9 Keunikan Motor Vespa yang Harus Kamu Ketahui, Bagi yang Hobi dengan Motor Klasik Ini

(15 Vespas on the Rood - Freepik)
(15 Vespas on the Rood – Freepik)

Hitput.com – Sebetulnya ‘demam Vespa’ di tanah air sangat dipengaruhi oleh ‘Vespa Congo’. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo kala itu.

Selain itu bagi kamu yang hobi dengan motor klasik ini, harus tahu sejarah ataupun keunikan tentang motor vespa. Ini dia 9 fakta unik motor vespa yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Banyak Dipakai Dalam Film Terkenal

Sejumlah film lain yang memasukkan Vespa di dalamnya antara lain adalah Dear Diary (1993), Alfie (2004), Quadrophenia, Absolute Beginners, American Graffiti, The Talented Mr. Ripley, 102 Dalmatians dan Transformers.

2. Motor Koleksi Para Selebriti Papan Atas Hollywood
(Jude Law with Vespa - pinterest.fr)
(Jude Law with Vespa – pinterest.fr)

Vespa digunakan banyak aktor dan aktris populer dalam film, seperti Audrey Hepburn, Milla Jovovich, John Wayne, Henry Fonda, Sting, Antonio Banderas, Matt Damon, Gerard Depardieu, Jude Law, Eddie Murphy, Owen wilson, Nicole Kidman dan artis-artis lainnya.

3. Film Pertama yang Menggunakan Vespa

Vespa mulai tampil di film pada 1950, dalam film buatan Italia Sunday in August. Setelah itu menjadi simbol status yang mendunia lewat film Roman Holiday (1953).

 

(Baca juga: Hitomotive: Video Cornering With NMAX)
4. Arti dan Desain dari Vespa
(Vespa Logo Icon - freepik)
(Vespa Logo Icon – freepik)

Vespa jika diartikan memiliki makna ‘Lebah’ dalam bahasa Italia. Jika diperhatikan, bentuk bodinya memang seperti lebah. Dan ternyata, Vespa memang terinspirasi dari desain lebah.

5. Komunitas Vespa yang Besar di Indonesia
(Vespa mini 50 cc - www.freewtc.com)
(Vespa mini 50 cc – www.freewtc.com)

Indonesia ternyata memiliki komunitas Vespa terbesar kedua setelah negeri asalnya Italia, dengan sekitar 40 ribu anggota yang akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

6. Pengenalan Perdana Vespa

Vespa pertama kali dikenal pada 1946 sebagai simbol kreativitas Italia dan sebagai contoh unik dari arti ‘keabadian’ dalam sejarah industri desain.

7. Vespa dan Fashion
(Girls with White Vespa - youtube.com)
(Girls with White Vespa – youtube.com)

Vespa juga menjadi ikon fesyen yang mendunia, salah satunya lewat kerjasama mereka dengan label street fashion ternama asal Inggris yang populer di kalangan muda-mudi, Fred Perry.

8. Motor Klasik Anti Maling

Selama ini, belum ada maling yang doyan sama vespa, selain dorongnya berat, Vespa hanya di pakai oleh orang yang hobi saja. Namun jika Vespanya masih kinclong mungkin hanya maling kurang kerjaan yang mencurinya.

9. Jarang Kena Tilang

Ada satu hal yang mencengangkan dan bisa dibilang cukup aneh, tapi begitulah kenyataannya. Pasalnya, pengguna Vespa tak pernah kena tilang. Tapi itu dulu.

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply