekerjaan yang dapat kalian lakoni saat menjadi Digital Nomad nanti. Adapun beragam pekerjaan yang cocok untuk Digital Nomad:

Dan masih banyak lagi. Ketahui jalan Anda mau mengarah kemana. Bila Anda memiliki kemampuan menulis, maka cari pekerjaan online yang ada hubungannya dengan menulis.

2. Buat Merek Anda

Hal ini memiliki keuntungan orang-oramg dapat menemukan Anda. Mengingat di sini Anda tak memiliki ikatan kontrak, bekerja sendiri tidak di bawah naungan perusahaan manapun, jadi pintar-pintar Anda membangun merk.

Bila Anda membangun bisnis online, maka cara ini dapat dimulai dengan membuat domain. Selain itu bangun portofolio yang berkualitas agar mudah menemukan klien. Dari klien ini lah Anda dapat memperoleh uang.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Website Untuk Bisnis Online Anda
3. Membawa Perangkat yang Tepat

Digital nomad erat kaitannya dengan Laptop dan jaringan internet. Sesuaikan pula dengan jenis pekerjaan yang kalian ambil. Ada Laptop untuk desain grafis dan ada Laptop untuk pekerjaan TI. Perangkat operasi yang mendukung juga perlu diperhatikan.

Dengan memperhatikan perangkat yang Anda bawa, Anda bisa memaksimalkan kenyamanan kerja yang selalu berpindah-pindah tersebut.

4. Komitmen dengan Jadwal Kerja Anda

Bekerja di kantor lebih mudah dibanding bekerja di rumah. Kenapa? Karena kita saat itu memiliki pengawas yang akan memandu pekerjaan kita sesuai dengan keinginan mereka. Sementara jika di rumah, kita bisa sesuka hati. Karena kefleksibelan itu kita kadang susah konsisten dengan jadwal.

Digital Nomad tak hanya bekerja di rumah, Anda bisa bekerja di mana saja, tempat yang berbeda setiap harinya. Apartemen yang berbeda setiap bulannya, Anda bisa bekerja di pesawat, Coffe Shop, tempat dengan kecepatan internet yang lambat, tempat wisata dan sebagainya. Memang fleksibel, akan tetapi suasana bekerja tidak bisa sama setiap hari. Dan ini juga menuntut sisi komitmen dengan jadwal kerja. Jadi ini mungkin menjadi letak kesulitan Anda nanti.

Supaya menjadi Digital Nomad yang sukses, Anda harus komitmen dengan jadwal kerja yang Anda buat sendiri.

Baca juga: Wajib Kamu Coba, Dekor Ulang Kamar Agar Lebih Aesthetic!
5. Cek Undang-Undang Imigrasi dimanapun Anda Ingin Bepergian

Bila hanya pindah-pindah kota, tak akan seribet ini. Namun kalau sudah sampai pindah negara, ingatlah kalau tiap negara memiliki peraturan berbeda-beda.

Visa, dokumen-dokumen lain, sistem pajak, izin impor-ekspor dan sebagainya. Pastikan Anda selalu mengecek undang-undang imigrasi ke mana pun Anda pergi agar perjalanan minim akan kendala.

6. Beri Diri Anda Sendiri Waktu 3 Bulan Sebagai Waktu Belajar

Perlu waktu untuk membuat gaya hidup berpindah-pindah Anda terasa tidak mengagetkan lagi. Maksimal, beri diri Anda waktu selama 3 bulan. Tidak semuanya akan langsung menjadi sempurna saat itu juga, dalam waktu 3 bulan tersebut Anda akan belajar tentang diri Anda dan apa yang Anda inginkan dari gaya hidup ini.

So, tak ada yang instan, kita butuh belajar, pelan-pelan saja.

Semoga beberapa tips sukses menjadi Digital Nomad untuk para pemula di atas sedikit membantu kebingungan Anda dan ikuti terus kami untuk info inspiratif dan unik lainnya di @hitputcom

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.