Hewan Quokka Australia yang Lucu dan Murah Senyum

hewan quokka
Hewan Quokka asli Australia, hewan paling bahagia di dunia. Foto: @aliciahassinger

Hitput.com – Setiap negara seringkali memiliki julukan yang diambil dari nama hewan khas disana ataupun hewan yang terdapat dalam kisah-kisah legenda di negera tersebut, misalnya negara Thailand yang terkenal dengan julukan negeri gajah putih, Nepal yang dikenal dengan sebutan “Himalayan Tiger”, Selandia baru yang dijuluki negeri kiwi, Taiwan yang terkenal dengan julukan negeri naga kecil Asia, China yang dikenal dengan negeri Panda, dan masih banyak lagi lainnya. Di Indonesia pun lambang negaranya adalah burung Garuda!

Nah, kalau negara Australia kira-kira julukannya apa? Hah kadal! Hahaha. Yang benar Australia dikenal dengan julukan negeri kanguru, ya memang suatu hal yang sangat wajar karena hewan tersebut merupakan hewan endemik asli sana yang mudah sekali untuk dijumpai, jika diibaratkan di Indonesia maka kanguru di Australia ini udah kaya kambing aja yang diternak dan dagingnya dikonsumsi.

quokka australia
Quokka, hewan yang terkenal dengan murah senyum. Foto: @instaquokka

Selain kanguru hewan apalagi si yang identik dengan negara Australia? Satu lagi yang sangat terkenal adalah koala, tetapi masih ada satu hewan asli sana yang mungkin masih sangat jarang orang ketahui bahkan baru mendengar namanya, hewan yang satu ini selain lucu mereka juga sangat murah senyum, bahkan dikatakan sebagai hewan paling bahagia didunia, tau ngga hewan apa? Namanya adalah Quokka, masih asing banget kan dengan nama hewan yang satu ini.

(Baca juga: Wisata Sambil Belajar di Kuntum Farmfield Bogor)

Kalau kalian yang hidup di “jaman old” dan pernah merasakan permainan ABC lima dasar menghitung jari, kalian pasti ngerasain betapa susahnya mencari nama hewan yang huruf awalnya Q dan X, ternyata ada hewan yang bernama Quokka ini, hehehe. Jika dilihat-lihat si hewan ini sepintas mirip dengan marmut namun bulunya berwarna cokelat dan ukurannya lebih besar.

Ingin tahu fakta-fakta menarik lainnya seputar hewan Quokka ini, simak penjelasannya dibawah ini ya:

Habitat Hewan Quokka

quokka
Hewan Quokka yang ramah dan terlihat suka senyum. Foto: @robcollingridge

Hewan yang satu ini dapat digolongkan kedalam hewan yang langka, apa sebabnya? Karena habitat asli dari hewan quokka ini berada di salah satu pulau kecil di Australia yaitu pulau Rottnest Island, jadi jika kamu ingin melihat hewan ini maka harus berkunjung langsung kesana. Selain bisa bertemu dengan hewan yang ramah dan murah senyum ini, kamu juga akan disuguhi pemandangan laut biru yang membentang dengan hiasan bebatuan putih yang berada di tepiannya.

Ya meskipun kenyatannya hewan ini sangat mudah untuk diajak berinteraksi dengan manusia, namun illegal hukumnya memelihara hewan tersebut.

(Baca juga: Jenis-jenis Fobia Pada Makanan, Kamu Termasuk yang Mana?)

Hewan Quokka Memiliki Kantung Seperti Kanguru

hewan quokka
Hewan Quokka yang mirip seperti Kangguru. Foto: @instaquokka

Hewan berkantung yang kamu ketahui mungkin hanya kanguru, tetapi nyatanya quokka ini juga memiliki kantung di perut sama seperti kanguru. Seperti halnya kantung kanguru yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dan tempat yang nyaman bagi sang anak, kantung dari quokka pun fungsinya demikian, setelah anak quokka lahir maka akan tinggal di dalam kantung ibunya sampai akhirnya anak quokka tersebut bisa hidup mandiri.

Quokka Adalah Hewan Herbivora

quokka
Hewan Quokka yang suka tersenyum. Foto: @instaquokka

Jika kamu mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke Australia dan mendatangi pulau habitat hewan quokka ini maka tidak perlu takut untuk melakukan interaksi dengan mereka, karena quokka ini termasuk hewan herbivora yang memakan tumbuhan dan dedaunan. Biasanya mereka memakan daun-daun, rumput, kulit kayu ataupun batang pepohonan. Tetapi jika kamu berinteraksi dengan hewan ini harus hati-hati juga karena mereka memiliki kuku yang cukup tajam.

Quokka Hewan Paling Bahagia di Dunia

hewan quokka
Quokka, hewan paling bahagia di dunia. Foto: @artafricaphoto

Memang apa sih yang membuat hewan ini disebut sebagai hewan paling bahagia di dunia? Mungkin alasannya karena quokka sangat murah senyum, maka tak heran jika kamu googling gambar hewan ini kemudian menjumpai foto-foto yang menunjukkan hewan ini layaknya seperti orang yang sedang tersenyum bahagia. Bahkan tak sedikit pula orang-orang yang melakukan selfie dengan quokka dan hasilnya sangat menggemaskan karena si quokka terlihat sangat antusias dengan tersenyum saat di ajak selfie.

Oke, itulah pembahasan singkat mengenai hewan quokka Australia yang sangat lucu dan murah senyum, jadi buat kamu yang liburan ke negara Australia jangan lupa untuk mengunjungi pulau habitat hewan ini, dan jangan lupa juga untuk ber-selfie dengan mereka, hahaha.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here