Ini 4 Jenis Barang Bawaan yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

(hiking – santabarbaraca.com)
(hiking – santabarbaraca.com)

Hitput.com – Guys, apakah kamu ingin sekali-kali mendaki gunung biar ngerasain pengalaman yang menantang? Eits, tapi mendaki gunung itu perlu persiapan matang seperti fisik yang sehat, pengetahuan yang cukup, dan perlengkapan yang memadai. Nah, biar misimu lancar, ini rangkuman 4 daftar bawaan mendaki gunung khusus bagi pemula.

Perlengkapan Jalan
(Carrier bag consina – cadventura.com)
(Carrier bag consina – cadventura.com)

Saat mendaki gunung, pastinya kamu perlu carrier dan raincover untuk membawa barang-barangmu. Sesuaikan ukuran carrier dengan durasi menginap, misal bila menginap 2 hari cukup membawa ransel ukuran 40 L. Berdasar rekomendasi para pendaki, lebih baik kamu memilih carrier merek lokal dengan harga murah, tapi kualitas ok punya seperti Consina, Eiger, Gravel, dan Rei.

Selain ransel, siapkan perlengkapan jalan seperti senter, sepatu gunung, jas hujan, Treking Pole atau tongkat kayu, korek api dan peluit. Bila perlu, kamu bisa memakai gaiters atau leggers, dipasang di atas sepatu untuk melindungi tungkai bawah kaki. Jangan lupa bawa kacamata hitam biar lebih stylish.

(Baca juga: Tempat Wisata di Indonesia Yang Bagus dan Murah)
Pakaian dan Perlengkapan Tidur
(Sleeping bag – midwayusa.com)
(Sleeping bag – midwayusa.com)

Jangan lupa memasukkan pakaian ke dalam daftar bawaan mendaki gunung yang penting. Bedakan antara pakaian yang digunakan untuk mendaki dengan baju tidur. Pakaian untuk mendaki pilih yang longgar dan nggak terlalu tebal. Agar keringatmu terserap dan lebih cepat kering, gunakan kaos jersey atau bahan-bahan yang sintetis gitu deh.

Sedangkan untuk tidur kamu perlu menyiapkan 2 jaket tebal. Kamu tau sendiri kan, udara gunung dinginnya minta ampun. Jangan lupa bawa dua celana pendek, sarung tangan, masker, kupluk, dan decker untuk menjaga lututmu saat mendaki. Untuk perlengkapan tidur, siapkan sleeping bag dan matras ya, biar tidurmu bisa nyenyak.

Perlengkapan Logistik, Alat Mandi, dan Obat-obatan
(Makanan – threeexploler.blogspot.com)
(Makanan – threeexploler.blogspot.com)

Saat mendaki, kamu membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup serta glukosa yang tinggi. Jadi membawa makanan seperti roti, mie, dan sereal, serta permen, coklat, dan air minum menjadi prioritas, guys. Boleh juga membawa permen jahe untuk menghangatkan badanmu.

Peralatan mandi seperti handuk, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan shampo, perlu untuk menjaga kebersihan diri saat mendaki. Sedangkan obat-obatan yang penting untuk dibawa antara lain diare, antinyeri, dan obat turun panas.

Perlengkapan Komunikasi dan Navigasi
(Perlengkapan komunikasi – lazada.co.id)
(Perlengkapan komunikasi – lazada.co.id)

Sepertinya nggak perlu diingetin lagi deh, kalau kamu harus membawa kamera digital buat dokumentasi dan peralatan komunikasi, HT dan smartphone. Jangan salah, kadang kamu juga bisa dapat signal kok saat di ketinggian. Siapa tau kamu pengin kasih kabar sama keluarga di rumah? Lalu yang terakhir, biar kamu nggak tersesat, jangan lupa gunakan GPS dan peta jalur pendakian ya!

Nah, itulah 4 jenis perlengkapan yang wajib masuk dalam daftar bawaan mendaki gunung, yang sudah dikelompokkan bagi pendaki pemula. Gimana menurutmu Guys, nggak ribet-ribet amat kan?

Leave your vote

6 points
Upvote Downvote

Leave a Reply