Home fresh Tips Sebelum Membeli Sepeda Lipat yang Harus diperhatikan

Tips Sebelum Membeli Sepeda Lipat yang Harus diperhatikan

Ilustrasi Toko Penjualan Sepeda. image: pexels.com

Hitput.com – Dimasa pandemi covid-19 ini olahraga yang sedang menjadi trend adalah bersepeda. Sepeda sendiri banyak sekali ya modelnya, salah satunya adalah sepeda lipat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tips sebelum membeli sepeda lipat, jadi jangan sampai kamu membeli sepeda yang salah ya!

Nah, dalam memilih sepeda lipat ini lebih kompleks jika dibandingkan dengan memilih sepeda biasa, utamanya tentu saja berkaitan dengan fungsi dapat dilipatnya ini. Jika kamu berniat membeli sepeda lipat yang bisa dibawa kemana-mana misal dimasukkan ke bagasi mobil saat liburan maka harus mencari tipe yang sesuai. Karena tipe dari sepeda lipat pun banyak, ada yang hanya memiliki 2 bagian lipatan, ada juga yang lebih dari itu.

Jadi apa saja sih tips sebelum membeli sepeda lipat yang harus diketahui? Simak ulasannya dibawah ini ya.

Baca Juga: Tips Mengembalikan Motivasi Kerja Pasca Libur Panjang

Kemampuan Lipat

Tentu ini faktor utama seseorang membeli sepeda lipat ya, seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa model sepeda lipat ini banyak sekali. Maka tips sebelum membeli sepeda lipat yang pertama adalah kamu butuh yang kemampuan lipatnya seperti apa? Disini untuk kemampuan lipat saya bagi menjadi dua komponen yaitu kecepatan dalam hal melipat dan ukuran sepeda ketika dilipat.

Ilustrasi Ukuran Sepeda Ketika dilipat. image: www.jakartanotebook.com
  • Ukuran ketika terlipat

Untuk ukuran dan volume dari sepeda lipat ini yang menjadi patokan adalah ukuran rodanya. Contoh sepeda lipat merek Brompton dengan ukuran roda 16” memiliki ukuran 58,5 x 56,5 x 27 cm dan volume 89 liter. Merek Dahon Mu Si ukuran roda 20” – 66 x 82 x 32 cm dan volume nya 173 liter. Dan masih banyak ukuran-ukuran lainnya, dan untuk ukuran ini bisa saja berbeda antar merek sepeda satu dengan lainnya.

  • Kecepatan melipat sepeda

Ini menjadi salah satu tips sebelum membeli sepeda lipat yang perlu diperhatikan, jangan sampai tujuan utama membeli sepeda lipat agar lebih efektif justru malah tambah ribet ya! Pada umumnya sih waktu untuk melipat sepeda bisa dilakukan dalam hitungan detik, namun sepeda yang memiliki lipatan banyak bisa memakan waktu sampai beberapa menit.

Selain itu, ada juga sepeda lipat yang membutuhkan alat tambahan untuk melipatnya. Inilah kenapa saya mengatakan harus memperhatikan faktor kecepatan dalam melipat sepeda.

Baca Juga: Tips Bersepeda Aman dimasa Pandemi Covid-19

Ukuran Sepeda

Ilustrasi Sepeda Lipat. image: sepeda.me

Tips selanjutnya adalah memilih ukuran sepeda yang tepat. Pada umumnya sepeda lipat ini ukurannya mungil-mungil ya, tapi kamu bisa mengatur bagian handlebears dan tinggi-rendah tempat duduk sehingga bisa bersepeda seperti menggunakan sepeda normal. Ya intinya sih kamu harus menyesuaikan dengan postur tubuh kamu.

Ukuran Roda

Tips sebelum membeli sepeda lipat ini sudah dibahas sedikit ya diatas, besar kecilnya ukuran roda menjadi faktor penentu ukuran saat dilipat nanti. Selain itu, ukuran roda ini berpengaruh juga pada jarak tempuh dalam bersepeda nanti, kalau kamu mau bersepeda dengan jarak yang cukup jauh maka carilah sepeda lipat yang ukuran rodanya lebih besar. Dengan ukuran roda besar maka laju sepeda menjadi lebih cepat dan tentunya membuat kamu lebih nyaman saat touring bersepeda.

Memilih ukuran ban ini sangat penting dilakukan sebelum membeli, jika sudah membeli kemudian kamu ingin merubah ukuran ban tentu tidak semudah itu ya. Karena sepeda lipat ini memang sudah dirancang sedemikian rupa dengan rangka dan bagian yang sudah diperhitungkan. Jadi ngga bisa asal ganti-ganti aja ya.

Baca Juga: Jangan Asal Bepergian! Ini Tips Liburan Aman dimasa Pandemi Covid-19

Kapasitas Angkut

Ukuran sepeda lipat yang tidak terlalu besar secara otomatis mempengaruhi seberapa besar kapasitas angkutnya. Jadi kamu harus tahu spesifikasi sepeda lipat tersebut kapasitasnya berapa sehingga bisa memperkirakan nantinya barang apa saja yang dapat dibawa saat bersepeda.

Oke, itulah beberapa tips sebelum membeli sepeda lipat. Harus teliti ya sebelum membeli, jangan sampai kamu nyesel saat sudah membeli. Karena harga sepeda lipat juga lumayan mahal, sayang-sayang kalau sudah beli tapi tidak terpakai.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.


Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.