Cekrek…Cekrek….Upload… Yang Berkualitas!

Seiring dengan perkembangan era digital, fenomena photography semakin marak. Tidak seperti zaman dulu, untuk mendapatkan hasil dengan kamera yang bagus harus mengocek kantong lebih dalam dikarenakan harga kamera pada saat itu masih selangit. Namun untuk saat ini banyak kamera-kamera dengan harga murah yang dapat menghasilkan foto yang bagus. Sebut saja kamera mirrorless, dilihat dari desainnya yang simple dan harga yang lebih miring dari kamera SLR namun hasilnya tidak bisa dipandang sebelah mata, membuat banyak penggemar foto beralih menggunakan kamera ini. Ada juga kamera pocket, yang harga dan bentuknya jauh lebih miring lagi walau kualitas ga sebagus kakak-kakaknya tapi cukup lah untuk kalian yang suka jeprat jepret mengabadikan setiap moment yang ada. Ada juga camera action untuk kalian yang suka sport water, desainnya yang mini sangat cocok untuk dibawa kemana-mana dan sangat cocok untuk kalian yang hobi berpetualang.

Namun apabila kalian ingin yang lebih simple, dan ga harus mengeluarkan dana exstra untuk membeli kamera, tenang saja kalian bisa kok memanfaatkan handphone kalian. Pasti pada punya dong handphone yang ada kameranya? Daripada tuh handphone sepi ga ada notif chatan yang masuk mending dimanfaatkan untuk cekrek cekrek upload. Tapi… hasilnya ga sebagus dengan kamera slr? Siapa bilang? Pasti iya lah *evil smirk* eits tapi bukan berarti dengan kamera handphone kalian ga bisa ambil foto sekelas photographer pro loh. Dengan beberapa trik, anda pun bisa mengalahkan photographer kelas dunia. Walau hanya mengandalkan kamera handphone. Cekidot

1. Waktu yang tepat

Gak hanya proses pdkt yang perlu waktu yang tepat untuk menembak, tapi dalam pengambilan foto juga diperlukan bidikan di waktu yang tepat, kita bisa memanfaatkan fenomena alam yang terjadi. Pilihlah waktu ketika alam sedang menampakkan keindahannya, karena hal itu sangat membantu foto kita terlihat indah pula. Misal pada saat awan cerah, atau saat senja.

2. Angle (sudut objek).

Sebuah foto bisa terlihat berbeda hanya karena pengambilan sudutnya yang berbeda. Coba lah untuk mengambil beberapa foto dengan angle yang berbeda, karena dengan begitu kita akan bisa membandingkan angle mana yang hasilnya bagus.

3. Candid.

Coba lah untuk mengabadikan moment candid (ketika objek tidak melihat kamera) karena saat candid adalah saat ketika objek berperilaku natural, tanpa senyum yang dipaksa. Sehingga hasil foto akan terlihat lebih alami.4. Improvisasi.

Ketika alam tidak berpihak pada kita disaat akan mengabadikan sebuah moment bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan hasil yang bagus. Coba lah berimprovisasi dengan objek di sekitar. Karena mendung bukan berarti badai kan?5. Personafikasi.

Cobalah menghidupkan benda mati yang sedang jadi objek foto kita. Misalnya bulan sabit yang terlihat  sedang tersenyum berikut ininote ini bukan diambil dari kamera handphone ya ^^v

Atau kita juga bisa mencoba berinteraksi dengan benda mati yang menjadi objek kita

6. Zoom.

Beberapa orang mungkin beranggapan kalau objek yang terlalu jauh akan lebih bagus kalau di zoom. Sebenernya itu salah besar, karena sesungguhnya dengan hasil dari zoom akan membuat foto terlihat lebih pecah sehingga hasil foto akan terlihat lebih tidak bagus. Dan mungkin juga zoom dapat menghilangkan beberapa objek yang justru dapat memperbagus foto kita. Tapi ada beberapa foto yang mungkin memang memerlukan zoom, tapi usahakan minimalisir penggunaan zoom. Menurut kalian foto ini lebih bagus di zoom atau tidak?

7. Siluet.

Karena hitam bukan berarti kelam, dan backlight bukan berarti petaka. Dengan bantuan view yang bagus foto backlight pun bisa terlihat lebih bagus bukan.

8. Cekrek.

Sebanyak mungkinDan yang terakhir dan paling penting adalah latihan. Karena seorang pilot ga akan bisa menerbangkan pesawat tanpa latihan bukan? Coba latihan dengan hal simple terlebih dahulu seperti menangkap setiap moment yang ada di sekitar kita. Dengan banyaknya foto yang diambil maka kalian akan semakin trampil mengambil foto.

Selamat mencoba menghasilkan foto yang berkualitas, jangan asal cekrek upload cekrek upload yaa. Ohya jangan lupa jika berkenan untuk follow IG author di @ranichaii 😉 CMIIW ~~~

*photo taken by me using Samsung Galaxy (except no 5) and me as model 🙂

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here