Merakit Sepeda Lipat Sendiri, Lebih Menghemat Biaya?

merakit sepeda lipat sendiri
Ilustrasi Sepeda Lipat Merk Flock OTD Seharga 12 Juta. image: bukalapak.com

Hitput.com – Bersepeda menjadi solusi olahraga yang bagus di masa pandemi ini, kamu tetap bisa menikmati keindahan alam sekaligus menyehatkan badan. Tapi jangan lupa! tetap harus patuh dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan ya.

Nah, berbicara soal bersepeda! Pastinya kamu sudah tidak asing dengan sepeda masa kini yaitu “seli” alias sepeda lipat. Ya, karena bersifat fleksibel tak heran jika seli ini banyak peminatnya. Meskipun seli dengan kualitas super harganya bisa mencapai belasan juta namun pembelinya tetap antusias.

Selain seli yang sudah seperangkat (tinggal gowes), ada juga loh merk seli yang menyediakan komponen terpisah sehingga kamu bisa merakit sepeda lipat sendiri. Nah, kira-kira lebih hemat membeli sepeda lipat seperangkat atau merakit sendiri? Yuk simak ulasan mengenai komponen perakitan sepeda beserta biayanya.

Frame

Komponen pertama jika kamu ingin merakit sepeda lipat sendiri tentunya harus menyediakan frame atau rangka. Pastinya ini menjadi bagian terpenting dalam merakit sepeda sendiri. Kamu bisa mencari frame yang memang dikhususkan untuk perakitan, misalnya merk Fnhon atau merk Flock OTD yang bisa dibilang cukup susah mendapatkannya.

Untuk merk Flock OTD ini, selain susah didapat harganya-pun cukup mahal ya! Kamu bisa mendapatkan frame ini dengan harga kisaran 3 – 4 jutaan. Dengan mengeluarkan biaya segitu kamu baru mendapat frame dan termasuk setang (handlepost) dan fork saja, sementara tiang jok dan sadel belum dapat.

Baca Juga: Tips Sebelum Membeli Sepeda Lipat yang Harus diperhatikan

Groupset

Komponen selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk merakit sepeda lipat sendiri adalah groupset. Ada beberapa komponen dari groupset ini, ya namanya juga group jadi banyakan dong, hehehe. Komponennya apa aja sih? Ada crank, shifter, rantai, chainring, dan sprocket.

merakit sepeda lipat sendiri
Ilustrasi Groupset Sepeda Lipat Yaitu Crank, Shifter, Rantai, dan lainnya. image: gowespedia.com

Pertama crank, ada dua tipe crank yaitu single speed dan dual speed. Nah, untuk seli (sepeda lipat) ini biasanya sih pake yang single speed ya! Oke, sekarang untuk kisaran harga crank berapa? Umumnya yang dual speed lebih mahal, tapi ada juga sih yang single speed tapi lebih mahal. Ya kalau dikira-kira sih harga crank kisaran 200 ribu – 600 ribuan.

Sementara harga chainring (gerigi ring) kisaran 300 ribu – 700 ribuan, ya bisa dibilang ini yang paling mahal di antara komponen groupset lainnya.

Kemudian ada shifter atau pengoper gigi, sprocket, dan rear derailleur! Komponen ini bisa dibilang satu kesatuan ya, shifter pengoper gigi, rear derailleur penggerak rantai agar bisa memindahkan gigi dan sprocket jumlah percepatan giginya. Sprocket ini ada yang jumlahnya 6 percepatan, ada juga yang sampai 10 percepatan.

Kalau seli sih kebanyakan ya memakai 10 percepatan. Nah kisaran harga shifter dan sprocket ini sama ya, kisaran 200 ribu – 500 ribu. Sementara rear derailleur cukup murah karena ada yang kisaran 80 ribuan, tapi ada juga sih yang sampai 500 ribuan.

Komponen groupset untuk merakit sepeda lipat sendiri yang terakhir ada rantai, komponen ini sih tidak terlalu mahal. Modal uang 100 ribuan juga udah bisa kamu beli, tapi kalau mau yang kualitasnya bagus ya harus keluar uang lebih banyak. Ada rantai yang mengandung campuran titanium bisa mencapai 500 ribu.

Baca Juga: Tips Bersepeda Aman dimasa Pandemi Covid-19

Wheelset dan Ban

merakit sepeda lipat sendiri
Ilustrasi Wheelset Sepeda Lipat Beserta Ban-nya. image: pexels.com

Nah, ini komponen-komponen terkahir merakit sepeda lipat sendiri. Wheelset dengan kualitas yang cukup bagus bisa kamu dapatkan dengan modal 1 jutaan. Adapun komponen dari wheelset ini seperti rims atau pelek, as roda depan dan belakang, dan spoke atau jari-jari.

Jika wheelset sudah lengkap tinggal pasang komponen terakhir yaitu ban. Kisaran harga ban mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu, tentunya tergantung kualitas.

Baca Juga: OOTD Sepedaan Hijab Simple dan Fashionable

Komponen Tambahan

Ada komponen tambahan juga ya seperti setang jika frame yang kamu beli belum termasuk setang, kemudian tiang jok dan sadel, wadah minum dan aksesoris lainnya.

merakit sepeda lipat sendiri
Ilustrasi Setang atau Handlepost Sepeda Lipat. image: pexels.com

Ya, itulah komponen-komponen yang harus kamu persiapkan jika ingin merakit sepeda lipat sendiri. Apakah harganya lebih murah dibanding beli utuh? Yuk coba diitung keseluruhan biayanya.

Hasilnya kamu akan menghabiskan biaya sekitar 7 – 8 jutaan untuk seli dengan frame Flock OTD dengan komponen yang cukup bagus seperti ban kevlar, shimano tiagra 10 percepatan, dan crank hollow tech II. Bahkan bisa lebih irit lagi sih kalau kamu merakit pakai komponen yang lebih murah.

Baca Juga: Jangan Asal Bepergian! Ini Tips Liburan Aman dimasa Pandemi Covid-19

Nah, apakah harga tersebut mahal? Tentunya lebih murah ya. Sepeda lipat frame Flock OTD yang satu kesatuan kisaran harganya belasan juta, ya mungkin paling murah 10 jutaan.

Jadi merakit sepeda lipat sendiri memang lebih hemat dibandingkan beli satu kesatuan sih, tapi kamu memerlukan waktu lebih lama dibanding beli utuh yang tinggal gowes. Ya semua hal pasti ada kelebihan dan kekurangannya ya!

Leave your vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here