Kisah Sukses Colonel Sanders Memulai Bisnis KFC

Sepertinya hampir sebagian orang pernah mengkonsumsi fast food seperti KFC. Salah satu fast food terkenal di Amerika Serikat dan sudah bertahan lama sampai sekarang.

KFC
image by pondicherryinfo.in

 

Merasakan sudah, tapi kamu tahu gak sih sebenarnya KFC itu punya history yang sangat panjang, terutama dibalik kesuksesan KFC itu siapa yang membuat dan memulai bisnisnya hingga sukses sampai sekarang? Kali ini kita akan bahas secara singkat kisah sukses seseorang yang memulai bisnis KFC ini.

 

Kisah Singkat Colonel Sanders Memulai Bisnis KFC

09-10-30-200px-Harland_Sanders

Harland David “Colonel” Sanders lahir di Henryville, Indiana, Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1890.

Tahukah kamu ketika Ia berumur 17 tahun, Ia pernah dipecat 4 kali dari pekerjaan? Tetapi selang satu tahun kemudian di usia 18 tahun dia menikah dan menjadi konduktor. Dan lagi-lagi Ia gagal dalam pekerjaannya di usia 22 tahun. Bahkan Ia pernah masuk militer dan akhirnya dikeluarkan.

(Baca juga: Kisah Perjuangan Kakek Penjual “Rambut Nenek)

 

Seperti dikutip dari wikipedia, sebelum menuai kesuksesannya, selama 9 tahun Kolonel Sanders berusaha menyempurnakan metode memasak ayam dengan menggunakan sebelas bumbu dan rempah-rempah seperti yang dikenal saat ini. Dengan resep masakan tersebut, daging ayam menjadi sangat empuk, renyah, dan gurih. Dia juga menggunakan pressure cooker yang lebih cepat memasak ayam daripada penggorengan biasa dan meningkatkan cita rasanya, sehingga saat ini dikenal istilah restoran cepat saji atau fast food karena kecepatan memasak ayam dan kelezatan rasanya.

Pada tahun 1952, Kolonel Sanders menjual semua propertinya untuk berkeliling dari kota ke kota dan dari restoran ke restoran untuk menawarkan resepnya. Sayangnya, lebih dari 1.000 restoran menolak resep yang ditawarkannya, tetapi dia tidak menyerah begitu saja dan terus berkeliling sampai tiba di restoran ke 1.008 yang mau membeli resepnya dan selanjutnya mengembangkan usaha waralaba yang diberi nama KFC. Ketika itu usia dia sudah mencapai 66 tahun saat memulai bisnisnya.

 

Di usia 88 tahun, Colonel Sanders menjadi billionaire dari usaha Kentucky Fried Chicken (KFC).

Moral cerita dari ini, tidak pernah ada kata terlambat kawan untuk memulai sesuatu yang menurut kamu itu bisa menjadi modal kesuksesan kamu kedepan. Yang terpenting sikapmu dan kegigihanmu. Seberapapun gagalnya, bangkitlah terus dan belajar dari tiap kesalahan yang telah kamu alami. Nasib kita berada dalam tangan kita bukan dalam tangan orang lain. Semoga sukses.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply