Nama Bayi Laki-laki Islami dan Artinya

Nama Bayi Laki-laki Islami dan Artinya
Nama Bayi Laki-laki Islami dan Artinya (gambar: pexels.com)

Hitput.com – Apalah arti dari sebuah nama? Sederhananya, nama adalah do’a. Nama adalah sebuah harapan dari orang tua kepada sang anak. Oleh karenanya, setiap orang tua pasti akan memberikan nama yang memiliki makna baik kepada anaknya.

Itulah mengapa perihal pemberian nama akan cukup menguras pikiran orang tua. Kira-kira diberi nama apa ya? Hmmm… apa, ya? Nah, maka dari itu, hitput.com akan memberikan beberapa referensi nama bayi laki-laki islami beserta artinya.

1. Ahmad

Memiliki arti terpuji. Mengandung makna harapan dan do’a agar si bayi kelak menjadi orang yang terpuji dengan kebaikannya.

Contoh rangkaian nama dengan kata Ahmad: Ahmad Fauzi (kemenangan yang terpuji), Ahmad Ridho (keikhlasan yang terpuji), Ahmad Sauqi (orang yang penuh kasih sayang dan terpuji), Ahmad Rizki (rezeki/pemberian yang terpuji), Ahmad Zahid Ghazali (kerendahan hati yang terpuji).

Baca Juga: Olike Smart Sajadah, Teknologi Cerdas untuk Membimbing Anak Sholat 5 Waktu

2. Arif

Memiliki arti adil atau bijak. Mengandung makna harapan dan do’a agar si bayi tumbuh menjadi orang yang adil dan bijaksana.

Contoh rangkaian nama dengan kata Arif: Arif Hidayat (pemberian yang baik dan bijaksana), Arif Rahman Hakim (pengasih yang adil dan bijaksana), Arif Maulana (pelindung yang bijaksana), Muhammad Arif (bijaksana dan terpuji), Arif Fadillah (mulia dan bijaksana).

3. Bahrul

Memiliki arti lautan. Mengandung makna harapan dan do’a agar si bayi kelak menjadi orang yang mempunyai pengaruh dalam hal kebaikan secara luas seperti halnya lautan.

Contoh rangkaian nama dengan kata Bahrul: Bahrul Ulum (lautan ilmu), Bahrul Hakim (lautan keadilan), Bahrul Hidayat (lautan pemberian baik), Bahrul Alin (lautan kebahagiaan), Muhammad Bahrul Muiz (yang terpuji dengan lautan masa depan cerah).

4. Azzam

Memiliki makna kebulatan tekad. Mengandung harapan dan do’a agar si bayi tumbuh menjadi seseorang yang memiliki tekad kuat sehingga tidak mudah menyerah.

Contoh rangkaian nama dengan kata Azzam: Fikri Khoirul Azzam (memiliki kebulatan tekad dalam pemikiran dan kebaikan), Azzam Syauqillah (kebulatan tekad untuk selalu merindukan Allah), Azzam Abdurahman (hamba “Yang Maha Pengasih” yang memiliki kebulatan tekad), Afrizal Aulia Azzam (kebulatan tekad untuk menjadi orang yang baik dan suci), Azzam Al-Fathan (kebulatan tekad untuk memperoleh kemenangan).

Baca Juga: Cara Tepat Membatasi Anak Bermain Gadget, Cek ya Mom’s

5. Baihaqi

Mengacu pada nama salah satu perawi hadis. Mengandung makna harapan dan do’a agar bayi tumbuh menjadi anak yang pintar, rajin, rendah hati, bijaksana. Seperti halnya sifat-sifat yang ada pada perawi hadis “Imam Al-Baihaqi”.

Contoh rangkaian nama dengan kata Baihaqi: Alfisyahri Baihaqi (penasihat terkenal yang pintar, rajin, bijaksana), Ilham Baihaqi (Isyarat yang baik yang pintar, rajin, bijaksana), Baihaqi Al-Fariz (yang berpikiran luas, yang pintar, rajin, bijaksana), Lukman Baihaqi (jalan terang yang pintar, rajin, bijaksana), Faza Baihaqi (seorang sukses yang pintar, rajin, bijaksana).

6. Akbar

Memliki arti besar atau yang besar. Mengandung makna harapan dan do’a agar si bayi menjadi orang yang mempunyai pegaruh besar dan baik terhadap keluarga, negara, dan agama.

Contoh rangkaian nama dengan kata Akbar: Haikal Akbar (anak yang memiliki kedudukan besar dan tinggi), Raihan Akbar (anak yang memiliki kedudukan besar dan harum/istimewa), Farhan Akbar (anak yang yang memiliki kedudukan besar dan hadir sebagai kegembiraan), Akbar Nur Rizki (cahaya rezeki yang besar), Fahri Maulana Akbar (anak yang memiliki kedudukan besar sebagai kebanggaan dan pelindung).

Baca Juga: 5 Cara Mendidik Anak yang Tepat di Usia Emas, Para Orang Tua Wajib Baca!

7. Daffa

Memiliki arti pembela. Mengandung makna harapan dan do’a agar si bayi tumbuh dewasa menjadi orang yang membela kebenaran dan kebaikan.

Contoh rangkaian nama dengan kata Daffa: Daffa Al-Ghifari (pembela berhati lembut, dan pemaaf), Daffa Aqil Hilmi (pembela yang pandai dan penyabar), Daffa Arsyah (pembela yang peduli sesama), Daffa Rifki (pembela yang lemah lembut), Daffa Aziz Musthofa (pembela yang terpilih dan adil).

Itulah beberapa referensi nama bayi laki-laki islami beserta artinya. Tentu masih sangat banyak nama-nama lain yang juga mengandung harapan dan doa-doa baik. Mungkin di lain waktu akan kami bahas mengenai nama bayi laki-laki lainnya.

Leave your vote

11 Points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here