Home fresh 3 Makanan Lokal Dekat Danau Toba, Perlu Dicoba!

3 Makanan Lokal Dekat Danau Toba, Perlu Dicoba!

Makanan Lokal Sekitar Danau Toba
Inilah Berbagai Makanan Lokal Sekitar Danau Toba yang Wajib Kamu Coba. image: pexels.com

Hitput.com3 Makanan Jalanan Lokal Dekat Danau Toba, Perlu Dicoba! Di setiap negara, kebanyakan orang datang secara khusus untuk mengunjungi lokasi yang menakjubkan. Nah, kebanyakan dari mereka adalah berwisata alam yang selalu dapat menarik pengunjung baru setiap hari.

Contoh yang nyata dari mereka adalah Danau Toba yang hebat di pulau Sumatera. Meskipun jarak dari Jakarta dianggap sangat jauh, tetapi banyak orang masih ingin pergi ke sana selagi mereka bisa.

Tentu saja, menjelajahi lokasi eksotis di Indonesia tidak akan lengkap tanpa mencoba makanan tradisional yang ada di daerah tersebut. Daerah di sekitar Danau Toba juga memiliki beberapa makanan tradisional yang patut Anda coba.

Kami mencoba mengumpulkan 3 makanan yang dilansir dari factsofindonesia.com.  Anda dapat lihat tepat di bagian di bawah ini:

Baca Juga: Wisata Kuliner Bakso Enak dan Unik di Jogja, Udah Nyobain?

1. Sambal Tuktuk

Ilustrasi Makanan Lokal Sekitar Danau Toba – Sambal Tuk Tuk. image: cookpad.com

Sebagai makanan pertama dalam daftar, kami ingin memperkenalkan hal yang disebut Sambal Tuktuk. Kami telah memberi tahu Anda pada beberapa artikel sebelumnya bahwa orang-orang di Indonesia sangat suka menambahkan sambal sebagai pelengkap makanan mereka.

Begitu juga orang-orang yang tinggal di sekitar Sumatera Utara, mereka bahkan memiliki Sambal khusus mereka sendiri. Sambal Tuk tuk menggunakan bahan-bahan dasar dari ikan dan sayuran.

Orang-orang di sekitar Tapanuli menggunakan ikan Aso-Aso untuk membuat sebagian besar Sambal Tuktuk. Kemudian, mereka menambahkan beberapa hal seperti bawang, cabai, jeruk nipis, bawang putih, dan beberapa lada. Rasanya begitu segar dan gurih juga sedikit asin.

Baca Juga: 4 Makanan Khas Lampung Unik dan Enak yang Wajib Kamu Coba, Penasaran?

2. Dali ni Horbo

Ilustrasi Makanan Lokal Sekitar Danau Toba – Dali ni Horbo. image: yukmakan.com

Yang berikutnya di harus mencoba makanan jalanan lokal di dekat Danau Toba adalah Dali ni Horbo. Makanan tradisional Sumatera Utara yang terlihat bersih ini terbuat dari susu. Tapi bukan susu sapi, susu kerbau. Mereka memprosesnya untuk beberapa waktu. Dan hasil akhirnya adalah makanan putih kental yang rasanya mirip keju.

Namun, jika keju dibuat dengan bahan kimia tambahan, Dali ni Horbo tidak menggunakannya sama sekali. Jadi Anda dapat mengatakan bahwa ini adalah keju paling alami yang bisa Anda miliki di dunia ini.

Biasanya, sepiring Dali ni Horbo akan dijual seharga sekitar sepuluh atau dua puluh ribu rupiah. Ini harga paling terjangkau yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan Khas Makassar Yang Tidak Boleh Dilewatkan

3. Mie Gomak

Ilustrasi Makanan Lokal Sekitar Danau Toba – Mie Gomak. image: pexels.com

Jika di beberapa tempat di Indonesia memiliki mie unik sendiri seperti Mie Ayam, Mi Bakso, dan yang lainnya, daerah Sumatera Utara juga memiliki satu mie spesial bernama Gomak. Terlihat sangat mirip dengan Mie Aceh, meskipun ada perbedaan besar di antara keduanya.

Namun, Mie Gomak diberi nama sesuai cara mengolahnya, yaitu dengan tangan atau Gomak. Bentuk mie benar-benar mirip spaghetti. Itu sebabnya banyak orang menyebut Mie Gomak ini sebagai spageti Batak.

Biasanya, mie akan disajikan dalam dua bentuk berbeda, basah dan kering. Anda dapat memilih salah satunya yang paling cocok untuk Anda. Anda dapat menemukan mie ini dengan mudah di beberapa sekolah atau warung di jalan utama

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.