images

Tubuh manusia, baik pria mau pun wanita sejatinya memiliki fungsi yang sama. Namun ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antara komponen tubuh pria dan wanita. Salah satunya adalah mata..

Pandangan mata pria dan wanita

Dalam sebuah tulisan di buku karangan Allan dan Barbara Pearce yang berjudul “Why Men Do Align Leftn’t Listen and Women Cant Read Maps,” ada sedikit perbedaan antara mata wanita dan pria..

Pandangan wanita diketahui lebih melebar sedangkan pandangan pria lebih tajam. Selain itu pria lebih bisa melihat di dalam gelap, sementara mata wanita bisa melihat lebih banyak..

Illustration Image by yanalya / Freepik
Illustration Image by yanalya / Freepik

Inilah salah satu alasan kenapa wanita lebih mudah mencari barang hilang dibanding pria, karena otaknya bisa memproses lebih banyak gambar dalam satu waktu dibanding pria..

Seperti kebanyakan wanita sering bilang ke prianya “kamu kalau mencari barang tuh dengan mata bukan dengan mulut” saat si pria sedang mencari sesuatu tapi hanya bisa bertanya-tanya saja ke wanitanya..

Mata wanita lebih unggul dalam membedakan warna

Mata wanita lebih unggul dalam membedakan warna. Sementara mata pria lebih baik dalam melacak objek yang bergerak cepat dan melihat secara detail dari kejauhan.

Dalam penelitiannya profesor psikologi, Israel Abramov, melakukan tes terhadap orang dengan usia dewasa dan muda dengan penglihatan normal. Dalam percobaan warna tersebut ternyata pria dan wanita memiliki perbedaan kemampuan dalam melihat suatu objek yang sama.

Tim peneliti menyimpulkan, untuk dapat mengenali warna, sebagian besar spektrum penglihatan pria membutuhkan gelombang sedikit lebih panjang daripada wanita. Gelombang yang lebih panjang berhubungan dengan warna yang “hangat.” Seperti dikutip via National Geographic News.

Sebagai contohnya warna orange, pada penglihatan pria akan muncul lebih merah dibanding saat ditangkap oleh mata wanita. Sebaliknya, di warna yang lebih “dingin” seperti hijau rumput, mata wanita selalu menangkap lebih hijau dibanding pria. Bagi pria, warna tersebut sedikit lebih kekuning-kuningan.

So, bagaimana menurut kamu, sudah pernah dibuktikan sendiri kah?

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here