Suatu ketika kami bepergian mencari berita yang seperti biasanya akan kita rilis di site hitput ini. Waktu itu sekitar jam 5 sore di sekitaran kota Bogor yang sedang macet-macetnya dan hujan pun mengguyur kota Bogor. Selintas di pikiran kami, dengan keadaan cuaca seperti ini, kami tidak akan mendapatkan berita apapun, khususnya mengenai kuliner khas di kota Bogor.

Hujan pun semakin derasnya, tatkala kemacetan pun semakin tidak terelakan. Waktu itu kami sedang terjebak ditengah kemacetan di sekitaran JL. Kapten Muslihat di depan Kantor BJB, Bogor. Tidak lama kemudian kami pun sepakat untuk putar haluan ke arah Jembatan Merah untuk menghindari kemacetan yang semakin parah.

Jalan yang kami lalui tidak terlalu macet, meskipun angkutan umum yang semena-mena membuat jalanan semakin padat. Waktu terus berlalu dan tak terasa hujan pun semakin reda. Tapi perut kami pun merasakan lapar dan dinginnya kota Bogor sehabis hujan menambah rasa lapar kami. Jalan demi jalan kami lalui, dan akhirnya kami sepakat berhenti di pinggir jalan disekitaran Jalan Sindang Barang, Bogor.

Kami berhenti disuatu tempat yang bisa dibilang warung makan. Terdapat berbagai macam makanan pilihan seperti nasi rames, nasi uduk ataupun sekedar cemilan seperti gorengan. Sepertinya tempat ini pas untuk kami makan dan sekedar istirahat dengan kepenatan kemacetan kota Bogor yang kami lalui sebelumnya.

Ternyata kami melihat ada satu menu yang memang cocok untuk menghangatkan tubuh ini dari dinginnya malam kota Bogor. Tak terasa malam pun datang.  Salah satu menu yang kami pesan adalah minuman bandrek susu.

IMG_20160911_203215

Bandrek susu atau biasa disingkat bansus ini sangat cocok bila diminum di malam hari yang dingin setelah diguyur hujan.

(Baca juga: 3 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Ketika Sedang Berlibur Di Bogor)

Kami akhirnya berbincang dengan orang yang membuat nikmatnya bansus ini. Namanya Anas, atau biasa orang disini memanggilnya Mang Anas. Kurang lebih dia sudah berjualan bansus disini selama 17 tahun. Ia pun bercerita saat memulai bisnis bansus ini. “Dulu waktu sebelum saya jualan bansus ini, saya itu adalah satpam dikomplek sebelah warung ini. Setiap malam baik hujan maupun tidak, saya berkewajiban menjaga lingkungan sekitar ini. Dari mulai pendapatan saya itu sebagai satpam adalah hanya 50 ribu saja tiap bulan” kata Mang Anas. Tetapi tidak lama kemudian sekitar 1 tahun kemudian, Ia berkeinginan berjualan demi tambahan biaya hidupnya. Waktu itu sekitar 17 tahun yang lalu. “Saya berinisiatif berjualan untuk mendapatkan tambahan biaya hidup demi anak istri, sembari berjaga di malam hari. Akhirnya saya buka tenda kecil dipinggir jalan untuk berjualan bansus ini. 2 tahun saya lalui, dengan berjualan ini dari segala rintangan maupun mara bahaya, seperti ketika tenda saya dihujam oleh badai, mobil truk yang hampir menabrak tenda saya. Wah pokoknya banyak cerita deh selama 2 tahun itu” ucap Mang Anas.

IMG_20160911_203237

Sekarang warung ini semakin lebar dan luas meskipun ada ditempat yang sama sebelumnya. Ia pun menambahkan dengan berjualan ini omset yang dihasilkan rata-rata bisa mencapai Rp 1.5 juta/ hari. Cukup untuk membiayai istri dan 2 anaknya sekolah maupun kuliah.

Warung  Bansus Mang Anas ini sudah sangat terkenal di wilayah Bogor khususnya daerah Bogor Barat dan sekitarnya. Bahkan kata Mang Anas, berbagai orang dari luar kota Bogor pun berdatangan ke warung ini. Seperti daerah Gunung Putri, Depok, dan Cibinong, ucap Mang Anas.

IMG_20160911_184555

Yang membedakan Bandrek ini dari yang lain khususnya di Bogor, adalah bahannya alami dibawa dan dikirim langsung dari tempat asal Mang Anas yaitu daerah Jampang Surade, Sukabumi. bahan- bahan seperti jahe ini diolah dan diracik langsung oleh beliau di warung ini sebelum ia membuka warungnya. Sangat terasa dan hangat sekali rasanya dan cocok untuk menghangatkan tubuh kami.

Hanya dengan uang 6000 – 7000an gak bakalan rugi deh coba bansus khas Jampang Surade ini. Apalagi ditambah dengan cemilan seperti gorengan, sangat cocok untuk kamu yang ingin menghangatkan tubuh kamu di malam hari.

Lokasi Warung Bansus Mang Anas ini terletak di Jl. Sindang Barang PKB, Bogor Barat. kalau dari arah Jembatan merah setelah sekolah Al Azhar Plus Bogor.

 

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here