Bantuan Masyarakat Indonesia Untuk Korban Gempa di Meksiko

Mexico City – Terkait dengan terjadinya bencana alam gempa bumi yang melanda wilayah Meksiko pada 19 September 2017 lalu, pihak KBRI Mexico City bersama  dengan IDN Chapter Mexico memberikan bantuan secara langsung untuk para korban gempa di Negeri Mariachi itu.

Menurut informasi yang dirilis pihak KBRI Mexico City, bantuan tersebut berasal dari masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah Meksiko dan dikoordinir langsung oleh IDNMX.

Dubes RI untuk Mexico turun langsung memberikan bantuan
Dubes RI untuk Mexico Yusra Khan saat memberikan bantuan untuk korban gempa
Dubes RI untuk Mexico Yusra Khan saat memberikan bantuan untuk korban gempa

Bantuan yang diberikan kepada korban gempa itu berupa obat-obatan, peralatan higienis, makanan ringan, makanan bayi, minuman kemasan, pakaian layak pakai serta selimut.

bantuan-gempa-di-meksiko
Posko gempa di Meksiko

Bantuan tersebut dikirimkan secara langsung ke posko bantuan di Zona Rosa, Mexico City, serta ke wilayah Ecatzingo di negara bagian Estado de Mexico, yang terletak di dekat perbatasan Estado de Mexico dan Morelos.

Warga Indonesia saat memberikan bantuan gempa Meksiko
Warga Indonesia saat memberikan bantuan gempa Meksiko

Ecatzingo merupakan salah satu wilayah yang sangat dekat dengan lokasi pusat gempa berkekuatan 7,1 SR yang mengguncang Meksiko pada tanggal 19 September 2017 lalu. Akibatnya lebih dari 600 rumah di wilayah tersebut hancur serta mengalami rusak berat.

Bantuan dari KBRI Meksiko
Bantuan dari KBRI Meksiko

Meski menjadi salah satu wilayah yang terdekat dengan epicentrum gempa, namun hingga kini warga Ecatzingo masih belum banyak menerima bantuan. Karena pertimbangan itulah pihak KBRI Mexico City & IDNMX memilih untuk memberikan bantuan secara langsung ke wilayah tersebut.

Bantuan secara moral dan fisik diberikan oleh relawan dari warga Indonesia
Bantuan warga Indonesia kepada korban gempa
Bantuan warga Indonesia kepada korban gempa

korban-gempa-meksiko

Selain memberikan bantuan secara materi, masyarakat Indonesia yang tinggal di Meksiko juga memberikan bantuan dengan menjadi relawan untuk menolong korban gempa, salah satunya dengan membantu menyediakan makanan di dapur umum yang didirikan bagi korban gempa.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply