Jangan Asal Bepergian! Ini Tips Liburan Aman dimasa Pandemi Covid-19

Tips Liburan Aman dimasa Pandemi Covid-19
Ilustrasi Liburan di Tempat yang Tidak Ramai Pengunjung. image: pexels.com

Hitput.com – Terhitung dari pengumuman kasus pertama pasien positif covid-19 di Indonesia pada bulan maret, sampai bulan juli ini angka pasien positif masih terus bertambah. Namun, peraturan yang sebelumnya berlaku yaitu PSBB (pembatasan sosial berskala besar) kini telah berubah menjadi “adaptasi kebiasaan baru”.

Peraturan baru ini ditujukan agar kondisi ekonomi masyarakat tidak terus-menerus merosot. Oleh karenanya perusahaan-perusahaan sudah banyak yang memperkerjakan karyawannya di kantor lagi bukan work from home. Selain itu tempat-tempat wisata yang sebelumnya ditutup perlahan mulai dibuka lagi.

Nah, setelah sumpek berbulan-bulan dirumah pastinya butuh yang namanya refreshing, tapi berhubung penyebaran virus masih terjadi maka tetap harus mengikuti protokol yang sudah ditetapkan jika ingin keluar rumah. Ada beberapa tips liburan aman dimasa pandemi ini yang bisa kamu simak ulasannya dibawah ini.

Oke, sebenarnya apa saja sih tips liburan aman dimasa pandemi covid-19 ini. Karena jangan sampai liburan untuk menghilangkan rasa bosan justru mendatangkan masalah lebih parah yakni tertular virus.

Cari Tempat Wisata yang Sepi

Tips Liburan Aman dimasa Pandemi Covid-19
Ilustrasi Liburan ke Tempat Sepi Untuk Meminimalisir Penyebaran Virus. image: pexels.com

Prinsipnya semakin ramai tempat itu maka kemungkinan penyebaran virus semakin tinggi, begitupun sebaliknya semakin sedikit orang maka kemungkinan semakin kecil. Nah, tips liburan aman dimasa pandemi covid-19 pertama ini silahkan cari tempat yang tidak terlalu ramai pengunjungnya.

Jika kamu ingin wisata kuliner ya cari restoran yang lokasinya jauh dari pusat kota sehingga kemungkinan pengunjung yang datang lebih sedikit. Kalau mau liburan mencari spot-spot indah maka opsi yang tepat adalah melakukan perjalanan wisata alam, disaat-saat seperti ini wisata alam cenderung masih sedikit pengunjungnya, apalagi yang lokasinya jauh dari perkotaan.

Intinya kamu harus mengusahakan mencari tempat yang sepi, entah mau wisata kuliner atau wisata alam atau wisata apapun.

Baca Juga: Tips Bersepeda Aman dimasa Pandemi Covid-19

Masker, Handsanitizer, dan Atribut lainnya

Tips Liburan Aman dimasa Pandemi Covid-19
Ilustrasi Memakai Masker dan Atribut Pengaman lainnya Sesuai Protokol Kesehatan. image: pexels.com

Ingat, sekarang kita berada dimasa “adaptasi kebiasaan baru” bukan masa normal seperti sebelum pandemi datang. Artinya virus itu masih berkeliaran diluar sana sehingga harus tetap safety jika melakukan perjalanan keluar. Selalu pakai masker dan bawa handsanitizer

, jangan lupa juga untuk memakai pakaian panjang agar anggota tubuh terlindungi.

Apalagi baru-baru ini muncul hasil penelitian yang menyatakan bahwa virus ini bisa menyebar melalui udara bukan dari percikan cairan (droplet) saja, bahkan dikatakan bahwa virus bisa bertahan di udara selama 3 jam di ruang tertutup.

Mengendarai Kendaraan Pribadi

Tips liburan aman dimasa pandemi covid-19 selanjutnya adalah naik kendaraan pribadi, dengan naik kendaraan pribadi secara otomatis meminimalisir kontak dengan orang lain. Nah, meskipun memakai kendaraan sendiri tapi harus tetap menerapkan physical distancing ya!

Tips Liburan Aman dimasa Pandemi Covid-19
Ilustrasi Liburan Mengendarai Kendaraan Pribadi. image: pexels.com

Kalau naik motor ya cukup bonceng satu orang saja, lebih baiknya lagi sendiri-sendiri. Jika memakai mobil maka kursi belakang yang bisa memuat 3 orang cukup diisi 2 orang saja, biarkan bagian tengah kosong untuk menjaga jarak.

Baca Juga: Apakah Cek Resiko Terkena Virus Corona Harus di Rumah Sakit?

Menerapkan Protokol Kesehatan

Nah, jika semua alat atau atribut sudah lengkap. Tips liburan aman dimasa pandemi selanjutnya adalah kamu harus menerapkan protokol kesehatan. Beberapa hal sudah disebutkan diatas ya! Adapun protokol lainnya seperti menghindari untuk menyentuh benda-benda yang sudah disentuh orang lain. Kamu bisa menggunakan handsanitizer untuk mensterilkan jika memang harus menggunakan benda tersebut misalkan kursi untuk duduk atau meja.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kemudian hindari menyentuh bagian muka terutama mata, hidung, dan mulut. Karena virus dapat masuk dengan mudah kedalam tubuh melalui organ-organ tersebut.

Oke, itulah beberapa tips liburan aman dimasa pandemi covid-19. Ya, perlu diingat bahwa penyebaran virus ini belum berakhir, meskipun peraturan PSBB sudah dirubah bukan berarti kita bebas pergi kemana saja dan tidak memakai atribut pelindung. Tetap ikuti protokol yang telah ditentukan ya! Satu lagi, ngga usah liburan ke tampat-tempat yang jauh dulu ya, cukup cari spot di area sekitaran dan tentunya termasuk zona hijau.

Leave your vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here