Kisah Inspiratif Pengusaha dan Investor Sukses Ternama yang Bisa Kamu Tiru

Ilustrasi gambar seorang pengusaha sukse
Ilustrasi gambar seorang pengusaha sukses (Image: pexels.com)

Hitput.com – Setiap kisah sukses dimulai dari cara sederhana dan selalu melibatkan banyak pekerjaan dan kerja keras. Tidak ada yang namanya instan. Bahkan kisah pengusaha sukses pun berawal dari bawah atau dari nol.

Belakangan ini banyak orang mulai melirik dunia usaha ketimbang menjadi karyawan suatu perusahaan. Kesuksesan finansial yang bisa diperoleh dari membangun usaha sendiri mendorong orang untuk memilih memulai usaha mereka sendiri. Banyak kisah sukses para pengusaha yang mulai dari nol dan harus melewati jalan panjang dan berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menjajal dunia wirausaha.

Di sini Anda bisa menyimak 2 kisah inspiratif pengusaha dan investor sukses ternama dunia yang rata-rata memulai dari bawah dan serba sulit sebelum mencapai kesuksesan seperti sekarang.

Baca juga: Kisah Inspiratif Gibran Huzaifah, Entrepreneur Muda Asli Indonesia yang Diakui Dunia

1. RAY KROC, PENGUSAHA

Ray Kroc joined McDonalds as a franchise manager.
Ray Kroc joined McDonalds as a franchise manager. 10 years later he bought the entire business for $2.7m (Image: medium.com)

Ray Kroc adalah seorang pengusaha yang membeli McDonald’s Corporation pada tahun 1955, dan menjadikannya the best sebagai restoran cepat saji terbesar di dunia. Sebelumnya kerajaan McDonalds lahir 60 tahun yang lalu , ketika Ray Kroc mengambil perusahaan. Ketika itu Ray sudah berusia 52 tahun dan menjual mesin milkshake.

Pada suatu ketika, penjualan gelas kertas milik perusahaan Kroc menurun sehingga manajemen terpaksa memotong gajinya sekitar 10%. Kroc tidak menerima, karena ia beranggapan bahwa ia bekerja lebih keras dari yang lain—dan memang itu kenyataannya. Merasa takut kehilangan seorang salesman terbaiknya, manajemen pun mengabulkan keinginan Kroc. Namun tak lama kemudian, manajemen malah memotong gaji anak buah Kroc. Ia pun berang dan memutuskan untuk keluar dari perusahaan.

Setelah keluar, Kroc berusaha mencari bisnis lain untuk menopang hidupnya. Ia menemui Earl Prince, pria yang pernah ditemuinya ketika berjualan gelas kertas. Kroc kemudian merayu Earl untuk memberinya hak eksklusif untuk memasarkan formula milkshake buatan Earl. Earl mengabulkannya, dan dalam waktu 15 tahun, Kroc berhasil memasarkan produk ini ke seluruh Amerika. Salah satu kliennya adalah sebuah restoran lokal kecil yang disebut McDonalds.

Ketika dia melihat lebih dekat, dia menjadi sadar akan visi rantai di seluruh dunia. Pertama, dia memberi pemilik beberapa waralaba. Kemudian, ia langsung membeli seluruh bisnis dari mereka karena pemiliknya tidak membagikan visinya.  Sumber tentang kisah ini tertuang di dalam bukunya Grinding It Out: The Making of McDonalds.

Baca juga: Menilik Kisah Sukses Entrepreneur Muda Asli Indonesia

2. WARREN BUFFETT, INVESTOR

Warren Buffett has been making the same salary for decades
Warren Buffett has been making the same salary for decades — and it’s surprisingly low (Image: cnbc.com)

Anda harus tahu nama itu. Warren Buffett adalah investor paling terkenal dan mungkin paling sukses di dunia. Selama beberapa dekade, ia telah menghasilkan pengembalian tinggi untuk dirinya sendiri dan pemegang saham perusahaannya Berkshire Hathaway. Buffett sering disebut “Wizard of Omaha” (Penyihir dari Omaha) atau “Oracle of Omaha” (Peramal dari Omaha), dan dikenal karena kesetiaannya pada metode investasi value investing, dan untuk gaya hidupnya yang frugal meskipun memiliki kekayaan yang begitu besar.

Buffett memperlihatkan ketertarikan yang besar pada bisnis dan investasi pada umur yang sangat muda. Salah satu bisnis awalnya adalah menjual permen karet, Coca Cola, dan majalah mingguan dari pintu ke pintu. Dia juga bekerja di toko kelontong milik kakeknya. Saat masih di SMA, dia mendapatkan uang dengan mengantar koran, menjual bola golf dan perangko, menyemir mobil, dan lain-lain.

Selama beberapa dekade dia menghabiskan banyak waktu di ruang kerjanya setiap hari mempelajari laporan. Kerja keras yang sulit dilakukan oleh investor mana pun. Ini adalah hasratnya, itu menyenangkan, jadi dia menginvestasikan waktu yang diperlukan dan itu bekerja berulang kali.

Buffett dikenal hidup sangat sederhana. Buffett juga adalah seorang philanthropist yang sangat berdedikasi, yang bersumpah akan menyumbangkan 99 % kekayaannya untuk keperluan2 philanthropic, mayoritas via Gates Foundation. Pada 11 April 2012 Buffett didiagnosis menderita kanker Prostat, dan berhasil sembuh pada September 2012. Buffett juga aktif berkontribusi pada urusan politik, seperti memberikan support kepada Hillary Clinton sebagai kandidat Presiden dari partai Demokrat untuk pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016. Sumber tentang Warren Buffett dalam buku Buffet yang menarik: The Story of a American Capitalist.

Itulah 2 kisah sukses inspiratif dari pengusaha dan investor ternama yang bisa Anda ambil hikmah atau manfaat dan pelajarannya. Semoga menginspirasi!

Leave your vote

6 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply