Cara Mendidik Anak_Freepik
Cara Mendidik Anak yang Tepat di Usia Emas. Ilustrasi Image: Freepik

Hitput.com – Para orang tua perlu tahu manfaat besar yang bisa diperoleh lewat cara mendidik anak yang tepat di usia emas. Lewat berbagai penelitian yang telah dilakukan, ilmuwan mendapati bahwa 80% pertumbuhan otak terjadi pada rentang 0-5 tahun. Oleh karena itu, tak heran kalau usia emas tersebut menjadi begitu krusial sebagai modal anak dalam menghadapi masa depan.

Pertumbuhan otak pada usia emas, menjadi modal penting karena berkaitan erat dengan kemampuan dasar yang dimiliki oleh anak. Kemampuan dasar tersebut di antaranya adalah berjalan, berpikir, berbicara, mengingat, menghitung, dan semacamnya. Tak disertai dengan pola pendidikan yang tepat, potensi anak pun tak bisa dikembangkan secara maksimal.

Ada 5 cara mendidik anak di usia golden age yang bisa diterapkan oleh para orang tua di rumah, yakni:

1. Belajar lewat permainan

Belajar Lewat Permainan. Ilustrasi Image: Freepik
Belajar Lewat Permainan. Ilustrasi Image: Freepik

Cara mendidik anak usia dini 0-5 tahun yang pertama adalah, memastikan bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan metode menyenangkan. Orang tua bisa menyediakan mainan yang memang ditujukan untuk mendorong anak biar lebih kreatif, sebagai contoh Lego.

Baca juga: 

2. Dorong anak untuk belajar komunikasi dan bahasa

Dorong anak untuk belajar komunikasi dan bahasa
Dorong anak untuk belajar komunikasi dan bahasa. Ilustrasi Image: Freepik

Banyak peneliti yang menyarankan para orang tua untuk mengajarkan anak cara berkomunikasi di usia 0-5 tahun. Bahkan, kalau perlu orang tua mengajak anak berbicara dalam beberapa bahasa. Metode yang bisa digunakan di antaranya adalah dengan cara menyanyi ataupun mendengarkan lagu.

3. Berikan teladan yang baik

Salah satu cara mendidik anak di usia golden age merupakan pembelajar yang baik. Mereka bakal meniru hal-hal yang dilihat dan dirasakan di sekitarnya, termasuk tingkah laku orang tua. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan teladan yang baik ketika berada di depan anak.

4. Jangan lupakan asupan nutrisi

Asupan nutrisi yang baik untuk anak. Ilustrasi Image: Freepik
Asupan nutrisi yang baik untuk anak. Ilustrasi Image: Freepik

Cara mendidik anak di usia emas tak hanya dilakukan dengan menyediakan mainan edukatif atau memberi teladan yang baik. Orang tua juga tak boleh melupakan asupan makanan yang bernutrisi. Pastikan untuk memberikan menu yang bisa mendorong perkembangan otak anak, seperti sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Bun, Ini Dia Makanan Pendukung Tumbuh Tinggi Anak yang Bisa Dicoba Di Rumah

5. Jangan bebani anak dengan pencapaian-pencapaian tertentu

Hal yang tak kalah pentingnya, orang tua juga tidak boleh membebani anak dengan target tertentu. Sebagai contoh, ketika anak berusia 4 tahun, dia  harus sudah bisa membaca dan menghitung dengan lancar. Kalau dibebani dengan target yang bermacam-macam, berpotensi membuat anak stres. Pada akhirnya, perkembangan anak pun bisa mengalami gangguan.

Itulah 5 tips yang bisa diterapkan oleh para orang tua dalam menerapkan cara mendidik anak usia dini atau golden age yang tepat. Pola pengasuhan dan pendidikan yang tepat di usia ini, dapat menjadi modal penting si kecil untuk mendapatkan pencapaian besar ketika dewasa. So, impian untuk memiliki anak dengan masa depan cerah pun bukan isapan jempol belaka.

Leave your vote

10 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here